SELAMAT DATANG TAHUN TERBARU 1945: NYEPI UCAPAN BIJAK TAHUN BARU SAKA 2023

kataucapanselamatcg: Selamat hari Tahun Baru Saka di 2023. Hari penuh ketenangan dan renungan (Dalam bahasa Inggris: BALI’S DAY OF SILENCE) yang disebut dengan "NYEPI". Sebenarnya Nyepi berasal dari kata sepi (sunyi, senyap). Hari Raya Nyepi adalah perayaan Tahun Baru Hindu berdasarkan penanggalan/ kalender caka, yang dimulai sejak tahun 78 Masehi. Tidak seperti perayaan tahun baru Masehi, Tahun Baru Saka di Bali dimulai dengan menyepi. Tidak ada aktivitas seperti biasa. Semua kegiatan ditiadakan, termasuk pelayanan umum, bahkan bandar udara Internasional disanapun tutup, kecuali rumah sakit.


Seperti tradisi sebelumnya, Umat Hindu Bali akan merayakan tahun baru kalender Saka yang akan datang; mereka merayakannya dengan meditasi sebagai gantinya. Salah satunya Catur brata penyepian berarti Tidak ada kegiatan yang boleh dilakukan. Larangan keagamaan wajib ini termasuk;
  • Amati Lelanguan artinya tanpa kesenangan;,
  • Amati Lelungan artinya  tidak ada lalu lintas,
  • Amati Geni artinya tidak ada api;
  • dan Amati Karya artinya tidak ada pekerjaan.

Tahun ini, Hari Raya Nyepi jatuh pada tanggal 22 Maret 2023. Hari raya Nyepi adalah perayaan hari tahun baru saka yang jatuh pada penanggal apisan sasih Kedasa (eka sukla paksa Waisak) sehari setelah tilem Kesanga (panca dasi Krsna Paksa Caitra).

https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/


Sebenarnya tujuan utama Hari Raya Nyepi adalah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan Bhuana Alit bermakna alam manusia/ microcosmos dan Bhuana Agung/macrocosmos berarti alam semesta. Perayaan hari raya Nyepi memiliki beberapa rangkaian, yaitu Melasti, Tawur (Pecaruan), Pengrupukan, Berata Penyepian, dan Ngembak Geni.


Khusus menyambut Hari Raya Nyepi 1945 atau Tahun Baru Saka 2023, kataucapanselamatcg.blogspot.com akan mengulas tulisan kata ucapan selamat Hari Raya Nyepi 1945-2023 dapat Anda sampaikan kepada teman, kerabat, keluarga atau kolega bisnis Anda bagi yang merayakannya. Dibawah kamu akan menemukan ucapan Selamat Nyepi Tahun Baru Saka 2023 - 2024 walaupun bukan menggunakan bahasa Bali yang artinya hanya berupa kata bijak namun bisa dikirim ke status Facebook, caption Instagram, Twitter, maupun gambar untuk chat whatsApp buat keluarga, teman, pacar, mantan maupun orang tercinta.


1. "sahabat di kataucapanselamatcg mengucapkan selamat merayakan hari raya Nyepi 2023-2024. Dalam keheningan sepi, semoga kita dapat merenungkan untuk menemukan jati diri supaya dapat melangkah lebih baik dalam perjalanan hidup ke depan bukan sekedar kata-kata bijak semata, “Selamat menjalankan Catur Brata Penyepian, Tahun Baru Saka 1945."


2. "Menjalankan Catur Brata Penyepian semoga membawa kita ke alam dengan sajak hening yang tenang dan damai untuk menemukan makna kehidupan di dunia, Selamat Tahun Baru Saka 2023-2024 untuk Hari raya nyepi 1945."


3. "Selamat Hari raya nyepi 1945 2023. Semoga Hyang Widhi Wasa senantiasa melimpahkan wara nugraha-NYA kepada kita semua."


4. "Untuk masa baru, benar-benar dimulai dengan suatu halaman baru yang putih bersih, Selamat Hari Raya Nyepi."


5. "Selamat Hari Raya Nyepi. Semoga kita mempu melaksanakan "Catur Brata" Penyepian dengan penuh kesucian sehingga memiliki kesiapan batin untuk menghadapi setiap tantangan kehidupan pada tahun yang baru."


6. "Dalam kesunyian baru kau dapati makna kehidupan, dalam kesepian baru kau rasakan kehadiran-Nya, kataucapanselamatcg Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 2023-2024."


7. "Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 2023. Tuhan bersama orang-orang yang selalu ingat akan penciptaannya, merenunginya dan merasakan sepi ditengah keramaian dunia."


8. "Dengan Nyepi .. akan membawa renungan mengarahkan kembali ke titik nol, jauh dari keramaian, jauh dari perasaan amarah, dengki, dan iri, menyelami diri untuk menemukan jati diri, bertanya pada hati yang paling dalam, dan disanalah ada pencerahan, sinar suci yang Maha Agung. "Selamat melaksanakan Catur Brata Penyepian."


9. "Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi 2024-2023, Tahun Baru Saka 1945 bagi yang menjalankan. Semoga Ida Sanghyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa) selalu menjaga kita untuk saling menyayangi satu dengan yang lain, memaafkan segala kesalahan dan kekeliruan. Hidup di dalam kerukunan dan damai."


10. "Dengan mengucap syukur dan saling maaf memaafkan (ksama) satu sama lain, untuk memulai lembaran tahun baru yang bersih menjadikan hari raya Nyepi penuh makna. kata ucapan selamat terbaru mengucapkan selamat tahun baru Saka 1945 bagi Anda yang merayakannya dimanapun berada."
Bagikan:

0 Response to "SELAMAT DATANG TAHUN TERBARU 1945: NYEPI UCAPAN BIJAK TAHUN BARU SAKA 2023"

Posting Komentar