Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945

Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945


Jakarta, kataucapanselamatcg.blogspot.com – Segenap keluarga besar kataucapanselamatcg mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945. Semoga perayaan Hari Nyepi bisa menjadi salah satu bentuk perwujudan, bukan hanya untuk Umat Hindu, namun bagi seluruh masyarakat Indonesia agar dapat terus saling menghargai, saling mendukung, serta saling menghormati.


Semoga perayaan ini juga dapat menjadi momentum untuk berterima kasih kepada alam semesta yang telah melengkapi kehidupan kita.


Sebagaimana kita ketahui bahwa Hari Raya Nyepi diperingati sebagai permohonan kepada Tuhan untuk menyucikan Bhuana Alit dan Buana Agung.


Pada umumnya masyarakat Bali mengenal konsep jagat (bhuana) alit dan jagat agung. Jagat alit adalah tubuh manusia itu sendiri, sedangkan jagat agung adalah alam semesta dimana manusia saat ini hidup. Kedua jagat tersebut memiliki persamaan, dan kita sebagai manusia (jagat alit) saat ini hidup didalam jagat agung.


Dengan adanya konsep tersebut, diharapkan adanya keseimbangan dan perlakuan yang sama oleh manusia terhadap alam. Manusia yang telah dapat menjaga keseimbangan alam, tentu alam secara otomatis akan menjaga manusia.

Baca juga : KATA UCAPAN HARI RAYA NYEPI 2023 (TAHUN BARU SAKA 1945) TERBARU

Hari Raya Nyepi adalah salah satu momentum yang telah menjadi tradisi umat Hindu di Bali untuk melakukan penyepian sebelum perayaan pergantian Tahun Saka. Makna dari perayaan Hari Raya Nyepi adalah meninggalkan aktivitas duniawi dalam keheningan dengan cara bermeditasi.


Dengan bermeditasi diharapkan kita menemukan jati diri demi mendapatkan keseimbangan diri (Jagat alit) dan alam semesta (jagat agung).


Selamat menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945, dengan melakukan catur brata penyepian semoga kita selalu diberi kelancaran dan keselamatan.***
Bagikan:

0 Response to "Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945"

Posting Komentar