INILAH KUMPULAN KATA MUTIARA DAN UCAPAN SELAMAT HARI WAISAK 2566 TAHUN 2022

KATAUCAPANSELAMATCG: Hari Suci Waisak. Waisak atau Waisaka (Pali; Sanskrit: Vaiśākha वैशाख) adalah hari suci agama Buddha. Hari waisak adalah dikenal Visakah Puja atau Buddha Purnima di India, Saga Dawa di Tibet, Vesak di Malaysia, dan Singapura, Visakha Bucha di Thailand, serta Vesak di Sri Lanka. Nama ini diambil dari bahasa Pali "Wesakha", yang pada gilirannya terkait dengan "Waishakha" dari bahasa Sanskerta. Di beberapa tempat disebut juga sebagai "hari Buddha".


Di Indonesia, Hari Raya Waisak, bersamaan dengan Hari Raya Nyepi, ditetapkan sebagai hari libur nasional berdasarkan Keppres Nomor 3 tahun 1983 tanggal 19 Januari 1983. Tahun ini Hari Raya Waisak jatuh pada tanggal 16 Mei 2022.


Sebagai umat Buddha merayakan, menyelenggarakan dan mengagungkan hari Trisuci Waisak menjadi kewajiban. Karena didalamnya mengandung sejarah tiga peristiwa penting yang tak dilupakan seluruh umat Buddha di dunia. Adapun peristiwa sejarah adalah;
  1. Bodhisatva Sidharta Gautama lahir di Taman Lumbini, Nepal (th. 623 SM);
  2. Bodhisatva Sidharta Gautama memperoleh pencerahan agung menjadi Samma Sambuddha (anuttara samyak sambodhi) dibawah pohon Bodhi di Budhagaya/Bodh Gaya (th. 588 SM) di India;
  3. Buddha Sakyamuni (Samma Sambuddha) mencapai Parinibbana di Kusinara,India (th. 543 SM). 
Ketiga peristiwa agung tersebut terjadi pada saat yang bersamaan di bulan purnamasidhi (15 Imlek) dengan waktu yang berbeda.

https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/



Tentu banyak aliran Buddhis yang berkembang di Asia bahkan sangat variatif, seperti mulai tanggal kelahiran, pencerahan sampai parinibbana / parinirvana Buddha Sakyamuni. Menurut sejarah singkatnya, pada tahun 1950 diselenggarakan sidang pertemuan dari semua aliran di Srilangka. Dengan memperoleh butir kesepakatan, bahwa hari Trisuci Waisak diperingati pada waktu bulan purnama sidhi berdasarkan kalender Internasional. Sebelum kesepakatan Srilangka ada tradisi-tradisi kalangan tertentu memperingati tiga peristiwa ini pada hari yang berbeda. Katakan saja Mahayana, kelahiran Buddha Sakyamuni diperingati pada hari kedelapan bulan keempat, mencapai pencerahan menjadi Buddha diperingati pada hari kedelapan bulan duabelas, sedangkan parinirvana Sang Buddha diperingati pada hari ke lima belas di bulan dua berdasarkan kalender lunar.


Singkatnya, Hari Waisak adalah hari libur nasional di Indonesia untuk merayakan hidup, kematian, juga pencerahan Buddha. Waisak Pada tahun 2020 bertepatan dengan 2564 BE. Detik detik gema waisak umumnya akan ditandai dengan pemukulan gong 3 kali.


Perayaan Waisak 2566 tahun ini jatuh pada tanggal 16 Mei 2022, detik-detiknya umumnya dilaksanakan di Candi Mendut dan Candi Agung Borobudur (Diluar kondisi pandemi wabah virus corona). Kita sebagai umat Buddha dapat melaksanakan Waisak di Candi Agung Borobudur dan harus mampu mencerminkan sikap toleransi terhadap anak bangsa ke arah persatuan dan kesatuan demi terwujudnya rasa perdamaian, kebersamaan serta membangun semangat nilai-nilai religius.


Peringatan hari Trisuci Waisak ini merupakan tonggak sejarah yang tak diabaikan begitu saja, namun hari Waisak secara ritual puja bakti sebagai upacara suci yang setiap tahun dirayakan di Candi Agung Borobudur adalah bagian bulan suci yang sakral bagi umat Buddha dalam mengembangkan spiritual yang dinamis.


Nuansa baru di keheningan batin serta intropeksi diri sangat perlu pada malam hari di saat Waisak di puncak maupun di pelataran candi. tema ini mempunyai nilai keramat dalam penyucian batin yang hakiki dan mampu menembus tiga akar kejahatan (Dosa, Lobha, Moha) yang menjadikan manusia sesat, juga tak pernah terpuaskan.


Untuk menjadikan nilai-nilai tersebut bermakna, bahkan telah menjadi kebudayaan terdapat banyak ucapan-ucapan hari Waisak diisi dengan ajakan untuk mengintropeksi diri dengan harapan dan saling mendoakan bukansekedar logo maupun tema semata.


Buat teman yang mau berkirim harapan kepada orang terdekat namun berada jauh dengan kata-kata mutiara dan ucapan selamat hari Waisak disertai kutipan bijak sebagai jembatan moral dan sosial bertujuan menghubungkan sesama manusia dibulan suci yang sakral bagi umat Buddha.


