INILAH KUMPULAN KATA MUTIARA BIJAKSANA & UCAPAN SELAMAT IDUL ADHA 1443 H 2022

kataucapanselamatcg.blogspot.com: Idul Kurban atau Lebaran Haji. Menyambut عيد الأضحى (Idul Adha) Dalam bahasa-bahasa selain bahasa Arab, Eid ul-Adha nama tersebut sering diterjemahkan secara sederhana ke dalam bahasa lokal, seperti Bahasa Inggris : Feast of the Sacrifice (berarti: Pesta Kurban), German Opferfest, Dutch Offerfeest, Romania Sărbătoarea Sacrificiului, dan Áldozati ünnep Hongaria. Dalam bahasa Spanyol dikenal sebagai Fiesta del Cordero atau Fiesta del Borrego (keduanya berarti "festival domba"). IdulAdha juga dikenal sebagai عید قربان (Idul Kurban) di Iran, Kurban Bayramı di Turki,  কোরবানীর ঈদ di Bangladesh, sebagai عید الكبير Pesta besar di Maghreb, seperti Idul adha, Hari Raya Aiduladha, Hari Raya Haji atau Qurban di Singapura, Malaysia, Indonesia dan Filipina, sebagai بکرا عید "Goat Eid" atau بڑی عید "Idul Fitri" di Pakistan dan India, Bakara Eid di Trinidad, yang jatuh pada 10 Dzulhijjah (Kalender Hijriyah Islam) 2022/ 1443.


Hari Idul Adha merupakan perayaan dalam memperingati perjalanan sejarah kisah ketakwaan Ibrahim atas ujian yang diberikan oleh Allah SWT terutama peristiwa perintah untuk mengorbankan anaknya Ismail. Peristiwa ini sangat penting bagi umat muslim karena dari peristiwa bermakna juga bersejarah bukan hanya sekedar isi teks naskah khutbah akan tetapi menjadi hari raya terbesar Agama Islam selain Idul Fitri, termasuk di bulan Dzulhijjah tersebut terdapat amalan ibadah yang juga termasuk salah satu Rukun Islam yang ke 5 yaitu pergi Haji.


Secara etimologi pengertian istilah Idul Adha terdiri dari dua kata;
  • Pertama Kata العيد (al-ʿīd) berarti 'festival', 'perayaan', 'hari raya', atau 'hari libur'. Itu berasal dari akar triliteral عيد (ʿīd) dengan makna akar yang terkait "untuk kembali, untuk mundur, untuk bertambah, untuk terbiasa, kebiasaan, untuk mengulangi, untuk dialami; waktu atau tempat yang ditentukan, ulang tahun, hari raya ." 
  • Kedua Kata ًأضحى (Adha) dan قربان (qorban) berarti 'pengorbanan hewan'. Itu berasal dari akar triliteral ضحو (dhahawa) dengan makna yang terkait 'hewan kurban, untuk berkorban'


Ini memaknai Idul Adha terkait tentang momentum hari untuk memperingati pengobanan dari sejarah kisah ketakwaan Ibrahim atas ujian yang diberikan oleh Allah SWT dalam makna-makna sesungguhnya keikhlasan, keimanan bahwa segala apapun yang kita cintai di dunia adalah milik yang maha Kuasa dan atas kehendak-Nya pula semua bisa terjadi.


Di berbagai negara, perayaan Idul Adha dilakukan dengan beragam acara kegiatan menyesuaikan kebudayaan dari negara-negara tersebut. Khususnya di Indonesia, Hari raya Idul Adha umumnya dirayakan dimulai malam hari takbir keliling dengan kegiatan acara bertema Idul Adha selain tradisi menyembelih serta membagikan daging hewan kurban buat yang membutuhkan. Di sekolah misalnya, selain proposal terdapat beragam contoh-contoh tema yang menarik dikampanyekan buat memotivasi, menginspirasi bahkan hampir negara bermayoritas muslim menjadikan momentum bermakna itu sebagai libur nasional keagamaan serta telah menjadi kebudayaan banyak ucapan-ucapan selamat hari raya Idul Adha Bahasa Inggris : Feast of the Sacrifice (berarti: Lebaran Kurban) dalam pengertian diisi pula dengan shalat id, ceramah / khutbah, takbir hingga doa harapan positif penuh berkah.



