12 UCAPAN SELAMAT HARI SANTRI TERBARU UNTUK DISAMPAIKAN KEPADA SANTRIWAN & SANTRIWATI DI INDONESIA

Kepada santriwan santriwati di Indonesia yang tercinta, selamat memperingati hari santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober. Tema HSN 2020 "Santri Sehat Indonesia Kuat" kataucapanselamatcg.blogspot.com - Hari santri merupakan tonggak sejarah Nasional dikukuhkannya kembali komitmen umat Islam indonesia terhadap kesatuan dan persatuannya bangsa Indonesia. Pengukuhan komitmen sangatlah penting semoga pesan akan semangat nasionalisme yang masih terus berlanjut hingga hari ini.


Secara umum acara kegiatan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) adalah untuk mengembangkan pranata nilai budaya santri menjadi sub sistem kebudayaan nasional. Dimana selain HSN sebagai simbol penghormatan negara kepada kaum santri yang mesti di berikan, mengingat andil besarnya dalam berjuang membela tanah air, namun juga diharapkan adanya regulasi formal yang menjadi bagian integral sebagai peringatan hari besar nasional dengan memperkuat identitas santri.

https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/
Gambar kata mutiara tema ucapan selamat hari santri 2020, 22 Oktober!


Santri baik itu santriwan dan santriwati adalah Generasi muda yang nantinya akan menjadi penerus perjuangan dalam mengharumkan nama Indonesia, jadi sudah selayaknya hari ini diharapkan akan membangun kesadaran kolektif kebangsaan dan membumikan budaya santri dalam proses pembangunan di Indonesia.


Indonesia dengan mayoritas penduduk beragama Islam, tentu banyak pemuda di seluruh Nusantara yang memiliki latar belakang pendidikan dari Pondok Pesantren. Di setiap Pesantren tentu memiliki ikrar atau sumpah santri dalam menyambut Hari Santri Nasional. Adapun contoh teks Ikrarnya sebagai berikut.


IKRAR SANTRI NASIONAL

Bismillahirrahmanirrohim

Kami Santri Negara Kesatuan Republik Indonesia berIKRAR :

1. Sebagai Santri NKRI berpegang teguh pada akidah ajaran nilai dan tradisi Islam Ahlussunnah wal Jama'ah

2. Sebagai Santri NKRI bertanah air satu tanah air Indonesia,berideologi negara satu ideologi Pancasila,berkonstitusi satu UUD 1945,berkebudayaan satu kebudayaan Bhineka Tunggal Ika

3. Sebagai Santri NKRI bersedia dan siap siaga menyerahkan jiwa dan raga membela tanah air dan bangsa, mempertahankan persatuan dan kesatuan Nasional serta mewujudkan perdamaian abadi

4. Sebagai Santri NKRI berperan aktif dalam pembangunan Nasional mewujudkan kesejahteraan yang berkeadilan lahir dan batin untuk seluruh rakyat Indonesia

5. Sebagai Santri NKRI pantang menyerah, pantang putus asa dan tidak akan pernah membiarkan serta siap berdiri didepan melawan pihak-pihak yang akan merongrong dan menggantikan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika yang bertentangan dengan semangat Proklamasi Kemerdekaan dan Resolusi Jihad Nahdhathul 'Ulama



Tiap butir dari isi teks Ikrar Santri Nasional sebagai semangat Sumpah pemuda pelajar Pondok Pesantren ini tentu diharapkan juga diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.


HARI SANTRI ADALAH HARI NASIONAL

Tanggal 22 Oktober 1945, merupakan momentum bersejarah, ketika KH. Hasyim Asy'ari menyerukan fatwanya yang di sebut sebagai resolusi jihad. Fatwa kiyai Hasyim, menjadi api semangat juang kaum santri dan para laki-laki untuk berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari serbuan pasukan NICA (Netherlands Indies Civil Administration) di Surabaya yang puncaknya pada 10 November 1945.


Resolusi jihad merupakan bukti komitmen kaum santri untuk berjuang menjaga NKRI yang menginspirasi Bung Karno (1901-1970) sebagai presiden, dan Bung Tomo (1920-1981) sebagai pejuang untuk gigih membela negara.


Dari latar belakang inilah, kemudian diwakili oleh Pengurus besar Nahdotul ulama (PBNU) kemudian mengusulkan 22 oktober yang bertepatan dengan momentum peringatan resolusi jihad sebagai hari santri nasional. Dengan alasan bahwa tanggal ini di nilai momentumental mengingat seruan resolusi jihad yang di keluarkan hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari berhasil mengobarkan semangat juang kaum santri, badan-badan kelaskaran, TKR, Hjbullah, para laki-laki dan penduduk biasa.


Pertempuran antara laskar-laskar santri arek-arek surabaya dan para penduduk bersenjata melawan pasukan Inggris dan nica belanda pada 27, 28, 29 Oktober 1945. Mencapai eskalasinya pada 10 November 1945. Pertempuran 10 November tersebut yang membumi hanguskan seluruh isi kota surabaya, inilah yang kemudian di peringati sebagai Hari Pahlawan Nasional Indonesia.


