Selamat Hari Raya Gulungan dan Kuningan

Bertepatan dengan adanya dua Hari Raya Umat Hindu yaitu Hari Raya Suci Galungan yang jatuh pada hari Rabu 4 januari 2023 yang akan diikuti dengan perayaan Hari Raya Suci Kuningan pada hari Sabtu tanggal 14 januari 2023, seluruh keluarga besar kataucapanselamatcg mengucapkan “Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan bagi Anda yang merayakannya. Semoga kita semua berada dalam lindungan Ida Sanghyang Widhi Wasa.”


Hari Raya Gulungan dan Kuningan
Hari Raya Gulungan dan Kuningan (Twibbonize)




Hari Raya Kuningan atau sering disebut Tumpek Kuningan jatuh pada hari Sabtu, Kliwon, wuku Kuningan. Pada hari ini umat melakukan pemujaan kepada para Dewa, Pitara untuk memohon keselamatan, kedirgayusan, perlindungan dan tuntunan lahir-bathin.


Makna Galungan menurut keluarga besar kataucapanselamatcg adalah berkifir, berkata, serta berbuat yang positif dimana kita mengimplementasikannya pada kehidupan sehari-hari sehingga saya dan keluarga dapat merasa lebih ceria, lebih bahagia, serta ringan dalam melaksanakan aktifitas-aktifitas agama.


Galungan itu adalah saat dimana kita memahami agama baik teori maupun prakteknya. Sedangkan saat Kuningan, kita memaknai dan merayakannya dengan meyakini bahwa para leluhur kita telah hadir saat itu dan kita dapat menyambutnya dengan tapa brata serta introspeksi diri atau mulat sarira.


Dalam memaknai rangkaian Hari Raya Suci Galungan yang jatuh pada hari Rabu 4 januari 2023 ialah sebagai masa kita melawan adharma atau segala keburukan yang ada baik di dunia maupun di dalam diri hingga mencapai dharma atau kedamaian yang sejati, jadi pada hari raya Galungan kita merayakan kemenangan dharma melawan adharma itu sendiri, dan pada keesokan harinya atau sehari setelah Galungan yaitu “manis Galungan” kita menerima buah/buah manis atau hasil-hasil dari kemenangan dharma.


Seluruh keluarga besar kataucapanselamatcg.blogspot.com mengucapkan “Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan bagi Anda yang merayakannya. Semoga kita semua berada dalam lindungan Ida Sanghyang Widhi Wasa.” (cg/kataucapanselamatcg)
Bagikan:

0 Response to "Selamat Hari Raya Gulungan dan Kuningan"

Posting Komentar