INILAH KUMPULAN KATA MAAF DAN UCAPAN SELAMAT IDULFITRI 1443 H 2021 - 2022

kataucapanselamatcg.blogspot.com Sambut Idul Fitra atau Idul Fitri. Menyambut IdulFitri dan Lebaran, juga dikenal sebagai Hari Raya Kemenangan Puasa, Feast of the Breaking of the Fast (Inggris), Eid, Aidilfitri (Malaysia), ShemaiEid (Bangladesh), Eid ul fitr Mubarak, Ramazan Bayrami (Turki), Idul Fitri, Lebaran (Indonesia) setiap tahun jatuh pada 1 Saywal (Kalender Hijriyah Islam) 2022.


Hari Idul Fitri merupakan sebuah perayaan akhir puasa dan menandai akhir Ramadhan. Secara tradisi, Idul Fitri dirayakan selama tiga hari di semua negara oleh mayoritas umat Islam. Mulai dua minggu sebelum Idulfitri, umat Islam di Indonesia mulai sibuk memikirkan perayaan hari raya ini, yang paling utama adalah mudik atau pulang kampung. Perayaan Idul Fitri diberikan untuk hari raya lebaran selain Idul Adha, karena Idul (Ied) itu maknanya bukan 'kembali'. Kata 'Ied' (عيد) dalam Idul Fitri sama sekali bukan kembali. Dalam bahasa Arab, Id (عيد) itu berarti hari raya. Id secara bahasa berasal dari kata aada – ya’uudu [arab: عاد – يعود], yang artinya kembali. Hari raya disebut ‘id karena hari raya terjadi secara berulang-ulang, dimeriahkan setiap tahun, pada waktu yang sama. Ibnul A’rabi mengatakan,

سمي العِيدُ عيداً لأَنه يعود كل سنة بِفَرَحٍ مُجَدَّد

Hari raya dinamakan id karena berulang setiap tahun dengan kegembiraan yang baru. (Lisan Al-Arab, 3/315).


Ada juga yang mengatakan, kata id merupakan turunan kata Al-Adha [arab: العادة], yang artinya kebiasaan. Karena masyarakat telah menjadikan kegiatan ini menyatu dengan kebiasaan dan adat mereka. (Tanwir Al-Ainain, hlm. 5).


Selanjutnya kita akan membahas arti kata fitri.


Perlu diberi garis sangat tebal dengan warna mencolok, bahwa fitri TIDAK sama dengan fitrah. Fitri dan fitrah adalah dua kata yang berbeda. Beda arti dan penggunaannya. Namun, mengingat cara pengucapannya yang hampir sama, banyak masyarakat indonesia menyangka bahwa itu dua kata yang sama. Untuk lebih menunjukkan perbedaannnya, berikut keterangan masing-masing,


Pertama, Kata Fitrah. Kata fitrah Allah sebutkan dalam Al-Quran,


فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفًا فِطْرَتَ اللَّهِ الَّتِي فَطَرَ النَّاسَ عَلَيْهَا لَا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ اللَّهِ Hadapkanlah wajahmu dengan Lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. tidak ada peubahan pada fitrah Allah. (QS. Ar-Rum: 30).


Ibnul Jauzi menjelaskan makna fitrah,


الخلقة التي خلق عليها البشر


“Kondisi awal penciptaan, dimana manusia diciptakan pada kondisi tersebut.” (Zadul Masir, 3/422).


Dengan demikian, setiap manusia yang dilahirkan, dia dalam keadaan fitrah. Telah mengenal Allah sebagai sesembahan yang Esa, namun kemudian mengalami gesekan dengan lingkungannya, sehingga ada yang menganut ajaran nasrani atau agama lain. Ringkasnya, bahwa makna fitrah adalah keadaan suci tanpa dosa dan kesalahan.


Kedua, kata Fitri. Kata fitri berasal dari kata afthara – yufthiru [arab: أفطر – يفطر], yang artinya berbuka atau tidak lagi berpuasa. Disebut idul fitri, karena hari raya ini dimeriahkan bersamaan dengan keadaan kaum muslimin yang tidak lagi berpuasa ramadhan.


