Sejarah dan Ucapan Hari Valentine

Selamat Hari Valentine, Sobat Kataucapanselamatcgblogspotcom!
Seorang perempuan Jepang memberikan cokelat Honmei choco pada pasangan tersayang (PAKUTASO/Kimochiwoippai20130208)



Hari Valentine atau Valentine's Day merupakan hari kasih sayang yang dirayakan pada bulan Februari.


Setiap tahunnya, hari kasih sayang disebut juga Hari Santo Valentinus tersebut dirayakan pada tanggal 14 Februari. Adapun pada tahun ini, Valentine's Day 2023 akan jatuh pada Selasa, 14 Februari 2023.


kasih sayang
Ilustrasi tradisi Valentine's Day (PAKUTASO/Cg)



Sejarah Hari Valentine

Hari Valentine merupakan hari pesta umat Kristen sebagai penghormatan kepada martir Kristen yang Bernama Santo Valentinus. Valentinus adalah pelindung orang-orang yang sedang jatuh cinta. Dan karena itulah di banyak negara tanggal 14 Februari (tanggal yang dia diduga dibunuh pada 269 M) adalah hari kasih sayang. Tetapi martir Kristen dari Roma Kuno itu sekarang memiliki wajah baru, yang sangat berbeda dengan gambaran sebelumnya.


Sebagai gambaran sebelumnya, bahwa sejarah perayaan maupun peringatan Hari Valentine bermula dari kematian seorang imam dan uskup di Terni, Italia, bernama Santo Valentine atau yang dikenal sebagai Valentinus pada 269 M. Pada saat itu, St. Valentine dikenal sebagai pendeta yang sangat taat beragama dan selalu senang membantu orang lain.


Dilansir kataucapanselamatcg.blogspot.com dari wikipedia, Ada beberapa kisah martirdom yang diasosiasikan dengan berbagai santo Valentinus yang terkait dengan 14 Februari, termasuk catatan pemenjaraan Santo Valentinus di Roma karena melayani orang Kristen yang ditindas oleh Kerajaan Romawi pada abad ke-3. Menurut tradisi kuno, Santo Valentinus mengembalikan penglihatan anak perempuan dari pemenjaranya. Penambahan-penambahan ke legendanya lebih mengaitkannya ke tema percintaan: pembubuhan legenda pada abad ke-18 mengkalim bahwa dia menulis surat ke anak perempuan pemenjaranya yang ditandatangani "Valentine-mu" sebagai pamitan sebelum eksekusi; salah satu tradisi lain menyatakan bahwa Santo Valentinus melakukan pernikahan untuk prajurit Kristen yang tidak boleh menikah.


Tidak hanya samapi disitu, Dilansir kataucapanselamatcg.blogspot.com dari berbagai sumber bahwa di Indonesia, selain Hari Valentine, terdapat perayaan atau peringatan penting lain pada tanggal 14 Februari 2023, yakni masyarakat Indonesia memperingati pemberontakan pasukan PETA atau Pembela Tanah Air.


Tradisi Valentine

Sebagai salah satu tradisi di Jepang, di mana sang penerima hadiah di Hari Valentine harus memberikan balasannya di 14 Maret.


Adapun berikut tradisi-tradisi unik yang rutin dilaksanakan saat Valentine bukan cuma di Jepang dan Indonesia yang dikutip dari Cgkata!
  • White Day dan Black Day, Korea Selatan - Di hari Valentine, para perempuan memberikan cokelat pada sang pujaan hati. Lalu, pada 14 Maret, tepatnya saat White Day, para pria akan membalas pemberian tersebut. Pria dan wanita jomblo akan mengenakan pakaian serba hitam dan kumpul bareng sambil menyantap jjajangmyeon atau mi kacang hitam. Hari itu dikenal dengan sebutan Black Day.
  • Pemberian Hadiah untuk Sahabat, Meksiko - Tradisi perayaan Valentine di Meksiko tidak hanya memberikan hadiah pada kekasih saja. Di sana, 14 Februari juga dikenal sebagai hari pertemanan. Hadiah yang kerap diberikan pada teman di hari tersebut adalah bunga, balon, boneka binatang, dan kartu ucapan.
  • Honmei Choco dan Giri Choco, Jepang - Tradisi ini dilakukan oleh para perempuan Jepang yang akan memberikan dua jenis cokelat di hari Valentine, yaitu honmei choco dan giri choco. Honmei choco diberikan pada gebetan atau pasangan, sedangkan giri choco untuk teman atau kolega. Nantinya, para pria akan membalas pemberian tersebut saat White Day di tanggal 14 Maret.
  • Hari Pertemanan, Finlandia - Sama seperti di Meksiko, hari Valentine juga dikenal sebagai hari pertemanan di Finlandia. Tentunya para jomblo di negara tersebut tidak akan merasa sendiri karena dapat merayakan hari kasih sayang bersama teman-teman.



Rekomendasi Ucapan Valentine

Adapun berikut rekomendasi ucapan untuk dikirimkan kepada kerabat dan teman yang merayakan Hari Valentine!


1. Hari ini menjadi momentum untuk kita lebih bisa lebih menyayangi orang-orang di sekitar kita dan juga diri kita sendiri. Sebarkan kasih sayang, bukan kebencian.!


2. Sebarkan cinta dan kedamaian, agar kita kita lebih bisa lebih menyayangi orang-orang dan jadikan Indonesia tempat tinggal yang lebih baik, Selamat Hari Valentine 2023!


3. Hari ini adalah hari kasih sayang & cinta. Kami ingin mengirimkan ucapan cinta dan harapan terbaik untuk kamu & orang-orang yang kamu cintai. Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebahagiaan & kenangan indah. Selamat Hari Valentine pasanganku tersayang!


4. Sebarkan kasih sayang dan semoga damai menyertaimu selama perayaan yang dipenuhi cinta ini. Selamat hari Valentine yang penuh kebahagiaan & kenangan indah!


Tags : #sejarah valentine #ucapan valentine #tradisi valentine #valentine
Bagikan:

0 Response to "Sejarah dan Ucapan Hari Valentine"

Posting Komentar