KUMPULAN KATA-KATA MUTIARA BUDDHA UCAPAN SELAMAT HARI RAYA WAISAK TERBARU 2021/ 2022

kataucapanselamatcg.blogspot.com Umat Buddha di seluruh dunia akan menyalakan lentera Cina, dupa dan lilin hari ini.


Perayaan adalah bagian dari Waisak dalam bahasa Inggris Vesak yang merupakan salah satu festival paling penting dalam kalender Buddha.


Waisak, atau Hari Buddha, adalah tentang merayakan kelahiran, pencerahan dan kematian Buddha, Siddhartha Gautama.


Waisak ditandai pada hari yang berbeda setiap tahun, berdasarkan kalender lunisolar Asia.


Ini disebut 'waisak' karena jatuh selama bulan lunar di India, bulan ketika kelahiran, pencerahan dan kematian Buddha dikatakan telah terjadi.


Nama perayaan ini berasal dari istilah Pali vesākha atau Sansekerta vaiśākha, yang merupakan nama bulan lunar yang digunakan di India kuno yang jatuh pada bulan April-Mei. Dalam tradisi Buddhis Mahayana, hari libur dikenal dengan nama Sansekerta (Vaiśākha) dan varian turunannya. Penafsiran nama lokal berbeda-beda berdasarkan bahasa, termasuk: Waisak atau Waisaka (Pali; Sanskrit: Vaiśākha वैशाख) merupakan hari suci agama Buddha. Hari Waisak juga dikenal dengan nama Visakah Puja atau Buddha Purnima di India, Saga Dawa di Tibet, Vesak di Malaysia, dan Singapura, Visakha Bucha di Thailand, dan Vesak di Sri Lanka. Nama ini diambil dari bahasa Pali "Wesakha", yang pada gilirannya juga terkait dengan "Waishakha" dari bahasa Sanskerta. Di beberapa tempat disebut juga sebagai "hari Buddha".


https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/
Gambar kumpuan kata mutiara Buddha tema ucapan selamat hari raya waisak  2566 / 2022




Semua Jadwal ini dikatakan terjadi pada bulan purnama.


Jadwal Waisak akan dirayakan pada hari yang berbeda tergantung di mana Anda berada di dunia.


Waisak akan dirayakan pada 16 Mei di Kanboja, Sri Lanka, Nepal, Banglades dan India untuk menandai festival tersebut begitu juga Indonesia, Singapura, Malaysia dan Singapura, Waisak akan dirayakan pada 16 Mei. Thailand akan merayakan Waisak pada 15 Mei.

KUMPULAN KATA-KATA MUTIARA BUDDHA UCAPAN SELAMAT HARI RAYA WAISAK TERBARU 2021/ 2022
Gambar kata-kata bijak tentang ucapan selamat hari raya waisak terbaru 2023


Lalu bagaimana Waisak dirayakan? Sekali lagi ini sangat tergantung pada di mana Anda berada. Di Indonesia Hari Raya Tri Suci Waisak 2565 BE / 2021 di Vihara Borubudur, mengambil tema Nasional “Bangkit Bersatu Untuk Indonesia Maju”. Perayaan Hari Waisak di Indonesia mengikuti keputusan WFB. Secara tradisional dipusatkan secara nasional di komplek Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.


Sri Lanka, pajangan cahaya dan lentera warna-warni digunakan untuk menandai kehidupan Sang Buddha.


Air berbau harum dituangkan di atas patung-patung Buddha di Taiwan dan burung-burung yang dikurung dibebaskan di Singapura.


Lebih umum, bunga digunakan untuk menghias kuil, persembahan dibuat untuk kuil, ada nyanyian dan doa tetapi yang penting ada fokus untuk membantu orang lain dan amal serta orang-orang menyumbangkan uang dan hadiah kepada orang miskin.


Banyak umat Buddha yang taat akan menghabiskan sepanjang hari di sebuah kuil di detik detik waisak 2566 BE 2022.


Dalam ucapan selamat hari raya Waisak dengan contoh quotes kumpulan mutiara Buddha untuk kata-kata ucapan selamat hari raya Waisak terbaru tentang pentingnya makna Waisak supaya menginspirasi atau memotivasi teman, keluarga beragama Buddha.


Berikut tulisan dengan tema kumpulan kata-kata mutiara ucapan selamat hari raya terbaru 2022 dan 2023 dari kutipan bijak ajaran Buddha juga pesannya di kataucapanselamatcg.blogspot.com:




1. KATA KATA BIJAK BUDDHA UNTUK HARI RAYA WAISAK

Orang yang memutuskan segala sesuatu dengan tergesa-gesa tidak dapat dikatakan sebagai orang adil. Orang bijaksana hendaknya memeriksa dengan teliti mana yang benar dan mana yang salah. - Dhammapada 256


Sama seperti harta yang ditemukan dari bumi, demikian pula kebajikan muncul dari perbuatan baik, dan kebijaksanaan muncul dari pikiran yang murni dan damai. Untuk berjalan dengan aman melalui labirin kehidupan manusia, seseorang membutuhkan cahaya kebijaksanaan dan bimbingan kebajikan. - Buddha.


