SELAMAT MENYAMBUT AWAL MUHARRAM TAHUN 1445 HIJRIAH

Selamat Menyambut Awal Muharram 1445 H di Tahun Baru Islam 2023-2024 kepada semua umat Muslim pengunjung kataucapanselamatcg.blogspot.com - Awal Muharram atau Tahun Baru Hijrah merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam karena memperingati peristiwa penting dalam sejarah Islam yakni, memperingati penghijrahan Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masihi.


Wahai Tuhan, ENGKAULAH yang kekal abadi, sediakala, lagi terawal, ENGKAU berada di atas kelebihan-Mu yang besar, dan kemurahanMu yang melimpah-ruah. Ini adalah tahun baru yang telah sampai kepada kami. Kami memohon kepada-MU perlindungan di dalamnya (tahun ini) daripada syaitan, para pembantunya, dan bala tentaranya, (kami memohon) bantuan untuk mengatasi nafsu amarah yang mengajak ke arah kejahatan, dan kesibukan dengan perkara-perkara yang mendekatkan kami kepada-MU sedekat-dekatnya, wahai Tuhan yang memiliki kebesaran dan kemulian, wahai Tuhan yang MAHA MENGASIHANI.



Sama seperti tahun baru masehi, tahun baru islam pun dirayakan oleh semua muslim di seluruh dunia. Di masing-masing negara ataupun wilayah melaksanakan perayaan 1 muharam ini dengan pelbagai jenis kebiasaan. Ada yang mengadakan ceramah akbar atau pun melakukan perarakan di sepanjang jalan-jalan utama di ibukota.


Muharam adalah bulan pertama dalam tahun Islam (hijrah). Sebelum Rasulullah berhijrah dari Makkah ke Yatrib, kiraan bulan dibuat mengikut tahun masihi. Hijrah Rasulullah memberi kesan besar kepada Islam sama ada dari sudut dakwah Rasulullah, ukhuwah dan syiar Islam itu sendiri.


Muharram yang berarti diharamkan atau yang sangat dihormati, memang merupakan bulan genjatan senjata atau bulan perdamaian. Hal ini menunjukkan bahwa umat Islam dimanapun harus selalu bersikap aman damai, tidak boleh mengobarkan api peperangan jika tidak diperangi terlebih dahulu. Berbeda dengan bulan Ramadan umat muslim diperbolehkan untuk berperang. Contohnya adalah perang Badar, salah satu perang termasyur di jaman Rasulullah Saw Justru terjadi pada tanggal 17 ramadhan.


Ada beberapa amalan disunatkan pada bulan muharam, diantaranya adalah:
  1. Berpuasa, sebagaimana dikatakan dalam sebuah hadis yang artinya: "barang siapa berpuasa satu hari dalam bulan muharam pahalanya seumpama berpuasa 30 tqhun. Maksud hadis: barang siapa yang berpuasa tiga hari dalam bulan muharam, iaitu hari khamis, jumaat dan sabtu, Allah tulis padanya pahala seperti mana beribadat selama 2 tahun.
  2. Banyaklah amal ibadat seperti sholat sunat, zikir dan sebagainya.
  3. Berdoa akhir tahun pada hari terakhir bulan zulhijah selepas asar sebanyak 3x
  4. Berdoa awal tahun pada 1 muharam selepas magrib 3x


https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/


Do'a Akhir Tahun

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ


Bacaan latinnya: "Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm."


Artinya: "Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku."


Doa Awal Tahun

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ


Bacaan latinnya: "Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.


Artinya: "Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini."


Perkara sunat dilakukan setelah Tahun baru Islam atau pada hari Asyura ( 10 muharam)

  • Melapangkan waktu bersama anak isteri. Fadhilatnya Allah akan melapangkan hidupnya pada tahun ini.
  • Memuliakan fakir miskin. Fadhilatnya Allah akan melapangkannya di dalam kubur nanti.
  • Menahan marah. Fadhilatnya di akhirat nanti Allah akan memasukkan nya ke dalam golongan yang ridho.
  • Menunjukkan orang sesat. Fadhilatnya Allah akan memenuhkan cahaya iman dalam hatinya.
  • Menyapu/ mengusap kepala anak yatim. Fadhilatnya Allah akan mengurniakan sepohon pokok di syurga bagi tiap-tiap rambut yang disapunya.
  • Bersedekah. Fadhilatnya Allah akan menjauhkannya daripada neraka sekedar jauh seekor gagak terbang tak henti-henti dari kecil sehingga ia mati. Diberi pahala seperti bersedekah kepada semua fakir miskin di dunia ini.
  • Memelihara kehormatan diri. Fadhilatnya Allah akan mengkurniakan hidupnya senantiasa diterangi cahaya keimanan.
  • Mandi sunat. Fadhilatnya tidak sakit (sakit berat) pada tahun itu. Lafaz niat " sahaja aku mandi sunaf hari asyura kerana Allah Taala".
  • Membaca Qulhuwallah hingga akhir 1000x . Fadhilatnya Allah akan memandanginya dwngan pandangan rahmah di akhirat nanti.
  • Sholat sunat empat rakaat. Fadhilatnya Allah akan mengampunkan dosanya walau telah berlarutan selama 50 tahun melakukannya. Lafaz niat "Saya sholat sunat hari Asyura empat rakaat kerana Allah Taala" pada rakaat pertama dan kedua selepas fatihah dibaca Qulhuwallah 11x.
  • Menjamu orang berbuka puasa. Fadhilatnya diberi pahala seperti memberi sekalian orang berbuka puasa.
  • Puasa. Niat "Saya Niat berpuas esok hari sunat hari asyura karena Allah Taala." fadhilatnya diberi pahala seribu kali haji, seribu kali umroh dan seribu kali syahid. Diharamkan daripadanya neraka.




Kekuatan bulan muharam adalah pengendalian diri demi terciptanyan kedamaian dan ketentraman hidup, baik secara fisik, sosial maupun spritual. Kerana itu dibulan muharam Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk berpuasaa sunah Asyura ( puasa pada hari kesepuluh di bulan muharam ).


Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda " puasa yang paling utama setelah ramadhan adalah puasa di bulan muharam dan shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam " (HR Muslim).


Punya ide kata bijak bertema menyambut awal Muharram di tahun baru Islam 1445 Hijriah 2023? silahkan bagikan ke kataucapanselamatcg.blogspot.com!!!
Bagikan:

0 Response to "SELAMAT MENYAMBUT AWAL MUHARRAM TAHUN 1445 HIJRIAH"

Posting Komentar