SELAMAT HARI GIZI NASIONAL

Kataucapanselamatcg: Hari ini 25 Januari 2023, diperingati Hari Gizi Nasional ke-63. Lalu bagaimana sejarah Hari Gizi Nasional itu sendiri?


Untuk mempelajari sejarah Hari Gizi Nasional, tentu tidak akan lepas dari tokohnya. Dia adalah Prof. Poorwo Soedarmo. Usaha Prof. Poorwo Soedarmo untuk memperbaiki gizi masyarakat Indonesia telah dimulai sejak tahun 1950. Saat itu, beliau diberi tugas sebagai Kepala Lembaga Makanan Rakyat (LMR) setelah diangkat oleh Menteri Kesehatan Dokter J Leimena.


Dilansir kataucapanselamatcg.blogspot.com dari situs promkes.kemkes.go.id, LMR pada waktu itu lebih dikenal sebagai Instituut Voor Volksvoeding (IVV). Ini merupakan bagian dari Lembaga Penelitian Kesehatan yang kekinian dikenal sebagai Lembaga Eijckman.


Sejarah Hari Gizi Nasional lantas ditetapkan pada 25 Januari sejak berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan. Selain itu, tepatnya pada tanggal 25 Januari 1951, LMR juga mulai pengkaderan tenaga gizi Indonesia. Pendidikan tenaga gizi di Indonesia pun terus berkembang hingga masuk ke jenjang perguruan tinggi. Sejak saat itulah, Hari Gizi Nasional (HGN) disepakati jatuh setiap tanggal 25 Januari. Namun peringatan Hari Gizi Nasional Indonesia pertama kali baru dirayakan pada tahun 1960-an oleh LMR. Lalu dilanjutkan oleh Direktorat Gizi Masyarakat sejak tahun 1970-an hingga sekarang.


Tahun 2023 ini, Kementerian Kesehatan mengambil tema Hari Gizi Nasional dengan berfokus pada peningkatan pengetahuan masyarakat terhadap bahaya stunting. Tema Hari Gizi Nasional ke-63 Tahun 2023 adalah “Protein Hewani Cegah Stunting”.


Mengingat Indonesia saat ini masih perlu mengatasi berbagai masalah gizi yaitu masih tingginya prevalensi stunting, wasting dan obesitas serta kekurangan zat gizi mikro. Permasalahan tersebut dapat dipengaruhi oleh kebiasaan asupan gizi yang tidak optimal, infeksi berulang, pelayanan kesehatan yang tidak memadai dan kurangnya aktifitas fisik. Upaya pencegahan masalah gizi ganda dilakukan melalui berbagai upaya baik intervensi spesifik dan sensitif terutama pada 1000 HPK.


Logo Hari Gizi Nasional 2023 berikut link download poster, backdrop, dan spanduk Hari Gizi Nasional 2023.


Hari Gizi Nasional 2023 ini memiliki logo yang bergambar dibawah.
Logo Hari Gizi Nasional 2023 berikut link download poster, backdrop, dan spanduk Hari Gizi Nasional 2023.
Gambar 3

  1. poster Hari Gizi Nasional 2023, link download (DISINI).
  2. backdrop Hari Gizi Nasional 2023, link download (DISINI).
  3. spanduk Hari Gizi Nasional 2023, link download (DISINI).



Link download poster, backdrop, spanduk, dan Logo Hari Gizi Nasional 2023 merupakan peringatan Hari Gizi Nasional yang ke-63 dengan tema “Protein Hewani Cegah Stunting”. Tampak pula simbolisasi isi piringku kini kaya protein hewani mengartikan keseimbangan pola makan/porsi agar mencegah gangguan tumbuh kembang anak yang disebabkan kekurangan gizi kronis terutama dalam 1000 hari pertama kehidupan. Seperti itulah penjelasan tentang sejarah Hari Gizi Nasional yang tahun ini diperingati pada Rabu, 25 Januari 2023.


Selamat memperingati sejarah Hari Gizi Nasional yang Diperingati Setiap 25 Januari dan Berkenalan dengan Tokohnya termasuk Logo Hari Gizi Nasional 2023, Hari Gizi Nasional ke-63 Tahun 2023 (kemkes.go.id)
Bagikan:

0 Response to "SELAMAT HARI GIZI NASIONAL"

Posting Komentar