"SELAMAT HARI POSYANDU NASIONAL KE 39 TAHUN 2023"

UCAPAN HARI POSYANDU NASIONAL


KATAUCAPANSELAMATCG.BLOGSPOT.COM-Peringatan Hari Posyandu Nasional Ke 39 Tahun 2023 diperingati setiap tanggal 29 April 2023, dimana program utama Posyandu adalah untuk mendukung pelayanan kesehatan dasar keluarga di tingkat desa/kelurahan dan salah satu fungsi Posyandu adalah dapat mendukung tercapainya pencegahan stunting. Tentunya posyandu ini sebagai ujung tombak suksesnya penurunan angka stunting.


Sahabat Kataucapanselamatcg, definisi stunting sendiri mengalami perubahan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, WHO (2015), stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar.


Dikutip Kataucapanselamatcg.blogspot.com dari Akun resmi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TP2S) dibawah Pemerintah Republik Indonesia melalui koordinasi Kementerian Kesehatan, (stunting.go.id), Dalam tulisan mengusung tema percepat turunkan stunting 12 provinsi harus jadi prioritas, TP2S mengatakan bahwa saat ini angka stunting di Indonesia masih 24,4 persen berdasarkan data Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021.


Terdapat 7 provinsi memiliki angka prevalensi stunting tertinggi, dan ada 5 provinsi dengan Balita stunting terbanyak.


Oleh karena itu Pemerintah fokus pada lima pilar Strategi Nasional Percepatan Penurunan Stunting (Stranas Stunting) demi menekan prevalensi stunting dari 24,4 persen pada 2021 menjadi 14 persen pada 2024.


Adapun kelima pilar tersebut adalah komitmen dan visi kepemimpinan nasional dan daerah; komunikasi perubahan perilaku dan pemberdayaan masyarakat; konvergensi intervensi spesifik dan sensitif di pusat dan daerah; ketahanan pangan dan gizi; serta penguatan dan pengembangan sistem, data, informasi, riset, dan inovasi.


Keluarga besar Kataucapanselamatcg.blogspot.com, mengucapkan "Selamat Hari Posyandu Nasional Ke 38 Tahun 2022, Mari Selamatkan Balita Dari Bahaya Stunting Dengan Membawa Balita Anda Ke Posyandu."
Bagikan:

0 Response to ""SELAMAT HARI POSYANDU NASIONAL KE 39 TAHUN 2023""

Posting Komentar