HARI RAYA GALUNGAN DAN KUNINGAN

Hari Raya Galungan dan Kuningan


Baca juga: 10 Ucapan Selamat Hari Kuningan Tahun 2023, Penuh Makna, Inspiratif dan Motivasi

Hari Rabu, 4 Januari 2023 dan Rabu, 2 Agustus 2023 adalah Hari Raya Galungan. Sedangkan, Hari Raya Kuningan jatuh pada Sabtu, 14 Januari 2023 dan Sabtu, 12 Agustus 2023. Kedua hari raya ini hari suci bagi umat Hindu. Galungan merupakan hari raya kemenangan Dharma (kebenaran) melawan aDharma (kejahatan), sedangkan Kuningan merupakan hari raya untuk mensyukuri dan mengucapkan rasa terimakasih atas berkat dan rahmat yang telah diberikan selama ini.


Baik hari raya Galungan dan Kuningan selalu diawali dengan kegiatan penyajaan dan penampahan, dimana biasanya umat Hindu mengambil libur untuk mempersiapkannya. Penyajaan, yang mempunyai asal kata ‘jaja’ dan berarti kue, merupakan hari dimana setiap rumah tangga disibukkan untuk mempersiapkan berbagai macam kue untuk sesajen. Penampahan, yang mempunyai asal kata ‘tampah’ dan berarti memotong hewan, merupakan hari dimana setiap rumah tangga memasak sayur-sayuran dan daging untuk menyambut hari raya tersebut. Khusus untuk hari raya Kuningan, sesuai dengan namanya, secara khusus, sesajen yang dipersiapkan dilengkapi dengan nasi kuning, sebagai lambang kemakmuran. Dalam menyambut hari raya Galungan, umat Hindu juga umumnya membuat Penjor yang dihiasi dengan hiasan janur dan digantungi berbagai hasil bumi dan sandang. Penjor ini merupakan simbol penghormatan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat yang telah diberikan selama ini, khususnya dalam hal sandang dan pangan.


Demikian ulasan ringkas tentang apa sebenarnya Hari Raya Galungan dan Kuningan yang umumnya dirayakan secara ‘meriah’ di Bali. Bagi keluarga besar kataucapanselamatcg, tentunya, kedua hari raya ini merupakan waktu-waktu dimana kita bisa berkumpul dan makan bersama dengan kerabat dan keluarga dengan makanan-makanan khusus hari raya. Di samping itu juga kedua hari raya ini juga kesempatan bagi keluarga besar kataucapanselamatcg, khususnya merenung tentang hidup dan kebenaran, karena kesucian hidup dapat dirasakan dengan amat sangat, saat kita bersembahyang keliling dan berkunjung ke pura-pura tempat kita menghaturkan sesajen.


Admin sekeluarga di kata ucapan selamat terbaru turut mengucapkan:


Nyanggra Rahina Jagat Galungan Lan Kuningan

Selamat Hari Raya Galungan Dan Kuningan

Terimakaasih telah membaca, juga semoga semua mahluk hidup berbahagia.
Bagikan:

0 Response to "HARI RAYA GALUNGAN DAN KUNINGAN"

Posting Komentar