SELAMAT HARI KESAKTIAN PANCASILA 2022! KATA, UCAPAN, PESAN, TEMA DAN SEMUA INFORMASI YANG PERLU ANDA KETAHUI

Selamat Hari Kesaktian Pancasila 2021! tema berfokus pada “INDONESIA TANGGUH BERLANDASKAN PANCASILA". Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang hari penting bersama kataucapanselamatcg.blogspot.com

Kata-kata Selamat Hari Kesaktian Pancasila kataucapanselamatcg.blogspot.com - Hari Kesaktian Pancasila diperingati pada tanggal 1 Oktober setiap tahun untuk memperkuat kesetiaan sebagai Warga Negara agar selalu cinta terhadap Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia. Selamat Hari Kesaktian Pancasila 2021! tema berfokus pada “INDONESIA TANGGUH BERLANDASKAN PANCASILA". Melalui Surat Edaran Menteri Penndidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 64262/MPK.F/TU.02.03/2021 Prihal Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021. Tahun ini Upacara akan diselenggarakan pada Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/


Sejarah Hari Kesaktian Pancasila -

Pemerintah era Orde Baru menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Penetapan itu berawal dari insiden pada 30 September 1965. Dikutip dari situs Wikipedia, insiden ini sendiri masih menjadi perdebatan dilingkungan akademisi mengenai siapa penggiatnya dan apa motif dibelakangnya. Akan tetapi otoritas militer dan kelompok reliji terbesar saat itu menyebarkan kabar bahwa insiden tersebut merupakan usaha PKI mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis. Pada hari itu, enam jenderal dan satu kapten serta berberapa orang lainnya dibunuh oleh oknum-oknum yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta. Gejolak yang timbul akibat G30S pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia. Pemerintah Orde Baru kemudian menetapkan 30 September sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September (G30S) dan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila.


Dibawah ini adalah kumpulan kata ucapan selamat terbaru tentang Pesan selamat Hari Kesaktian Pancasila yang paling memotivasi dan bisa dibagikan dengan orang-orang terdekat dan tersayang Anda di Status Facebook, Cation Instagram maupun WhatsApp.

https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/
Gambar kata kata mutiara tema ucapan selamat hari pancasila 1 Oktober tahun 2021 terbaru


KATA-KATA SELAMAT HARI KESAKTIAN PANCASILA

Kumpulan kata ucapan selamat terbaru dengan kata-kata mutiara, kata inspirasi, kata-kata bijak yang dikutip kataucapanselamatcg.blogspot.com dari kata-kata kutipan dari para ahli bahasa dan pengertian -


"Pancasila merupakan suatu ideologi dasar bagi negara Indonesia dan merupakan rumusan serta pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Kata Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta yang berupa "Panca" artinya lima, dan "Sila" yaitu prinsip atau asas. Lima prinsip yang terdapat dalam Pancasila dicetuskan oleh Presiden pertama RI, Soekarno pada 1 Juni 1945."


"Hari Kesaktian Pancasila adalah hari nasional di Indonesia yang diperingati setiap 1 Oktober. Dimana diketahui pada peristiwa 30S/PKI, enam jenderal serta beberapa orang lainnya dibantai sekelompok orang yang menurut otoritas militer saat itu Partai Komunis Indonesia (PKI)."


"secara etimologis kata “Pancasila” yang dimaksudkan adalah adalah istilah “Panca Syilla” dengan vokal i pendek yang memilki makna leksikal “berbatu sendi lima” atau secara harfiah “dasar yang memiliki lima unsur”.


Baca: KATA MUTIARA UCAPAN SELAMAT HARI KEMERDEKAAN TERBARU


“Pancasila adalah ideologi bangsa kita. Secara bahasa atau etimologis, pancasila berasal dari kata panca yang artinya lima dan sila yang artinya dasar. Maka arti pancasila adalah lima dasar kehidupan. Adapun arti lain dari pancasila adalah berbatu sendi yang lima."


