HARI VALENTINE

Sejarah singkat


Valentine atau disebut Hari Kasih Sayang dirayakan setiap Februari tepatnya pada waktu hari pesta Kristen yang menghormati satu atau dua martir Kristen bernama Santo Valentinus. Valentinus merujuk kepada satu dari minimal tiga orang suci (santo) martir Roma Kuno. Pesta Santo Valentinus sebelumnya dirayakan oleh Gereja Katolik Roma pada 14 Februari sampai tahun 1969.


Dilansir kataucapanselamatcgblogspotcom dari Wikipedia, Pesta St. Valentinus pertama kali diputuskan pada 496 oleh Paus Gelasius I, yang juga memasukkan Santo George di antara mereka "...yang namanya secara benar dihormati manusia tetapi di mana perbuatan mereka hanya diketahui oleh Tuhan." Dibuatnya pesta ini kemungkinan merupakan sebuah usaha untuk mengungguli hari raya pra-Kristen, Lupercalia yang masih diperingati di Roma pada abad ke-5.


Menurut Ensiklopedia Katolik, santo yang hari rayanya diperingati pada hari yang sekarang disebut Hari Valentine kemungkinan adalah salah satu dari tiga orang martir yang hidup pada akhir abad ke-3 semasa pemerintahan Kaisar Claudius II:
  • seorang pastur di Roma
  • seorang uskup Interamna (modern Terni)
  • seorang martir di provinsi Romawi Africa.



Dipercayai bahwa dan uskup Valentinus dimakamkan sepanjang Via Flaminia di luar kota Roma, pada jarak yang berbeda dari tengah kota. Pada abad ke-12, gerbang kota Romawi yang disebut Porta Flaminia (sekarang Porta del Popolo) juga disebut sebagai Gerbang St. Valentinus.


Seperti dikatakan oleh Paus Gelasius II, sebenarnya tidak ada yang diketahui mengenai martir-martir ini. Banyak legenda yang mengelilingi mereka sebenarnya diciptakan pada akhir Abad Pertengahan di Inggris dan Prancis, di mana pesta perayaan pada tanggal 14 Februari diasosiasikan dengan cinta.


Valentine's Day di setiap negara
  • Di Korea Selatan, biasanya perayaan Valentine identik dengan para perempuan memberikan cokelat pada sang pujaan hati. Lalu, pada 14 Maret, tepatnya saat hari putih atau White Day, para pria akan membalas pemberian tersebut.
  • Jerman adalah negara yang justru menggunakan simbol babi untuk mengekspresikan cinta dan kasih sayang. Di negara tersebut, Jika biasanya pada hari kasih sayang, orang-orang menggunakan gambar hati dengan warna merah muda sebagai ornamen valentine. Berbeda dengan warga Jerman yang menggunakan hewan babi sebagai simbol hari kasih sayang. Setiap kado atau hadiah akan dihias dengan gambar hewan babi, entah itu boneka, kaos, maupun figura foto. Karena, bagi masyarakat Jerman babi merupakan simbol keberuntungan dan gaira. Hadiah tersebut nantinya tidak hanya diberikan untuk kekasih, melainkan kepada orang yang mereka anggap spesial. Biasanya masyarakat akan merayakan di kuil Buddha dengan memberikan persembahan kepada para biksu dan menyalakan dupa.Adapun, perayaan Hari Tri Suci Waisak difokuskan pada upacara Yùfójié, atau memandikan Buddha.
  • Pada Hari Raya Valentine, biasanya masyarakat Perancis akan melakukan tradisi memasang gembok di beberapa jembatan yang ada di Kota Paris. Hal tersebut dianggap melambangkan cinta mereka yang akan terkunci selama gembok itu belum terbuka. Selain itu, hal umum yang juga dijumpai di Perancis saat perayaan valentine yaitu saling bertukar surat cinta. Entah itu pacar maupun suami istri, dan tradisi itu dinamakan cartes d’amities. Yang diartikan ke dalam bahasa Indonesia ‘kartu pertemanan’.
  • Di Jepang, Perayaan Hari Kasih Sayang di Negeri Sakura tak kalah unik yaitu dengan membagikan kado berupa coklat kepada kolega atau sahabat, mereka menyebutnya sebagai ‘Choco Girl’. Sedangkan, untuk belahan jiwa atau pasangan dengan memberi ‘Honmei Choco’ Spesial. Tradisi membagikan coklat ini biasanya dilakukan oleh kaum hawa saja, sementara untuk pria akan membalas hadiah tadi pada saat White Day sebulan setelah Valentine.
  • Di Republik Estonia, hari kasih sayang ini diperingati sebagai hari pertemanan. Para rakyat di sana akan memberikan hadiah kepada siapa pun, tanpa melihat status bahkan gender. Negara ini juga terkenal unik, karena terdapat bis khusus yang berisi pria dan wanita lajang yang tentunya bisa menjadi ajang untuk mencari kenalan baru.
  • Di Denmark, Di hari Valentine, masyarakat Denmark biasanya menuliskan puisi romantis atau kartu ucapan anonim yang disebut gaekkebrev. Nantinya, penerima akan menebak siapa yang membuat kartu ucapan tersebut. Jika berhasil, ia akan mendapatkan hadiah istimewa. Tradisi perayaan Valentine di Denmark juga identik dengan memberikan bunga salju atau snowdrop dibandingkan mawar merah.
(*)


**) Kataucapanselamatcg.blogspot.com merupakan blog yang menyajikan beragam kalimat atau perkataan yang memiliki satu kekuatan dari kecerdasan dan penilaian untuk suatu kebenaran termasuk ucapan selamat terbaru lainnya. Temukan semuanya dengan terus kunjungi https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/
Bagikan:

0 Response to "HARI VALENTINE"

Posting Komentar