SELAMAT PERAYAAN CAP GO MEH (恭祝大家元宵节快乐!)

Selamat Perayaan Cap Go Meh Untuk Sahabat! 恭祝大家元宵节快乐!

Menandai berakhirnya 15 hari perayaan Tahun Baru Imlek, hari ini juga merupakan bulan purnama di bulan pertama imlek. Festival ini dikenal sebagai 'Cap Go Meh', artinya malam kelima belas dalam dialek Hokkian Mandarin.


Cap Go Meh, juga dikenal sebagai Hari Valentine Tionghoa adalah hari penting bagi masyarakat Tionghoa. Ini adalah festival di mana keluarga akan berkumpul dan makan malam bersama sambil menghitung berkat mereka. Teman akan menggunakan kesempatan ini untuk saling menyampaikan ucapan sebagai doa 'yang terbaik' untuk tahun depan sementara pasangan kekasih akan menggunakan kesempatan ini untuk merayakan cinta mereka satu sama lain. Untuk para jomblo, konon para wanita akan mencantumkan nama dan nomornya pada jeruk tersebut dan membuangnya ke air/sungai dengan harapan takdir akan menemukan mereka.

Festival lampion (Chap Goh Meh).


Bagi masyarakat Korea, Daeboreum (대보름), artinya Bulan Purnama penuh, merayakan bulan purnama pertama dari kalender Lunar baru. Daeboreum (대보름) diakui sebagai salah satu dari lima hari libur tradisional Korea. Sementara Bagi masyarakat Tiongkok Indonesia, Saat Cap Go Meh, biasanya diadakan festival pada malam hari dan sangat identik dengan upacara pelepasan lentera ke udara, sehingga Cap Go Meh dikenal juga sebagai perayaan Festival lampion (Chap Goh Meh).


Bagi masyarakat Tiongkok termasuk di Indonesia, Festival lampion (Chap Goh Meh) memiliki cerita dan makna tersendiri. Lampion sudah ada sejak Dinasti Han (25-220 M). Orang-orang dari Dinasti Han Timur membuat rangka lampion dari kayu, bambu, atau jerami gandum. Kemudian mereka meletakkan lilin di tengahnya dan merentangkan sutra atau kertas di atasnya agar nyala api tidak tertiup angin. Lampion digunakan untuk melapisi lampu atau untuk penerangan. Selain itu, lampion juga digunakan untuk sembahyang ke tempat peribadatan setiap tanggal 15 di bulan pertama kalender lunar. Inilah yang menjadi asal mula Festival Lampion yang diselenggarakan hingga sekarang.

Baca juga: Kumpulan Ucapan Hari Raya Imlek 2023, Termasuk Bahasa China

Pada saat Dinasti Tang (618-907 M), lampion digunakan untuk keperluan yang lebih modern. Lampion kertas mulai digunakan orang-orang untuk perayaan-perayaan yang sifatnya lebih luas. Contohnya, sebagai bentuk syukur atas kehidupan yang damai.


Seiring berjalannya waktu, lampion diadopsi oleh para biksu Buddha sebagai bagian dari ritual ibadah mereka saat hari ke-15 bulan pertama kalender lunar. Hingga pada akhirnya, lampion mulai identik dengan perayaan tahun baru dalam penanggalan Tiongkok di Indonesia.


Dalam budaya Tiongkok, lampion menggunakan warna merah karena memiliki makna pengharapan di tahun yang baru akan diwarnai dengan rezeki, keberuntungan, serta kebahagiaan. Warna merah juga menyimbolkan kemakmuran.


Keluarga besar kataucapanselamatcg.blogspot.com mengucapkan selamat perayaan Festival lampion! Festival lampion (Chap Goh Meh)

Bagikan:

0 Response to "SELAMAT PERAYAAN CAP GO MEH (恭祝大家元宵节快乐!)"

Posting Komentar