Buat teman yang berkirim pesan, puisi, pantun, harapan kepada orang terdekat namun berada jauh dengan kata-kata mutiara dan ucapan selamat merayakan hari Idul Adha disertai kutipan bijak para sahabat Rasulullah sebagai jembatan moral juga sosial bertujuan menghubungkan sesama Muslim di bulan berkah dari Allah SWT sebagaimana tujuan dari perayaan lebaran haji dengan berkurban ini.


Berikut rangkuman kata mutiara terbaik juga quotes bijak ucapan hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 H 2022 terbaru.


1. "Selamat merayakan hari Qurban Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 H 2022. Semoga di hari idul qurban ini kita selalu mendapat keteguhan iman juga ikhlas dengan berkurban sebagaimana kita meneladani sejarah nabi Ibrahim AS."


2. "Idul Adha bukan sekedar perayaan hari keagamaan namun jadikan sebagai cara merefleksi untuk memotivasi diri yang diimplementasikan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari hari, menjalankan perintah Allah SWT terutama peduli sesama dan apabila memiliki rezeki berlebih maka menguatkan niat untuk berangkat ke tanah suci untuk berhaji sebagai rukun yang wajib dilakukan, kataucapanselamatcg menyampaikan Selamat merayakan hari Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 H"


3. "Selamat merayakan hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 H. Melalui berkurban, mari kita rajut silaturahmi dalam mengikis Intoleran antar umat."


4. "Mari tauladani budi pekerti dan ketakwaan Nabi Ibrahim dan Ismail dan mengambil hikmah dari Sejarah dan Prosesi Idul Adha, Selamat merayakan hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 H"


5. "kataucapanselamatcg berpesan Selamat merayakan hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah. Kita tingkatkan semangat kebersamaan dan kesatuan ummat yang beruswatun khasanah atau pekerti mulia."


6. "Melalui Perayaan lebaran haji, kita bersama aktualisasi suritauladan dalam peduli sosial di kehidupan Bangsa demi terwujudnya Indonesia sejahtera, Selamat merayakan hari raya Idul Adha"


7. "Selamat merayakan hari raya Idul Adha. Jadikan lebaran haji untuk maknai Idul Adha dengan meningkatkan semangat berkurban, kepedulian dan perbaikan moral."


8. "Eratkan tali silaturahmi, sambut jelang Idul Adha dengan niat puasa Arafah dan Tarwiyah, Jalankan amalan-amalan sunnahnya sesuai syari'at Islam, Selamat merayakan hari Idul Adha"



9. "kataucapanselamatcg menyampaikan hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 H. Jadikan semangat dari momentum sejarah haji untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan pelajaran yang dicontohkan Nabi Ibrahim, Hajar dan Nabi Ismail."


10. "Jadikanlah keteladanan Nabi Ibrahim, Hajar dan Nabi Ismail Sebagai landasan motivasi Juang maupun kepedulian dalam pengabdian kepada negara, Selamat hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 H"


11. "Hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 H/ 2022. Teladani integritas dari peristiwa besar bersejarah Nabi Ibrahim dan Ismail. Peristiwa pengobanan merupakan puncak pencapaian prestasi spiritual seorang hamba. Peristiwa ini terjadi ketika Ibrahim harus ikhlas mengorbankan anak kesayangannya Ismail. Ini sebuah pelajaran bahwa di balik sebuah ujian berat di situ ada kenaikan kelas."


