INILAH KUMPULAN KATA MUTIARA DAN UCAPAN SELAMAT HARI IDULFITRI 1443 H 2022

kataucapanselamatcg.blogspot.com: Hari Suci Idulfitri. IdulFitri atau Idul Fitri (dalam bahasa Arab; Eid al-Fitr) adalah hari suci agama Islam. Hari Idulfitri adalah dikenal dengan kalimat Inggris "Festival of Breaking the Fast" atau Aïd el-Fitr di Prancis, Eid al-Fitr (Fest des Fastenbrechens) di Jerman, Hari Raya di Malaysia, Lebaran di Indonesia, Eid ul Fitr di English, serta Eid-al-Fitr (Eid al-Fitr, Eid ul-Fitr, Id-Ul-Fitr padhne ka tarika, Eid) di negara lainnya. Di beberapa tempat seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam disebut juga sebagai "Hari Raya Puasa, Hari Raya Aidilfitri atau Hari Raya Fitrah".


Di Indonesia, Hari Raya Idul Fitri bersamaan dengan Hari Raya Idul Adha, ditetapkan sebagai hari libur nasional begitu juga di beberapa negara berpenduduk mayoritas Muslim. Tahun ini Hari Raya IdulFitri jatuh pada tanggal 2 Mei 2022.


Sebagai umat Islam merayakan, menyelenggarakan dan mengagungkan hari lebaran Idul Fitri menjadi kewajiban. Karena didalamnya mengandung sejarah peristiwa penting yang tak dilupakan seluruh umat Islam di dunia. Adapun makna peristiwa sejarah ini adalah;
  • Berakhirnya bulan suci Ramadhan dengan ditandai takbir sebagai tanda kemenangan atas menunaikan ibadah puasa yang merupakan salah satu dari rukun Islam..
  • Menumbuhkan solideritas, menebarkan cinta kasih dan berbagi dalam pengertian Idul Fitri sebagai momentum membersihkan harta, diri sendiri dengan membayar zakat Fitrah (ini juga tahap selanjutnya dari rukun-rukun Islam).
  • Menjalin kembali silaturahmi yang mungkin pernah putus, dengan "halal bihalal" bersama keluarga hingga orang tercinta dilingkungan.
  • Meningkatkan jiwa kasih sayang antar sesama melalui saling memberi dan meminta maaf untuk kesalahan juga khilaf di dunia sebagai upaya kembali ke fitrah.
  • Dan makna-makna lainnya dalam menyambut Idul Fitri

Tentu banyak aliran Islam yang berkembang di Asia bahkan sangat variatif, seperti mulai penetapan tanggal perayaan hari besar, tema khutbah sampai waktu hilal. Apabila menilik sejarah dan perayaan pertama kali Idul Fitri, mengatakan sebelum ajaran Islam diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw di Makkah, masyarakat Jahiliyah Arab sudah memiliki dua hari raya, yakni Nairuz dan Mahrajan.


Kaum Arab Jahiliyah menggelar kedua hari raya itu dengan menggelar pesta-pora. Selain menari-nari, baik tarian perang maupun ketangkasan, mereka juga merayakan hari raya dengan bernyanyi dan menyantap hidangan lezat serta minuman memabukkan. Singkatnya, setelah turunnya kewajiban menunaikan ibadah puasa Ramadhan pada 2 Hijriyah, sesuai dengan hadis yang diriwayatkan Abu Dawud dan An-Nasa’i, Rasulullah SAW bersabda:
Sesungguhnya Allah mengganti kedua hari raya itu dengan hari raya yang lebih baik, yakni Idul Fitri dan Idul Adha. (HR Daud dan Nasai)


https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/
Gambar kata mutiara tema ucapan selamat merayakan hari raya Idul Fitri 1443H tahun 2022


Dari asal usul untuk sejarah tersebut, telah menjadi tradisi masyarakat di sini biasanya saling mengucapkan "Selamat Hari Raya" atau "Salam Aidil Fitri" dan "Maaf zahir dan batin" sebagai ungkapan permohonan maaf kepada sesama. Di Malaysia juga ada tradisi balik kampung, atau mudik di Indonesia.


Singkatnya, Hari Idulfitri adalah hari libur nasional di Indonesia untuk merayakan atas kemenangan setelah melaksanakan kewajiban menunaikan ibadah puasa Ramadhan bagi umat Islam. Idulfitri Pada tahun 2022 bertepatan dengan 1443 Hijriah. Detik detik menyambut malam Idulfitri umumnya akan ditandai dengan penampakkan bulan melalui hilal diiringi gema atau kumandang takbir.


