Hari Raya Kuningan

Foto tempat wisata pantai pandawa pulau Bali.
Foto tempat wisata pantai pandawa pulau Bali. (Bali, Indonesia)


KATAUCAPANSELAMATCG.BLOGSPOT.COM-Hari Raya Kuningan merupakan salah satu hari besar umat Hindu di Indonesia yang dirayakan 10 hari setelah Hari Suci Galungan. Tahun ini, Hari Raya Kuningan jatuh pada hari Sabtu (14/1/2023).


Dalam peringatan hari raya Kuningan, Umat Hindu di Bali melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Sakenan di Pulau Serangan.


Saat ini Umat Hindu di Bali sedang merayakan hari raya Kuningan tanggal 14 Januari 2023 yang berlangsung setelah 10 hari setelah hari raya Galungan yang jatuh pada tanggal 4 Januari 2023 lalu.


Makna Galungan diperingati sebagai menyambut turunnya Dewa dan leluhur untuk menemui keluarga sedangkan Kuningan digelar memperingati kembalinya para Dewa dan Leluhur kembalu ke surga.


Banyak warga Bali yang ikut melaksanakan persembahyangan mengatakan Galungan dan Kuningan dirayakan sebanyak dua kali dalam setahun kalender Masehi (kalender yang kita pakai) Jarak antara Galungan dan Kuningan ialah 10 hari yang diperhitungkan berdasarkan kalender Bali.


"Ketika Hari Raya Kuningan dirayakan umat Hindu akan melaksanakan persembahyangan dengan memohon keselamatan, perlindungan, kedamaian, dan tuntunan lahir batin".


Warga umat Hindu khususnya menyambut Hari raya Galungan dan Kuningan identik dengan penjor. Penjor dipasang umat Hindu yang merayakan hari raya sebagai ucapan syukur kepada Ida Hyang Widi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa).


"Seperti tahun-tahun yang lalu, dalam peringatan sebelumnya banyak didepan rumah warga berhiaskan Penjor berbahan bambu sepanjang 6 meter ke atas dan dihiasi janur atau daun aren muda. Penjor kemudian dihiasi dengan hasil bumi seperti padi, kelapa, biji-bijian dan jajanan".


Memaknai hari raya kuningan tahun ini dan di pasca pandemi COVID-19 saat ini, Banyak Warga umat Hindu berharap semuanya dapat dilaksanakan secara aman dan sebagai umat manusia agar selalu mengucap syukur dan selalu berbakti kepadaNya.

Baca juga: 10 Ucapan Selamat Hari Galungan Tahun 2023, Penuh Makna, Inspiratif dan Motivasi

"Semoga umat manusia tidak melupakan kewajiban untuk selalu berbakti kepadaNya dan tidak lupa bersyukur akan nikmat, anugerah yang telah diberikan kepada kita." Amin.


Kita mesti bersyukur Bali Indonesia sangat terkenal di dunia, demikian yang bisa dibagikan Kataucapanselamatcg.blogspot.com, selamat menjalankan aktivitas kembali***
Bagikan:

0 Response to "Hari Raya Kuningan"

Posting Komentar