Hari Hutan Sedunia

Hari Hutan Sedunia.
Hari Hutan Sedunia. kataucapanselamatcg/ UNFFS



Hari Hutan Sedunia diperingati setiap tanggal 21 Maret, begitu juga pada tahun 2023 ini. Tema Hari Hutan Sedunia yang disoroti pada tahun 2023 adalah “Forests and health” atau "Hutan dan kesehatan". Perayaan Hari Hutan Sedunia diselenggarakan oleh Sekretariat Forum PBB tentang Hutan (United Nations Forum on Forests Secretariat/ UNFFS).

Tujuan peringatan Hari Hutan Sedunia


Peringatan Hari Hutan Sedunia kini dikenal sebagai Hari Hutan Internasional (HHI) memiliki dua tujuan penting. Pertama, untuk mengajak setiap orang lebih peduli dan memahami terkait peran utama hutan dan pepohonan dalam kehidupan sehari-hari. Sehubungan dengan hal ini, Pohon atau hutan merupakan paru-paru dunia, karena banyak pohon menjadi salah satu penghasil oksigen terbesar di dunia. Dimana oksigen adalah kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia.


Kedua, untuk menginformasikan kepada publik tentang dampak tindakan manusia di hutan, mengembangkan gerakan warga di seluruh dunia untuk hutan, pohon, perubahan iklim, memobilisasi, dan menyatukan penduduk dunia dalam sebuah proyek untuk pengelolaan hutan dunia yang berkelanjutan.


Hari Hutan Sedunia


Dilansir kataucapanselamatcg.blogspot.com dari laman resmi United Nations, konsep 'Hari Hutan Sedunia' pertama kali diusulkan pada tahun 1971 di konferensi Food and Agriculture Organization ke-16. Konsep tersebut diusulkan sebagai cara untuk merayakan kehutanan bersama penduduk di seluruh dunia. Dengan begitu, semua orang bisa membangun hubungan yang baik untuk menjaga kelestarian hutan dan meningkatkan kesadaran tentang peran penting hutan dan pepohonan, agar tujuan tersebut tercapai,


Sekretariat Forum PBB tentang Hutan (United Nations Forum on Forests Secretariat/ UNFFS) secara aktif mengkoordinasikan berbagai kegiatan untuk Hari Hutan Sedunia. Dengan adanya resolusi 67/200 yang dibuat pada tanggal 21 Desember 2012, Majelis Umum PBB menetapkan tanggal 21 Maret sebagai Hari Hutan Internasional (HHI).


Dilansir kataucapanselamatcg.blogspot.com dari laman United Nations, Badan-badan PBB lainnya bekerja untuk melindungi ekosistem hutan dan pepohonan dan menghindari dampak merugikan yang signifikan seperti perubahan iklim yaitu:
  1. Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP), sebagai badan khusus yang mengawasi masalah lingkungan
  2. FAO (Food and Agriculture Organization) memperkuat tata kelola global dan kapasitas manajerial dan teknis anggota dan memimpin pembangunan konsensus menuju peningkatan konservasi dan pemanfaatan sumber daya kehutanan
  3. UNDP, mengelola keanekaragaman hayati dan proyek pembangunan manusia
  4. Departemen Ekonomi dan Urusan Sosial PBB (the UN Department of Economic and Social Affairs/ UN DESA), bertanggung jawab untuk menindaklanjuti Pertemuan-Pertemuan maupun Konferensi-Konferensi PBB yang utama.(*)


Baca juga KATA UCAPAN SELAMAT HARI HUTAN TERBARU

*) Kataucapanselamatcg.blogspot.com merupakan blog yang menyajikan beragam kalimat atau perkataan yang memiliki satu kekuatan dari kecerdasan dan penilaian untuk suatu kebenaran termasuk ucapan selamat terbaru lainnya. Temukan semuanya dengan terus kunjungi https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/
Bagikan:

0 Response to "Hari Hutan Sedunia"

Posting Komentar