12. "Jadikanlah semangat peringatan Hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 H/ 2022 sebagai motivasi untuk menciptakan generasi yang unggul dan Islami, Selamat Idul Adha!"


13. "kataucapanselamatcg menyampaikan Hari raya Idul Adha Tahun 2022 10 Dzulhijjah 1441 Hijriyah. Peristiwa Idul qurban  hari ini mengajarkan kita, seberat apapun problem yang dihadapi ikhlaslah dengan bertakwa kepada Allah SWT karena itulah hakekat dari salah satu pelajaran berharga yang dapat dipetik dalam peringatan Hari raya Idul Adha 2022."


14. "Mewujudkan jalinan ukhuwah Islamiyah, salin peduli dengan nilai-nilai sosial dan menuju masyarakat yang tentram, Selamat Hari raya Idul Adha 2022"


15. "Selamat Idul Adha 2022/ 10 Dzulhijjah 1443 Hijriyah. Semoga damai selalu menyertai seluruh umat Islam di dunia!."


16. "Semoga banyak hikmah yang kita dapat dalam memperingatinya, Selamat Idul Adha 2022/ 10 Dzulhijjah 1443 Hijriyah"


17. "Selamat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 Hijriyah / 2023. Kedamaian telah datang dengan pelajaran yang dapat dipetik dari makna perjalanan bersejarah tersebut."


18. "Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu, dan berqurbanlah" Al-Quran Surah Al-Kautsar : 2, Selamat hari raya kurban 10 Dzulhijjah 1443 Hijriyah / 2022"


19. "kataucapanselamatcg menyampaikan pesan Selamat hari raya kurban 1443 H/ 2022. Mari kumandangkan kalimat takbir, tahmid dan melaksanakan shalat Idul Adha serta menyembelih hewan ternak (qurban) dengan tujuan mendapatkan ridho Allah SWT, pencerah jiwa karena dengan berkurban berarti jiwa kita terhubung dengan ketaqwaan kepada Allah SWT dan dapat memupuk keikhlasan, kejujuran dan kesabaran yang membimbing kita mencintai Allah dan akhirnya mencintai makhluk ciptaan-Nya."


20. "Melalui hikmah Idul Adha 1443 H 2022, kita tingkatkan keimanan dan ketakwaan serta sikap rela berkorban guna mewujudkan prajurit yang kuat, hebat, profesional, dan dicintai rakyat, Selamat hari raya kurban 10 Dzulhijjah tahun 2022!"


21. "kataucapanselamatcg menyampaikan pesan hari raya kurban 1443 H/ 2022. Jadikan hari peristiwa bersejarah penuh pengorbanan dengan makna pengorbanan hamba yang ikhlas atas perintah sang pencitanya sebagai upaya introspeksi diri dalam keteguhan iman dan Islam."


22. "Hari raya Idhul Adha atau disebut hari raya qurban adalah hari raya yang penuh dengan sejarah, nilai-nilai perjuangan dan pengorbanan yang dirisalahkan oleh nabi Ibrahim Alaihissalam dan putranya Ismail Alaihissalam. Dari peristiwa tersebut kita dapat memperoleh hikmah, bahwa keimanan dan kecintaan kaum Muslimin dan Muslimat terhadap Allah SWT harus dapat mengalahkan kecintaan terhadap segala-galanya, seperti halnya nabi Ibrahim As mencintai Allah SWT melebihi kadar cintanya kepada anaknya Ismail As. Untuk itu kataucapanselamatcg mengajak teman terbaik semua,  mari kita jadikan Idul Adha ini sebagai momentum perubahan secara bersama-sama, dan kita berharap spirit ibadah kurban tahun ini dapat terjaga dalam kehidupan kita berbangsa dan bermasyarakat, Selamat hari raya kurban lebaran haji 1443 H/ 2022".