Perayaan Idulfitri 1443 H tahun ini jatuh pada tanggal 2 Mei 2022, walaupun harus menunggu detik-detik penetapan dari pemerintah Indonesia melalui sidang Isbat kemenag. Kita sebagai umat Islam dapat melaksanakan Idulfitri di kampung halaman seluruh Indonesia dan harus mampu mencerminkan sikap toleransi terhadap anak bangsa ke arah persatuan dan kesatuan demi terwujudnya rasa perdamaian, kebersamaan serta membangun semangat nilai-nilai religius.


Idul Fitri (Hari Raya Puasa, Hari Raya Aidilfitri atau Hari Raya Fitrah) adalah hari pertama dari bulan Islam bulan Syawal. Ini menandai akhir Ramadhan, yang merupakan bulan puasa dan sholat taraweh. Banyak Muslim menghadiri sholat bersama, mendengarkan khutbah (khotbah) dan memberikan zakat Fitrah selama IdulFitri.


Perayaan hari suci Idulfitri ini merupakan tonggak sejarah yang tak diabaikan begitu saja, namun hari Idulfitri secara ritual sebagai kegiatan suci yang setiap tahun dirayakan di seluruh dunia adalah bagian bulan suci yang sakral bagi umat Islam dalam mengembangkan spiritual yang dinamis.


Nuansa baru di keheningan batin serta intropeksi diri sangat perlu sejak malam hari di saat takbir Idulfitri. tema ini mempunyai nilai keramat dalam penyucian batin yang hakiki dan mampu menembus keberkahan juga ketaqwaan kepada perintah Allah SWT.


Untuk menjadikan nilai-nilai tersebut bermakna, bahkan telah menjadi kebudayaan terdapat banyak ucapan-ucapan hari Idulfitri diisi dengan ajakan untuk mengintropeksi diri dengan harapan dan saling mendoakan bukan sekedar logo, kartu maupun tema semata.

https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/


Baca : Lebaran 2022: Pantun Dan Ucapan Idul Fitri 1443H

Buat teman yang mau berkirim harapan kepada orang terdekat namun berada jauh dengan kata-kata mutiara dan ucapan selamat hari Idulfitri disertai kutipan bijak sebagai jembatan moral dan sosial bertujuan menghubungkan sesama manusia dibulan suci yang sakral bagi umat Islam.

https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/
Gambar ucapan selamat merayakan hari Idul Fitri tahun 2022 kata Lebaran 1443


Berikut rangkuman kata mutiara terbaik dengan tema ucapan hari raya Idulfitri 1443 H 2022 terbaru yang dikutip dari berbagai sumber


1. "kataucapanselamatcg menyampaikan Selamat Merayakan hari suci Idulfitri 1443 H 2022. Semoga di hari yang Fitri ini kita selalu mendapat berkah Allah SWT dan mempu melaksanakan kewajiban sebagai umat Islam.


2. " menyampaikan selamat hari suci Idulfitri bagi seluruh umat Islam. Taqabbalallahu Minna wa Minkum (تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ) dan Minal 'Aidin wal Faizin (من العائدين والفائزين), Mohon maaf lahir dan bathin, Semoga Allah menerangi teman semua di jalan cinta, kedamaian, dan kebenaran." Aamiin!!


3. "Selamat hari suci Idulfitri di hari raya ini, Semoga bulan Syawal 1443 Hijriyah, singkirkan kegelapan ketidaktahuan, kefanatikan dan kebencian, dan menandakan era kedamaian dan maafin segala kesalahan aku ya! Salam hangat pada hari ini, Selamat hari lebaran di 2022."


4. "kataucapanselamatcg menyampaikan selamat hari raya Idulfitri 1443H di Lebaran 2022,
Antara salah dan khilaf tidak ada hal lain yang terjadi selain cinta.
Jika Anda kehilangan cinta antara salah dan khilaf, Anda telah kehilangan seluruh kesempatan hidup. Anda mungkin mengumpulkan pengetahuan dan uang serta prestise dan kekuasaan, tetapi jika telah kehilangan cinta maka Anda telah melewatkan pintu berkah yang sebenarnya
Mohon maaf lahir dan bathin. Taqabbalallahu minna wa minka."