Di berbagai negara, Perayaan hari raya lebaran di Idul Fitri dilakukan dengan beragam acara kegiatan menyesuaikan kebudayaan dari negara-negara tersebut. Khususnya di Indonesia, Hari Perayaan Aidil Fitri umumnya dirayakan dengan diawali malam takbir ataupun kegiatan acara bertema Idul Fitri lainnya. Banyak sekali contoh-contoh tema yang menarik dikampanyekan buat memotivasi, menginspirasi bahkan disebagian negara bermayoritas muslim menjadikan momentum bermakna itu sebagai libur nasional keagamaan serta telah menjadi kebudayaan banyak ucapan-ucapan selamat hari Idul Fitri (Bahasa Inggris: Eid Mubarak) dalam pengertian diisi pula dengan sholat Id hingga doa harapan positif penuh berkah.


Buat teman yang berkirim harapan kepada orang terdekat namun berada jauh dengan kata-kata mutiara dan ucapan selamat merayakan hari Idul Fitri disertai kutipan bijak menyambut Lebaran sebagai jembatan moral juga sosial bertujuan menghubungkan sesama Muslim di hari suci penuh berkah dari Allah SWT.


Berikut rangkuman kata Maaf terbaik ucapan hari Idulfitri 1 Syawal 1443 H 2022 terbaru.


1. "kataucapanselamatcg merayakan hari Idulfitri 1 Syawal 1443 H 2022. Semoga di hari Raya lebaran untuk Idulfitri ini kita selalu mendapat berkah Ramadan dengan saling memaafkan. aqabbalallahu minna waminkum dan Minal Aidin Wal Faidzin mohon maaf lahir dan Bathin"


2. "Idulfitri bukan sekedar perayaan hari keagamaan namun jadikan sebagai cara merefleksi untuk memotivasi diri yang diimplementasikan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari hari, menjalankan perintah Allah SWT terutama peduli sesama melalui zakat fitrah dan memohon maah lahir bathin bukan hanya pada hari besar ini, kataucapanselamatcg menyampaikan Selamat merayakan hari Idulfitri 1 Syawal 1443 H Tahun 2022"


3. "Selamat merayakan hari Idulfitri 2022/1443H. May this Eid fills your life with the brightest of colours. Here’s wishing you and your family a very happy Eid!


4. "Idul Fitri bukanlah akhir dari kisah kita untuk menjadi lebih baik di dunia ini. Jadi, biarkan saat ini membimbing kita untuk melihat cara yang tepat untuk menjadi lebih baik. Mohon maaf lahir & batin, Selamat merayakan hari Idulfitri 1 Syawal 1443H dari kataucapanselamatcg.blogspot.com"

https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/
Gambar: Kata Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Terbaru



5. "Selamat merayakan hari Idulfitri 1 Syawal. Kita tingkatkan semangat kebersamaan dan kesatuan ummat yang beruswatun khasanah atau pekerti mulia."


6. "Melalui perayaan hari Aidilfitri, Mata tak selamanya mawas menelisik, telinga tak selalu jernih menengarai, pun, fikir terkadang acapkali malah kaprah mencerna adil. Maka bertumpuklah dosa kemudian. Maafkanlah, setinggi-tingginya lahir dan batin. Semoga 'fitri' memberi damai bagi indonesia kita. "


7. "Selamat merayakan hari Idulfitri. Tantangan Ramadan kali ini mungkin lebih berat, namun kita berhasil meraih kemenangan. Ambil smartphone-mu, ucapkan maafmu, untuk orang di sekitarmu dan mereka yang menunggumu pulang, mohon maaf lahir dan batin."


8. "Taqabbalallahuminna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum. kataucapanselamatcg.blogspot.com mengucapkan Selamat Idul Fitri 1443 H. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menikmati keberkahan dan kebahagiaan di hari yang fitri bersama orang-orang terkasih."