23. "Selamat hari raya lebaran haji 1443 H/ 2022. Semoga sejarah hari raya Idul Adha dan makna pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim Alaihissalam dan putranya Ismail Alaihissalam, dapat kita hayati, pedomani dan laksanakan serta mampu di teladani dengan mencontoh sikap dan keteladanan Nabi Ibrahim Alaihissalam dan Ismail Alaihissalam.


24."Semoga Anda dan Keluarga Anda diberkahi saat-saat penuh hikmah tentang Eid  dan harapan terbaik selalu membimbing kita semua. Wish you a happy Eid ul-Adha 1443 H 2023."


25. "happy Eid ul-Adha 1443 H 2022. Semoga Anda merayakan Eid ul-Adha dengan gembira
semoga berkah dari hewan yang Anda kurbankan selalu meningkatkan kepedulian sosial Anda setiap hari!"

https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/
Gambar kumpulan kata mutiara bijak dan ucapan selamat merayakan idul adha tahnun 2022/ 1443 H 

Baca:



26. "Kata terindah adalah ALLAH,
Lagu yang paling menakjubkan adalah AZAN,
Buku sempurna dunia adalah QURAN,
Hewan yang paling bermanfaat adalah Kurban,
& sangat beruntung jika Anda seorang MUSLIM.
kataucapanselamatcg berpesan happy Eid ul-Adha 2022 1443 H"

https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/


27. "happy Eid al-Adha 2022 1443 H.  Jadikan peristiwa Khutbah wada' Rasulullah, dalam menjaga kesucian umat Islam dan berlepas diri dari kejahiliyahan dan ikhlas berkurban semata-mata karena Allah SWT."


28. "Hari ini adalah hari untuk mengingat, merayakan.
Semoga Anda dan Keluarga mendapatkan berkah juga saat-saat yang menyenangkan pada peringatan hari Idul Adha lebaran haji dan semoga panduan sejarah pengorbanan Nabi Ibarhim selalu membimbing kita untuk menjadi manusia penuh keihlasan, Happy Feast of the Sacrifice Eid al-Adha 2022!"


29. "kataucapanselamatcg menyampaikan wishing you a happy Happy Feast of the Sacrifice 2022!. Mari gemakan takbir dalam menyambut hari raya Idul Adha dengan harap semoga Allah selalu menunjukkan kepada kita Jalan Kebenaran, Kasih Sayang, Amal, Persaudaraan & Toleransi."


30. "Hari ini adalah hari peristiwa bersejarah dan haji, jadi kita perlu mengingatnya lebih banyak dan berdoa lagi? Bukankah kita seharusnya melakukan itu setiap hari? Selamat lebaran haji 2022!"


31. "Jadikan makna dan pemaknaan atas peristiwa pengorbanan nabi Ibrahim AS. Bukan sekedar mengucapkan selamat memperingati hari Idul Adha namun maknai refleksi sebagai motivasi diri sendiri untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang maha Pencipta Allah SWT."


32. "Selamat Memperingati hari suci Idul Adha semoga Setiap kali kita memperingati hari bersejarah ini, kita harus naik menjadi lebih baik, harus selalu mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik."


33."Cahaya diantara cahaya. Allah membimbing siapa yang Dia kehendaki menuju cahaya" (Al-Qur'an Surah 24 : 35). kataucapanselamatcg berpesan selamat memperingati Idul Adha 2022 1443 H. Semoga hikmah, kebijaksanaan dan kebahagiaanya selalu menyertai kita semua Aaamiin."


Semoga Anda telah menemukan pencarian untuk ucapan bijaksana dan kata-kata hari Idul Adha di kataucapanselamatcg.blogspot.com. Silahkan kutip kumpulan contoh kalimat singkat menyentuh hati diatas menyesuaikan tema dari kebutuhan di hari raya Idul Adha tahun ini.
Bagikan:

0 Response to "INILAH KUMPULAN KATA MUTIARA BIJAKSANA & UCAPAN SELAMAT IDUL ADHA 1443 H 2022"

Posting Komentar