Berikut rangkuman kata mutiara terbaik dengan tema ucapan hari Trisuci Waisak 2566 BE 2022 terbaru yang dikutip dari berbagai sumber

https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/
Gambar inilah kumpulan kata mutiara dan ucapan selamat hari raya waisak 2566 BE tahun 2022


Inilah Kumpulan Kata Mutiara dan Ucapan Selamat Hari Waisak 2563 BE 2019- 2020
Gambar Kartu: Kata-kata Ucapan Hari Imlek 2019


1. "kataucapanselamatcg.blogspot.com menyampaikan Selamat Merayakan hari Trisuci Waisak 2566 BE di 2022. Semoga di hari yang Agung ini kita selalu mendapat pencerahan Buddha"

https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/


2. "kataucapanselamatcg mengucapkan selamat Hari Trisuci Waisak bagi seluruh umat Buddha. Buddham Sharanam Gachami, Om Mani Padme Hum, Semoga Tuhan Buddha menerangi Anda di jalan cinta, kedamaian, dan kebenaran."

https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/


3. "Semoga bulan purnama Buddha Purnima, singkirkan kegelapan ketidaktahuan, kefanatikan dan kebencian, dan menandakan era kedamaian dan pencerahan kepuasan bagi dunia! ucapan-ucapan hangat pada hari ini, Selamat hari Trisuci Waisak 2566 BE di 2022."

INILAH KUMPULAN KATA MUTIARA DAN UCAPAN SELAMAT HARI WAISAK 2566 TAHUN 2022


4. "Selamat hari Trisuci Waisak 2566 BE di 2022, Antara kelahiran dan kematian tidak ada hal lain yang terjadi selain cinta.
Jika Anda kehilangan cinta antara kelahiran dan kematian, Anda telah kehilangan seluruh kesempatan hidup. Anda mungkin mengumpulkan pengetahuan dan uang serta prestise dan kekuasaan, tetapi jika telah kehilangan cinta maka Anda telah melewatkan pintu yang sebenarnya."

https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/
Gambar kata mutiara tema ucapan selamat hari trisuci Waisak 2022/ 2566 BE


INILAH KUMPULAN KATA MUTIARA DAN UCAPAN SELAMAT HARI WAISAK 2566 TAHUN 2022



5. "Semoga kedamaian dan ketenangan berada di sisi Anda ... Hari Ini dan Selalu!, Selamat hari Trisuci Waisak 2566 BE 2022."

INILAH KUMPULAN KATA MUTIARA DAN UCAPAN SELAMAT HARI WAISAK 2566 TAHUN 2022


6. "Buddham Saranam Gacchami, Dhamma Saranam Gacchami, Sangham Saranam Gacchami. kataucapanselamatcg.blogspot.com Selamat Buddha Purnima untuk hari Trisuci Waisak 2566 BE."

Kata-kata bijak, kata-kata mutiara untuk kata ucapan Selamat hari Trisuci Waisak 2566 BE dengan bahasa Inggris dengan artinya:

Just as treasures are uncovered from the earth, so virtue appears from good deeds, and wisdom appears from a pure and peaceful mind. To walk safely through the maze of human life, one needs the light of wisdom and the guidance of virtue. – Buddha.
Artinya:
Sama seperti harta yang ditemukan dari bumi, kebajikan muncul dari perbuatan baik, dan kebijaksanaan muncul dari pikiran yang murni dan damai. Untuk berjalan dengan aman melalui labirin kehidupan manusia, seseorang membutuhkan cahaya kebijaksanaan dan bimbingan kebajikan. - Buddha.

7. "Selamat hari Trisuci Waisak 2566 BE, Kita hidup dalam ilusi dan penampakan. Ada sebuah kenyataan. Kita adalah kenyataan itu. Ketika Anda memahami ini, Anda melihat bahwa Anda bukan apa-apa, dan tidak menjadi apa-apa, Anda adalah segalanya. Itu semuanya."


8. "Andalkan ajarannya, bukan pada orangnya. Mengandalkan makna, bukan pada kata-kata. Andalkan kehidupan nyata, bukan pada mimpi. Andalkan kebijaksanaan, bukan pada batin. Selamat hari Trisuci Waisak 2022 2566 BE."

https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/



9. "Buddham Sharanam Gachami
Om Mani Padme Hum
Semoga Dewa Buddha Mencerahkan Anda di Jalan Cinta, Kedamaian, dan Kebenaran
Selamat Buddha Purnima, kataucapanselamatcg menyampaikan Selamat hari Trisuci Waisak 2020."


10. "Selamat hari Trisuci Waisak 2022, Semoga khotbah Sang Buddha untuk perilaku yang benar, motif yang tepat, ucapan benar, usaha yang benar, tekad yang benar, mata pencaharian benar, perhatian yang benar dan meditasi yang benar ... bantu kami memberantas kejahatan dan penderitaan dari dunia ini."


11. "Mari kita berdoa untuk perdamaian dan harmoni untuk semua umat manusia pada hari keberuntungan ini ... Selamat Hari Waisak."


12. "Selamat Hari Waisak, Dalam semburan iluminasi dia menemukan maknanya keberadaan dan menjadi Sang Buddha."




13. "Pada Buddha Jayanti ...
Berharap Anda menemukan Sinar harapan Dan hidup Anda tercerahkan Demi rahmat ilahi ...
Selamat Hari Waisak."


14. "Sebarkan pesannya; Persaudaraan universal Dan belas kasihan jauh dan luas Semoga Anda damai, kataucapanselamatcg Hari Waisak 2022 2566 BE"
Bagikan:

0 Response to "INILAH KUMPULAN KATA MUTIARA DAN UCAPAN SELAMAT HARI WAISAK 2566 TAHUN 2022"

Posting Komentar