Selamat Hari Lahan Basah Sedunia

Selamat Hari Lahan Basah Sedunia.
Gambar Selamat Hari Lahan Basah Sedunia. /WorldWetlandsDay2023


Kataucapanselamatcg.blogspot.com-Pada tanggal 2 Februari, masyarakat dunia memperingati Hari Lahan Basah Sedunia. Adapun pada peringatan Hari Lahan Basah Sedunia tahun ini mengambil tema "Wetland Restoration" atau Restorasi Lahan Basah, dimana tema ini berarti "kampanye" atau ajakan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang apa itu lahan basah dan bagaimana cara masyarakat dapat berkontribusi untuk memulihkannya.


Sekaranglah saatnya keberanian yang tak terbendung untuk menjaga dan melindungi ekosistem kita, lingkungan kita, bumi kita, bersama-sama, kita harus berkontribusi untuk restorasi Lahan Basah di daerah Kita.


Sejarah mencatat, hari ini menandai ulang tahun penandatanganan Konvensi Lahan Basah Internasional (Konvensi Ramsar) di Ramsar, Iran, pada 2 Februari 1971. Sejak 1997, Hari Lahan Basah Sedunia telah digunakan untuk:
  1. meningkatkan kesadaran publik akan nilai dan manfaat lahan basah.
  2. mempromosikan konservasi dan penggunaan lahan basah secara bijak.


Misi Konvensi Ramsar adalah konservasi dan pemanfaatan yang bijak dari semua lahan basah melalui tindakan lokal dan nasional dan kerjasama internasional, sebagai kontribusi untuk mencapai pembangunan berkelanjutan di seluruh dunia.

Lahan basah berfungsi sebagai sumber dan pemurni air, pelindung pantai dan penyimpan karbon terbesar di planet ini. Lahan basah juga sangat penting untuk pertanian dan perikanan.


Sementara fokus utamanya adalah pada membalikkan kehilangan lahan basah yang cepat dan mendorong tindakan untuk melestarikan dan merestorasikannya. "Jika kita ingin menginspirasi tindakan, kita juga harus membangkitkan empati yang lebih besar terhadap ekosistem yang menghilang dengan cepat ini. Poster dan materi pesan lainnya tersedia di sini untuk membantu Anda menyebarkan berita," tulis organisasi World Wetlands Day.


Inilah saatnya untuk merestorasi semuanya, tindakan dapat dilakukan dengan menyebarkan berita pentingnya ekosistem. Seperti contoh dari lahan basah antara lain bakau, lahan gambut, rawa-rawa, sungai, danau, delta, daerah dataran banjir, sawah, dan terumbu karang.

Baca juga : KATA UCAPAN SELAMAT HARI LAHAN BASAH TERBARU

"Sekaranglah saatnya keberanian yang tak terbendung untuk menjaga dan melindungi ekosistem kita, lingkungan kita, bumi kita, bersama-sama, kita harus berkontribusi untuk restorasi Lahan Basah di daerah Kita," tulis World Wetlands Day.

-----

Keluarga besar Kataucapanselamatcg.blogspot.com- mengucapkan selamat tanggal 2 Februari 2023


Sumber : World Wetlands Day
Bagikan:

0 Response to "Selamat Hari Lahan Basah Sedunia"

Posting Komentar