9. "kataucapanselamatcg.blogspot.com mengucapkan Selamat hari Idul Fitri 1443 H. Jadikan semangat dari pandemi covid19 di Ramadhan dan lebaran Aidilfitri untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan pelajaran pelajaran yang dicontohkan Baginda Rasulullah."


10. "Tiada terasa, Ramadhan telah selesai membasuh hati yang berjelaga, kini saatnya kita semua meraih rahmat dan ampunan-Nya, Selamat hari Idul Fitri 2020"


11. "Selamat hari Idul Fitri 2022. Taqabbalallahu minna wa minkum semoga selalu sehat dan selamat dunia akhirat. Semoga Allah menerima ibadah kita. Mohon maaf lahir dan batin."


12. "Jadikanlah semangat perayaan Idulfitri sebagai motivasi untuk menciptakan Generasi yang Unggul peduli dan Islami, Selamat Idul Fitri 24 Mei 2020!"


13. "Selamat Idulfitri. penutup di bulan suci ramadhan, semoga tahun berikutnya bertemu dengan suasananya yang lebih baik."


14. "Untuk Kakak, pacar, Keluarga, dan teman yang merayakan, Semoga sukacita lebarannya tetap luar biasa, walaupun suasana lebaran kali ini lebih unik dari biasanya, Selamat Idulfitri 2022 1 Syawal 1443H"

https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/


15. "Selamat merayakan hari raya Idulfitri 2022. Semoga damai selalu menyertai seluruh umat Islam di dunia!."


16. "Semoga banyak hikmah yang kita dapat dalam merayakan lebaran di tahun ini, Selamat merayakan hari raya Idulfitri 2022 1443H"


17. "Selamat merayakan hari raya Idulfitri 2022M /1443H. Kedamaian telah datang dengan pelajaran yang dapat dipetik dari makna ibadah puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan apada masa pandemi virus corona dan ini sejarah sekali seumur hidup."


18. "Mohon maaf Lahir dan batin. Semoga kita semua sehat dan penuh berkah, hari raya Idulfitri 1443H 2 Mei 2022"


19. "kataucapanselamatcg mengucapkan Selamat hari raya Idulfitri 1443H 2 Mei 2022!. Taqobalallahu minna wa minkum taqobbal yaa kariim."


20. "mohon maaf lahir & batin, karena sesungguhnya orang yang mulia adalah orang yang mau memaafkan kesalahan orang lain, bersihkan diri, sucikan hati di hari yang fitri ini, Selamat Idulfitri untuk hari raya 1443H 2 Mei 2022!"


21. "Selamat 2 Mei 2022. Rayakan Idulfitri untuk hari ini dengan saling Mohon maaf lahir batin. mohon maaf lahir batin Mari sucikan hati dan kembali bersih, rayakan lebaran."


22. "Minalaidinwalfaizin mohon maaf lahir dan batin, selamat lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443 H 2022"


23. "selamat Hari Raya lebaran 1443 H 2022. Semoga Aidilfitri membawa kedamaian, berkah Dan kegembiraan untuk Anda serta keluarga."


24."Semoga Anda dan Keluarga Anda diberkahi saat-saat penih hikmah tentang Aidilfitri Minal Aidin Wal Faizin- Mohon Maaf Lahir & Batin. Eid ul fitr Mubarak 1443 H 2022."


25. "Eid al-fitr Mubarak 1443 H 2022. Semoga Anda merayakan Idulfitri dengan gembira
Tak terasa, Idul Fitri telah tiba.
Tetap jaga kesehatan di hari kemenangan.
Mohon maaf lahir dan batin.!"


26. "Kata terindah adalah ALLAH,
Lagu yang paling menakjubkan adalah AZAN,
Buku sempurna dunia adalah QURAN,
sangat beruntung jika Anda seorang MUSLIM.
Eid al-fitr Mubarak 1443 H 2022 kataucapanselamatcg.blogspot.com"


27. "Eid Mubarak 1443 H 2022. Semoga Anda dan Keluarga Anda Mendapat berkah di perayaan Idul Fitri."