Hanya ada dua kesalahan yang bisa dilakukan seseorang di sepanjang jalan menuju kebenaran; tidak berjalan sepanjang jalan, dan tidak memulai.


Anda tidak akan dihukum karena kemarahan Anda, Anda akan dihukum oleh kemarahan Anda.


Jangan tinggal di masa lalu, jangan bermimpi tentang masa depan, konsentrasi pikiran pada saat ini.


Tidak ada yang menyelamatkan kita kecuali diri kita sendiri. Tidak ada yang bisa dan tidak ada yang bisa. Kita sendiri harus berjalan di jalan setapak.


Kita dibentuk oleh pikiran kita; kita menjadi apa yang kita pikirkan. Ketika pikiran murni, sukacita mengikuti seperti bayangan yang tidak pernah pergi.


Kesehatan adalah karunia terbesar, kepuasan kekayaan terbesar, kesetiaan hubungan terbaik.


Lebih baik dari seribu kata kosong, adalah satu kata yang membawa kedamaian.


Tiga hal yang tidak bisa lama disembunyikan: matahari, bulan, dan kebenaran.


Pikiran adalah segalanya. Kamu pikir kamu menjadi apa.


Menjaga kesehatan tubuh adalah tugas ... jika tidak kita tidak akan bisa menjaga pikiran kita kuat dan jelas.



2. UCAPAN SELAMAT HARI BUDDHA PURNIMA 2566 BE /2022 KATA KATA MUTIARA WAISAK

Untuk merayakan kelahiran, pencerahan dan kematian Buddha, Siddhartha Gautama berikut kata-kata bermakna ucapan selamat hari Waisak 2566 /2022.


Buddham Sharanam Gachami, Om Mani Padme Hum, Semoga Buddha menerangi Anda di jalan cinta, kedamaian, dan kebenaran. Selamat Hari Buddha Purnima.


Semoga bulan purnama Buddha Purnima, singkirkan kegelapan ketidaktahuan, kefanatikan, dan kebencian, serta menandakan era kedamaian dan pencerahan kepuasan bagi dunia! Salam hangat pada hari ini. kataucapanselamatcg.blogspot.com menyampaikan ucapan-ucapan Selamat Hari Buddha Jayanti !!


Antara kelahiran dan kematian tidak ada hal lain yang terjadi selain cinta. Jika Anda kehilangan cinta antara kelahiran dan kematian, Anda telah kehilangan seluruh kesempatan hidup. Anda mungkin mengumpulkan pengetahuan dan uang, gengsi, dan kekuasaan, tetapi jika telah kehilangan cinta maka Anda telah melewatkan pintu yang sebenarnya. kataucapanselamatcg.blogspot.com menyampaikan Selamat Hari Buddha Purnima 2022.


Tentang Buddha Purnima, Semoga kedamaian dan ketenangan berada di sisi Anda ... Hari Ini dan Selalu!


Buddham Saranam Gacchami, Dhamma Saranam Gacchami, Sangham Saranam Gacchami. Selamat Buddha Purnima !!!


Jivan ko apne sarthak banao, Prabhu ke dhyan me man ko ramao, Budha Poornima ki Shubhakamnaye!


Kita hidup dalam ilusi dan penampakan. Ada kenyataan. Kita adalah kenyataan itu. Ketika Anda memahami ini, Anda melihat bahwa Anda bukan apa-apa, dan tidak menjadi apa-apa, Anda adalah segalanya. Itu semuanya. Selamat Hari Buddha Purnima.


Aroghyam Oka Goppa Varam! Santrupti Oka Goppa sampada !! Viswassam Manchi Bandhavaim !! Selamat Hari Buddha Jayanti.


Andalkan ajarannya, bukan pada orangnya.
Andalkan makna, bukan pada kata-kata.
Andalkan kehidupan nyata, bukan pada mimpi.
Andalkan kebijaksanaan, bukan pada batin. kataucapanselamatcg Selamat Hari Buddha Jayanti!



3. UCAPAN PESAN SELAMAT MERAYAKAN HARI WAISAK 2021/ 2565 BE

Sebagai ucapan selamat hari raya Waisak 2021, berikut kata pesan penuh makna yang disampaikan oleh Sekjen PBB António Guterres

Dalam ucapan waisak 2021/ 2565 B.E. mengatakan:

"Saya menyampaikan harapan terbaik untuk semua dalam merayakan Vesak, sebuah peristiwa sakral bagi jutaan orang di seluruh dunia.

Pada tanggal ini memperingati kelahiran, pencerahan, dan wafatnya Sri Buddha, kita semua, Buddhis maupun non-Buddhis sama-sama, dapat merenungkan kehidupan-Nya dan mengambil inspirasi dari ajaran-Nya.

