SELAMAT HARI LAHAN BASAH SEDUNIA TAHUN 2023

SELAMAT HARI LAHAN BASAH SEDUNIA.
Gambar Selamat Hari Lahan Basah Sedunia. /WWD2023


Tanggal 2 Februari diperingati sebagai Hari Lahan Basah Sedunia (HLBS), yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan peran penting lahan basah bagi manusia dan bumi kita. Peringatan ini merupakan tindak lanjut atas disepakatinya Konvensi Internasional tentang lahan basah, tepatnya tanggal 2 Februari 1971 di kota Ramsar – Iran.


Lahan basah adalah wilayah daratan yang jenuh atau tergenang air baik secara permanen maupun musiman. Lahan basah pedalaman meliputi lahan gambut, kolam, danau, sungai, dataran banjir, dan rawa. Lahan basah pesisir meliputi rawa air asin, muara, bakau, laguna, dan terumbu karang. Tambak dan sawah adalah lahan basah buatan manusia.


Tema HLBS tahun 2023 ini adalah ”Restorasi Lahan Basah”. Tema ini menyoroti kebutuhan mendesak untuk memprioritaskan restorasi atau menghidupkan kembali dan memulihkan lahan basah yang terdegradasi 35% lahan basah dunia telah hilang dalam 50 tahun terakhir.


Lahan basah merupakan penyangga kehidupan dengan fungsi sebagai berikut:


1. Penyedia air bersih

Lahan basah menyimpan dan menyediakan air, serta secara alami menyaring polutan.


2. Sumber pangan

Dengan memperbaiki praktek pengelolaan air dan pertanian di lahan basah, ketahanan pangan jangka panjang dapat terjamin dan keanekaragaman hayati pun meningkat.


3. Kesejahteraan

Lahan basah seringkali dijadikan sebagai penggerak ekonomi lokal. Lebih dari satu miliar orang bergantung pada lahan basah sebagai sumber penghasilan.


4. Habitat flora dan fauna

Sekitar 40% spesies makhluk hidup berkembang biak di lahan basah dan setiap tahun sekitar 200 spesies ikan baru ditemukan di lahan basah air tawar.


5. Penyimpan karbon

Lahan basah merupakan salah satu penyimpan karbon permukaan (top carbon) bumi. Dengan melestarikan dan memulihkan lahan basah kita dapat mengurangi emisi karbon.


6. Melindungi dari bencana

Lahan basah memberikan perlindungan dari banjir dan badai dengan menyerap 1,5 juta galon air pada setiap hektar lahan basah. Lahan basah juga dapat membantu mengatur iklim


(Sumber artikel kataucapanselamatcg.blogspot.com: www.worldwetlandsday.org)
#GenerationRestoration
#ForWetlands #WorldWetlandsDay2023
#WorldWetlandsDay
#HariLahanBasahSedunia
Bagikan:

0 Response to "SELAMAT HARI LAHAN BASAH SEDUNIA TAHUN 2023"

Posting Komentar