HARI RAYA ISRA MIRAJ

Sejarah singkat



Isra Miraj dirayakan setiap tanggal 27 Rajab menurut sistem penanggalan kalender Hijirah. Perayaan hari Isra Miraj dilakukan untuk memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW yakni dua peristiwa penting, yakni perjalanan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, dan dinaikkannya beliau oleh Allah SWT ke langit tertinggi yakni Sidratul Muntaha.


1. Perjalanan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa

Perjalanan ini disebut Isra yang berarti rangkaian perjalanan di tengah malam yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW secara jasmani-rohani dari Masjidil Haram ke Masjidil-Aqsha.


2. Dinaikkannya beliau (Muhammad) oleh Allah SWT ke langit tertinggi yakni Sidratul Muntaha

Perjalanan ini disebut Miraj yang berarti perjalanan yang dilakukan nabi Muhammad SAW dari Masjidil Al Aqsa menuju ke langit Ketujuh atau sidratul Muntaha. Di dalam perjalanannya, Nabi Muhammad SAW bertemu dengan nabi-nabi terdahulu di setiap tingkatan dari tujuh tingkatan langit.


Kedua peristiwa penting ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa inilah Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam. Isra Miraj diperingati setiap tanggal 27 Rajab tahun Hijriah.


Perayaan di setiap negara
  • Di Indonesia, biasanya perayaan Isra Miraj identik dengan ritual suci berupa doa dan sholawat bersama yang dilakukan di berbagai Masjid, termasuk melakukan amalan-amalan sunnah seperti membaca Al-Quran, Memperbanyak Istigfar, memperbanyak Salat Sunnah hingga ceramah tentang keteladanan Nabi Muhammad SAW bagi Umat Islam.
  • Oman adalah negara yang memiliki mayoritas penduduk beragama Islam. Di negara tersebut, warganya menamai hari Isra' dan Mikraj sebagai Isra'a Wal Miraj. Biasanya masyarakat akan merayakan di Masjid bersama banyak orang pada malam harinya. Adapun, perayaan Hari Suci Isra Miraj mereka akan menghiasai lingkungan rumah dengan lampu-lampu terang sebagai bentuk suasana hati bahagia umat Islam.
  • Pada Hari Raya Isra Miraj, biasanya masyarakat Kanada akan melakukan tradisi membuat permen dan hasil buatannya dibagikan kepada tetangga di sekitar tempat tinggal mereka. Tak hanya selama satu hari, beberapa umat muslim di Kanada akan melakukan peringatan Isra' dan Mikraj tersebut selama dua hari. Hal ini dilakukan sebagai bentuk untuk sedekah serta amal mereka.
  • Di Kuwait, Tak hanya satu hari, masyarakat Islam di Kuwait merayakan Isra Miraj selama tiga berturut-turut dan ketiga hari tersebut sebagai libur nasional.
  • Di Dubai, umumnya pemeluk ajaran Islam, memperingatinya selepas menunaikan salat magrib. Setelah salat berjamaah, acara diawali dengan pembacaan Alquran, kemudian pembacaan pidato oleh seseorang yang dituakan atau dipercaya. Tak berhenti di situ, selanjutnya terdapat khutbah serta ceramah yang berisikan nilai agama.



Selamat Hari Isra Miraj 27 Rajab 1444 Hijriah untuk seluruh umat Islam. Semoga syafaat Nabi Muhammad SAW selalu menyertai kita semua dan semoga hikmah dan juga kebahagiaannya menyertai keluarga dan sobat kataucapanselamatcg.blogspot.com. Aamiiin
Bagikan:

0 Response to "HARI RAYA ISRA MIRAJ"

Posting Komentar