“Pancasila itu bukan sembarangan, bukan kata-kata manis yang cuma angan, bukan mimpi bersama yang berakhir jadi kenangan maupun sejarah semata! Generasi tua, muda, kerja, sampai kaum rebahan, kuatkan komitmen bahwa Kita Pancasila, kita tunjukin persatuan! ... kataucapanselamatcg menyampaikan Selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila"


“Pancasila sebagai dasar penguatan karakter bangsa menuju Indonesia maju dan bahagia. Bulatkan tekad untuk pertahankan dan amalkan nilai Pancasila demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selamat Hari Pancasila. Sakti landasannya saktipula nilainya"

Baca: KATA UCAPAN SELAMAT HARI PENDIDIKAN TERBARU


“Pancasila sebagai dasar dan falsafah negara Indonesia, harus ditaati, harus diamalkan, harus tetap dipertahankan, dan harus dijaga kelestariannya. Dan harus ditanamkan sejak dini kepada anak cucu kita. ” –kata-kata mutiara Hari Pancasila Sakti kataucapanselamatcg.blogspot.com


“Mari kita jadikan Pancasila sebagai dasar untuk menjaga persatuan, menghargai keberagaman, serta sebagai penguatan karakter bangsa menuju Indonesia sehat, maju dan bahagia. Selamat Peringatan hari Kesaktian Pancasila 2020, 01 Oktober!


“Hari Pancasila bukan sekedar sejarah kelahiran akan tetapi memaknai peringatan nasional sebagai upaya untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, agar tercipta sejarah baru bahwa Negeri ini tidak dapat terpecah oleh siapa maupun apapun! ... selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila!. “


"Pancasila sakti karena di dalamnya ada gotong royong sebagai inti." –kata-kata inspirasi Pancasila oleh Rudiantara


"Pancasila membuat perbedaan jadi kekayaan. Pancasila merajut keragaman jadi keindahan. Pancasila itu menyatukan. Nilai Pancasila menjadikan Indonesia maju"


“Berbagai ujian datang untuk menggoyahkan persatuan, tapi semuanya terpental oleh keteguhan kita pada komitmen bersama untuk mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat." - Kata-kata mutiara oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo


KATA UCAPAN SELAMAT HARI KESAKTIAN PANCASILA TERBARU

"Pancasila mengandung berbagai makna dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ... kataucapanselamatcg menyampaikan selamat peringati Hari kesaktian Pancasila. "


"Hari kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober merupakan pengingat perjalanan sejarah bagaimana bangsa Indonesia mempertahankan ideologi negara. Ada perjuangan panjang yang harus terus diingat oleh setiap generasi dan menjadi cermin dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara."


"Pancasila dalam penyelenggaraan negara menjadi dasar dalam pengambilan keputusan baik yang berkaitan dengan masalah hukum budaya, sosial, politik, ekonomi dan lain sebagainya pada kehidupan sehari-hari."


"Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia berfungsi sebagai kerangka acuan, baik untuk menata kehidupan diri pribadi maupun interaksi antar manusia dalam masyarakat alam sekitar. Hal ini sesuai dengan peran manusia sebagai mahluk individu dan makhluk sosial... ... Selamat 1 Oktober... untuk Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. ”


KATA-KATA SLOGAN BERTEMA HARI KESAKTIAN PANCASILA

"Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila."


“Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”
https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/

Baca:




"Mari Perkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dengan dilandasi nilai-nilai sila dari pancasila."


"Kesaktian Pancasila dalam arti sakti karena membuat perbedaan jadi kekayaan. Merajut keragaman jadi keindahan."


Punya ide untuk tema kata-kata hari Kesaktian Pancasila bagikan ke kataucapanselamatcg.blogspot.com
Bagikan:

0 Response to "SELAMAT HARI KESAKTIAN PANCASILA 2022! KATA, UCAPAN, PESAN, TEMA DAN SEMUA INFORMASI YANG PERLU ANDA KETAHUI"

Posting Komentar