5. "Selamat hari raya Idulfitri 1443 H di Lebaran 2022. "Dari Abi Hurairah (ia berkata), sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda. Shaum/puasa itu ialah pada hari kamu berpuasa, dan (Idul) Fithri itu ialah pada hari kamu Berbuka. Dan (Idul) Adha (yakni hari raya menyembelih hewan-hewan kurban) itu ialah pada hari kamu menyembelih hewan." SHAHIH. Lafadz hadits ini dari riwayat Tirmidzi No. 693."


6. "Semoga kedamaian dan kemenangan berada di sisi Anda ... Hari Ini dan Selalu!, Selamat hari raya Idulfitri 1443 H tahun 2022."


7. "Afwan banget atas segala perbuatanku mulai dari muka yang selalu masam, bibir yang cemberut, ucapanku yang selalu menyakiti, hatiku yang kerap berprasangka, mohon selalu ingatkan ya…
Juga atas janji yang terlupakan, hutang yang belum terbayarkan, pinjeman-pinjeman yang belum sempat dikembalikan: mohon katakan ya…
Pokoknya untuk semuanya dari diriku yang tidak berkenan di hati dan pikiran teman-teman, mohon maafkan ya …"


8. "Taqabbalallahu minna wa minka Minal aidin wal faizin. Selamat Lebaran untuk hari raya Idulfitri 1443 H."


Kata-kata bijak, kata-kata mutiara untuk kata ucapan Selamat hari raya Idulfitri 1443 H dalam bahasa Inggris dan artinya.


9. Bahasa Inggris: May your friends and family be blessed with all happiness and love in this life with these happy Eil Ul Fitr greeting cards.

Artinya: Semoga teman dan keluarga Anda diberkati dengan semua kebahagiaan dan cinta dalam hidup ini dengan kartu ucapan Idul Fitri yang bahagia.


10. Bahasa Inggris: My Blessing, Congratulations and Good wishes.
I wish you the best of everything
for not only in EID-UL-Fitr but also
all the years ahead.  *EID MUBARAK*


Terjemahannya: Ucapanku, Selamat dan Salamku.
Saya berharap yang terbaik dari semuanya
untuk tidak hanya di Idul Fitri tetapi juga
semua tahun ke depan. *Met IDUL FITRI*


11. In English: Lonesome without u,
Each n every moments.
When i am alone
I close my eyes n think of u
N thoughts of ur love warms
Me inside n makes me smile.
miss you a lot. eid mubarak.


Artinya: "Kesepian tanpa kamu, setiap saat.
Ketika aku sendirian
Aku menutup mataku dan memikirkanmu
dan pikiran cintamu menghangat Aku di dalam dan membuatku tersenyum.
sangat merindukanmu. Idul Fitri."


12. "kataucapanselamatcg mengucapkan met hari lebaran Idul Fitri 2022, Semoga pesan ramadhan untuk perilaku yang benar, motif yang tepat, ucapan benar, usaha yang benar, tekad yang benar, mata pencaharian benar, perhatian yang benar dan cinta yang benar ... bantu kita memberantas kemunkaran dan penderitaan dari dunia ini.

https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/
Gambar kata inspirasi untuk ucapan selamat merayakan hari raya Idul Fitri 2022 1443 H


13. "Mari kita berdoa untuk perdamaian dan harmoni untuk semua umat manusia pada hari fitri ini ... Selamat Hari Raya Idul Fitri."


14. "Selamat Hari raya lebaran, Dalam Idulfitri mari temukan maknanya berbagi dan taqwa sebenarnya kepada Allah SWT."


15. "Pada bulan Syawal ... kataucapanselamatcg berharap Anda menemukan sinar harapan Dan hidup Anda tercerahkan demi rahmat ilahi ... Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022/ 1443H."


16. "Sebarkan pesannya; Persaudaraan universal dengan ukuahislamiah dan belas kasihan jauh dan luas Semoga Anda damai, kataucapanselamatcg menyampaikan selamat Hari Raya IdulFitri 2022 1443 H."


Punya ide tema untuk doa, pesan quotes atau contoh kata-kata bijak hari raya Idul Fitri silahkan bagikan ke kataucapanselamatcg.blogspot.com
Bagikan:

0 Response to "INILAH KUMPULAN KATA MUTIARA DAN UCAPAN SELAMAT HARI IDULFITRI 1443 H 2022"

Posting Komentar