Hari UMKM Nasional

UMKM


Sejarah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) berawal dari Piagam Yogyakarta hasil Kongres UMKM pada 25-26 Mei 2016 yang diikuti oleh ratusan pendamping koperasi dan UMKM dari seluruh Indonesia. Dipilihnya tanggal 12 Agustus sebagai Hari Nasional UMKM mengacu tanggal lahir Bapak Koperasi, Bung Hatta (12 Agustus 1902).

Baca juga KATA UCAPAN SELAMAT HARI KOPERASI TERBARU

Pemilihan tersebut dimaksudkan untuk menghargai Muhammad Hatta yang konsisten sebagai tokoh yang memperjuangkan ekonomi kerakyatan Indonesia.


Usaha mikro kecil menengah adalah istilah umum dalam dunia ekonomi yang merujuk kepada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-undang No. 20 tahun 2008. UMKM dapat berarti bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga, atau badan usaha ukuran kecil. Penggolongan UMKM didasarkan batasan omzet pendapatan per tahun, jumlah kekayaan aset, serta jumlah pegawai. Sedangkan yang tidak masuk kategori UMKM atau masuk dalam hitungan usaha besar, yaitu usaha ekonomi produktif yang dijalankan oleh badan usaha dengan total kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan lebih besar dari usaha menengah.


UMKM diatur dan dikelompokkan dengan PP Nomor 7 tahun 2021.


Usaha Mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/ atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro.


Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari Usaha Menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria Usaha Kecil.


Usaha Menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Kecil atau usaha besar yang memenuhi kriteria Usaha Menengah.


Segenap Keluarga Besar kataucapanselamatcg.blogspot.com mengucapkan Selamat memperingati Hari UMKM Nasional.


Mari kuatkan dan kembangkan spirit berbisnis melalui UMKM demi ekonomi nasional lebih baik!

#kataucapanselamatcg
#hariumkmnasional
#umkm
#ekonomi
#Usahabisnis
Bagikan:

0 Response to "Hari UMKM Nasional"

Posting Komentar