SELAMAT HARI LITERASI INTERNASIONAL



Halo sahabat Kata Ucapan Selamat Terbaru. Ada yang tahu tanggal 8 September itu diperingati sebagai hari apa? Nah kalau belum tahu, yuk dibaca informasi berikut ini.


Sejarah Perayaan Hari Literasi Sedunia

Tanggal 8 September merupakan Hari Literasi Internasional atau Hari Aksara Internasional atau Hari Melek Huruf Internasional. Peringatan Hari Literasi Sedunia tersebut dicetuskan oleh UNESCO pada tahun 1966. Tujuan dari penetapan Hari Literasi Sedunia adalah untuk membentuk masyarakat yang lebih melek huruf dan juga upaya dalam memberantas buta huruf. Lahirnya Hari Literasi Sedunia diawali atas usulan Pemerintah Republik Iran pada Konferensi Dunia Menteri Pendidikan untuk pemberantasan buta aksara yang dilaksanakan pada 8 September 1965 di Teheran, Iran. Usulan tersebut berupa anjuran kepada UNESCO agar memberikan hadiah literasi internasional untuk mereka yang berjasa dalam memperjuangkan pemberantasan buta huruf. Hari literasi sedunia pertama kali dirayakan pada tahun 1967 yang kemudian berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya hingga sekarang.


Lalu, apa itu literasi?

Menurut KBBI V literasi merupakan kemampuan menulis dan membaca, pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu, kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. Literasi juga dapat berarti penggunaan huruf untuk mempresentasikan bunyi atau kata. Sehingga literasi tidak dapat dipisahkan dari kemampuan berbahasa dan kemampuan dalam mengolah informasi dan pengetahuan.


Tema hari literasi sedunia pada 8 September 2023 yang diusung oleh UNESCO adalah “Promoting literacy for a world in transition: Building the foundation for sustainable and peaceful societies” atau “Mempromosikan literasi untuk dunia dalam transisi: Membangun landasan bagi masyarakat yang berkelanjutan dan damai”. Dengan mengusung tema tersebut akan menjadi kesempatan untuk Membangun momentum, pengetahuan, dan wawasan yang dihasilkan melalui karya terbaru, dengan tujuan menyoroti sentralitas dan kekuatan transformatif literasi untuk membentuk dunia masa depan dengan tingkat keadilan dan perdamaian sosial, ekonomi, dan lingkungan yang lebih tinggi.


Tidak jauh berbeda dengan tema yang diusung UNESCO tahun ini, sahabat Kata Ucapan Selamat Terbaru juga merayakan hari literasi sedunia dengan postingan mengusung tema “Bersama Mewujudkan Gerakan Literasi Melalui Kurikulum Terbaru, Kurikulum Merdeka”. Dengan mengusung tema tersebut diharapkan dapat mendukung bagaimana konsep Kurikulum Merdeka jika diterapkan di sekolah, sehingga masyarakat Indonesia khususnya siswa sekolah untuk lebih gemar membaca, memiliki daya pikir yang baik, kreatif dan mendekatkan siswa dengan buku sehingga siswa lebih tertarik untuk membaca.


Sebagaimana dikutip kataucapanselamatcg.blogspot.com, Kata Ucapan Selamat Terbaru dari situs resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek), bahwa Kurikulum Merdeka Belajar diimplementasikan dengan memberikan kebebasan bagi instansi pendidikan, termasuk kepala sekolah, guru, serta siswa untuk menentukan topik atau tema yang diminati dan ingin dipelajari. Mereka juga bebas untuk menentukan metode belajar yang sesuai dengan kebutuhan. Nah berikut ini merupakan beberapa opsi penerapan Kurikulum Merdeka di sekolah yang dikutip kataucapanselamatcg.blogspot.com. yaitu Opsi Mandiri Belajar, Mandiri Berubah, dan Mandiri Berbagi.


Mandiri Belajar adalah memberikan kebebasan kepada satuan pendidikan saat menerapkan Kurikulum Merdeka beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka, tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan yang sedang diterapkan pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10. Mandiri Berubah adalah memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan saat menerapkan Kurikulum Merdeka dengan menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10. dan Mandiri Berbagi adalah akan memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan dalam menerapkan Kurikulum Merdeka dengan mengembangkan sendiri berbagai perangkat ajar pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.


Opsi-opsi tersebut sangat perlu dikenali 3 Opsi Ini Sebelum Mendaftar Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri, tulis situs resmi Kemendikbud-Ristek.


Gimana sahabat Kata Ucapan Selamat Terbaru? Sudah siapkah sahabat mengimplementasikan konsep Kurikulum Merdeka jika diterapkan di sekolah. Sekali lagi, yuk sambut tanggal 8 September 2023 dengan terus kenali dan pahami bagaimana konsep Kurikulum Merdeka jika diterapkan di sekolah, sehingga masyarakat Indonesia khususnya siswa sekolah untuk lebih gemar membaca, memiliki daya pikir yang baik, kreatif dan mendekatkan siswa dengan buku sehingga siswa lebih tertarik untuk membaca ya. Namun sebelumnya, Yuk membangun momentum, pengetahuan, dan wawasan yang dihasilkan melalui karya terbaru, dengan tujuan menyoroti sentralitas dan kekuatan transformatif literasi untuk membentuk dunia masa depan dengan tingkat keadilan dan perdamaian sosial, ekonomi, dan lingkungan yang lebih tinggi dengan perayaan tanggal 8 September 2023 nanti.


Salam Literasi!
#BersamaMewujudkanGerakanLiterasiMelaluiKurikulumTerbaruKurikulumMerdeka

Penulis : Pengelola blog, kataucapanselamatcg.blogspot.com
Bagikan:

0 Response to "SELAMAT HARI LITERASI INTERNASIONAL"

Posting Komentar