28. "Hari ini adalah hari kemnangan, selamat merayakan.
Semoga Anda dan Keluarga mendapatkan berkah juga saat-Saat yang menyenangkan pada perayaan Idulfitri dan Mari putus rantai penularan Covid-19 dengan TidakMudik dan tetap Di Rumah Aja, Idulfitri 2022!"


29. "Idulfitri 2022!. Syawal 1443 Hijriyah telah tiba awal hari ini dengan saling memaafkan, tebarkan kepedulain, Kasih Sayang, Amal, Persaudaraan & Toleransi."


30. "Hari ini adalah hari kemenangan, jadi kita perlu mengingatnya lebih banyak kepedulian dan berdoa lagi? Bukankah kita seharusnya melakukan itu setiap hari? Idulfitri sambut hari raya!"


31. "sambut hari raya. Saling memaafkan. Ikhlas. Kembali fitri lahir batin. Taqabbalallahu minna wa minkum. Amiin."


32. "Selamat menyambut perayaan Idulfitri 1443 H.
كل عام وانتم بخير
Semoga Kita Semua Menjadi Manusia Yang Lulus dan Tulus hari ini dan selalu.


33. "selamat merayakan Idul Fitri bagi Anda yang merayakan. Minal aidzin walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin."


34. "Selamat menyambut perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1443H. Melalui Idul Fitra juga perayaan Idulfitri kita bisa meningkatkan kualitas iman dan ketakwaan kita, sehingga sikap keberagamaan kita tidak hanya tampak dalam bentuk ritualitas keagamaan secara indifidual (religiousness) tetapi juga memberikan tuntunan di dalam sikap dan perilaku sosial (religious mindedness)."


35. "kataucapanselamatcg mengucapkan selamat merayakan dan melaksanakan hari raya Idulfitri, bahwa kita sebagai umat beragama harus menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama, dan meningkatkan tali persaudaraan antar sesama umat beragama."


36. "Selamat hari raya Idulfitri 1 Syawal 1443 Hijriyah, Sebuah Intisari perjalanan kemenangan yang agung menuju kesempurnaan iman dan takwa sebagai intisari-intisari kehidupan."
https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/




37. "Selamat merayakan Idulfitri dan selamat memperingati lebaran. Semoga telah lebur dosa-dosa kita. Semoga kembali suci diri kita. Selamat merayakan hari kemenangan setelah menjalani satu bulan penuh ampunan dan pantangan."


38. "Jika Idul Fitri adalah Lentara
Maka izinkanlah membuka takbirnya dengan maaf
Supaya cahaya yang fitri ini menembus jiwa dari tiap khilaf


39. "Jadikan makna dan pemaknaan atas perayaan Idulfitri. Bukan sekedar mengucapkan selamat merayakan Idul Fitrah atau Idul Fitri namun maknai sebagai motivasi diri sendiri untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang maha Pencipta Allah SWT."


40. "kataucapanselamatcg menyampaikan pesan Selamat merayakan Idul fitri semoga Setiap kali kita merayakan hari kemenangan ini, kita harus naik menjadi lebih baik, harus selalu mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik."


41."Cahaya diantara cahaya. Allah membimbing siapa yang Dia kehendaki menuju cahaya" (Al-Qur'an Surah 24 : 35). Selamat merayakan Idulfitri 144a H. Semoga hikmah dan kebahagiaanya selalu menyertai kita semua Aaamiin."


Semoga Anda telah menemukan pencarian untuk ucapan dan kata-kata hari Idulfitri di kataucapanselamatcg.blogspot.com Silahkan bagikan kutipan tersebut menyesuaikan tema dari kebutuhan di hari Idul Adha maupun Idul Firi pada lebaran tahun ini.
Bagikan:

0 Response to "INILAH KUMPULAN KATA MAAF DAN UCAPAN SELAMAT IDULFITRI 1443 H 2021 - 2022"

Posting Komentar