Dalam suatu masa meningkatnya intoleransi dan ketidaksetaraan, pesan Buddha tentang anti-kekerasan dan pelayanan kepada orang lain lebih relevan dari sebelumnya.

Pada Hari Vesak ini, marilah kita memperbarui komitmen kita untuk membangun dunia yang damai dan bermartabat bagi semua.

Terima kasih."


PBB memang telah mengakui bahwa Hari Waisak sebagai Hari Internasional dengan resolusi No. A/RES/54/115 pada 15 Desember 1999.

Bahkan tahun 2021 ini, kantor-kantor PBB dan juga UNESCO merayakan Hari Vesak PBB yang ke-17 dengan mengangkat tema utama

Dalam bahasa Inggris:

“Buddhist Approach to Global Leadership and Shared Responsibilities for Sustainable Societies”

Yang artinya:

"Pendekatan Buddhis untuk Kepemimpinan Global dan Tanggung Jawab Bersama untuk Masyarakat Berkelanjutan."



4. PESAN WAISAK 2021/ 2565 BE

Menyambut Hari Tisuci Vesak (Waisak), selain mengangkat tema "Eling dan Waspada Membangun Kepedulian Sosial", Sangha Agung Indonesia juga menyampaikan Pesan Waisak 2565 EB/2021 bahwa Eling dan Waspada, lebih dikenal dengan istilah sati sampajañña merupakan proses belajar, berlatih dan praktik dengan perhatian dan pemahaman sejati yang mengedepankan kebijaksanaan. Dengan Eling dan Waspada, sudah selayaknya umat Buddha di Indonesia menyadari dengan perhatian dan pemahaman sejati bahwa umat Buddha di Indonesia adalah bagian dari makhluk sosial yang tidak hidup sendiri. Umat Buddha di Indonesia hidup dalam keberagaman, hidup berdampingan dengan beragam suku, agama, bahasa, adat, budaya, ras dan antar golongan lainnya, menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang kaya akan keragaman dengan bersemboyankan.


Baca:





5. PESAN WAISAK 2022/ 2566 BE

Hari Trisuci Waisak mengingatkan kita pada tiga peristiwa suci yang terjadi dalam kehidupan Guru Agung Buddha Gotama, yaitu kelahiran, pencerahan sempurna dan kemangkatan. Tiga peristiwa suci itu terjadi pada hari yang sama, dengan tahun yang berbeda-beda, yaitu hari purnama raya, bulan Waisak. Kelahiran calon Buddha tahun 623 SM, di Taman Lumbini, Kapilavasthu, Nepal. Pencerahan Sempurna tahun 588 SM, di bawah Pohon Bodhi, Bodhgaya, India. Dan kemangkatan Buddha Gotama tahun 543 SM pada usia 80 tahun, di Kusinara, India. Hari Trisuci Waisak 2566 tahun ini jatuh pada tanggal 16 Mei 2022. Umat Buddha di seluruh dunia merayakan hari Tri Suci Waisak, dengan penuh sukacita dan bahagia untuk menghayati ajaran kebenaran Dhamma sebagai sumber pencerahan batin.


Marilah kita mengembangkan cinta kasih dan kasih sayang, serta kejujuran agar Bangsa Indonesia dapat hidup dalam persaudaraan sejati yang kokoh. Persaudaraan sejati akan menyatukan bangsa dalam keutuhan, baik pada saat diberkahi kebahagiaan maupun dirundung penderitaan. Persatuan Indonesia sebagai modal dasar bagi perjuangan menuju kehidupan bangsa yang berkembang maju di tengah-tengah peradaban dunia dewasa ini.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Tiratana, selalu melindungi.


Baca:




6. KESIMPULAN KUMPULAN KATA KATA MUTIARA BUDDHA UCAPAN SELAMAT HARI RAYA WAISAK TERBARU 2022

Hari Suci Waisak, Vesak, juga dikenal sebagai Buddha Purnima adalah tentang merayakan kelahiran, pencerahan dan kematian Buddha, Siddhartha Gautama.


Umat Buddha dan pengikut ajaran Buddha lainnya mengunjungi kuil-kuil pada Hari Waisak untuk mendengar para biksu melafalkan ayat-ayat kuno. Beberapa kuil menampilkan patung Buddha kecil yang menggambarkan dirinya dalam bentuk bayi. Itu ditempatkan di sebuah baskom berisi air dan dihiasi dengan bunga. Para pengikut menuangkan air ke patung yang melambangkan awal yang baru dan murni. Para bakta juga mengenakan pakaian warna putih dan membagikan kheer sebagai prasad.


Mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam tulisan, akhir kataucapanselamatcg.blogspot.com mengucapkan selamat hari raya waisak tahun 2022 dan selamat hari Buddha, untuk sahabat selamat memperingati serta semoga keselamatan kedamaian menyertai bangsa Indonesia!!
Bagikan:

0 Response to "KUMPULAN KATA-KATA MUTIARA BUDDHA UCAPAN SELAMAT HARI RAYA WAISAK TERBARU 2021/ 2022"

Posting Komentar