Baca: KATA UCAPAN SELAMAT HARI PAHLAWAN TERBARU


12 UCAPAN SELAMAT HARI SANTRI TERBARU UNTUK DISAMPAIKAN KEPADA SANTRIWAN & SANTRIWATI DI INDONESIA

Hari santri merupakan tonggak sejarah Nasional dikukuhkannya kembali komitmen umat Islam indonesia terhadap kesatuan dan persatuannya bangsa Indonesia. Pengukuhan komitmen sangatlah penting semoga pesan akan semangat nasionalisme yang masih terus berlanjut hingga hari ini. Berikut adalah kumpulan kata kata mutiara ucapan selamat terbaru untuk peringatan hari santri nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2020.


1) kataucapanselamatcg.blogspot.com mengucapkan kepada santriwan santriwati di Indonesia yang tercinta, selamat memperingati hari santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober. Santri sehat Indonesia Kuat!


2) Bangun kesadaran kolektif kebangsaan dan membumikan budaya santri dalam proses pembangunan di Indonesia untuk melanjutkan juga mempertahankan persatuan dan kesatuan Nasional serta mewujudkan perdamaian abadi!. Selamat memperingati hari santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober Tahun 2020!


3) Sebagai Santri Nasional mari ikut berperan aktif dalam pembangunan Nasional mewujudkan kesejahteraan yang berkeadilan lahir dan batin untuk seluruh rakyat Indonesia temasuk menjadikan Indonesia Sehat tanpa covid-19 di Pesantren.


4) Mari perkuat nilai juang pemuda pelajar pesantren masa kini dengan berikrar untuk terus melaksanakan protokol kesehatan menuju Indonesia Sehat dan Kuat!


5) Kaum Santri baik itu santriwan dan santriwati adalah Generasi muda yang nantinya akan menjadi penerus perjuangan dalam mengharumkan nama Indonesia, selayaknya kuat pantang menyerah, pantang putus asa dan tidak akan pernah membiarkan serta siap berdiri didepan melawan pihak-pihak yang akan merongrong dan menggantikan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika yang bertentangan dengan semangat Proklamasi Kemerdekaan dan Resolusi Jihad Nahdhathul 'Ulama.


6) Ayo jadikan Hari Nasional untuk Santri Indonesia sebagai motivasi serta inspirasi bagi Santri dan para Ulama untuk lebih baik dari sekarang serta selalu bersemangat untuk menolak faham-faham radikalisme, demi menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara.


7) katucapanselamatcg berharap semoga peringtan Hari Santri Nasional ke-5 yang jatuh pada 22 Oktober 2020, dengan tema 'Santri Sehat Indonesia Kuat', bisa dimaknai sebagai upaya memperkokoh segenap umat beragama agar saling berkontribusi mewujudkan masyarakat Indonesia yang bermartabat, berkemajuan, berkesejahteraan, berkemakmuran, dan berkeadilan. Selamat memperingati 22 Oktober Tahun 2020!

Baca: logo, tema, dan panduan penyelenggaraan peringatan hari santri tahun 2020



8) "Munculnya resolusi jihad yang kemudian melahirkan pertempuran 10 November 1945 adalah kontribusi nyata santri. Pemberian gelar waliyyul amri ad-dlaruri bi al-syaukah kepada Presiden Soekarno pada 1954 juga adalah kontribusi santri, " - kata bijak oleh Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi


9) Modal utama mejadikan Santri Sehat adalah tradisi kedisiplinan yang hingga hari ini diajarkan kepada para santri, keteladanan dan sikap kehati-hatian Kiai dan Pimpinan Pesantren. Karena mereka tetap akan mengutamakan keselamatan santrinya dibanding proses belajar di pesantren. Selamat Hari Santri untuk seluruh santri-santri di Indonesia!


10) Modal utama mejadikan Santri Sehat adalah tradisi kedisiplinan yang hingga hari ini diajarkan kepada para santri, keteladanan dan sikap kehati-hatian Kiai dan Pimpinan Pesantren. Karena mereka tetap akan mengutamakan keselamatan santrinya dibanding proses belajar di pesantren. Selamat Hari Santri untuk seluruh santri-santri di Indonesia!


11) Selamat Hari Santri Nasional dari Santri Untuk Santriwan dan santriwati, karena Aku Bangga Menjadi Santri bukan karena hari ini tapi semangat untuk mendalami nilai-nilai keIslaman. Indonesia Lebih Nyantri makin kuat karena Santri selalu Sehat jasmani dan Rohani!


12) “Santri bukan hanya yang mondok saja, siapapun yang berakhlak seperti santri dialah santri.” - kata bijak oleh KH. Mustofa Bisri


Punya ide kata-kata mutiara tema hari santri silahkan bagikan ke kataucapanselamatcg.blogspot.com
Bagikan:

0 Response to "12 UCAPAN SELAMAT HARI SANTRI TERBARU UNTUK DISAMPAIKAN KEPADA SANTRIWAN & SANTRIWATI DI INDONESIA"

Posting Komentar