Sejarah dan Ucapan Hari Isra Miraj

Selamat Hari Isra Miraj, Sobat Kataucapanselamatcg!
Umat Islam melaksanakan salat yang bisa dilakukan pada malam hari, salat tahajud di masjid (UNSPLASH/Sangga Rima Roman Selia)


Hari Isra Miraj atau Isra' dan Mikraj merupakan hari suci agama Islam yang diperingati pada bulan Rajab.


Setiap tahunnya, hari peringatan tersebut diperingati pada tanggal yang berbeda karena seiring dengan kalender Hijriah di bulan Rajab. Adapun pada tahun ini, Isra' dan Mikraj 27 Rajab 1444 H akan jatuh pada Sabtu, 18 Februari 2023.


Islam
Ilustrasi Sholat dhuha, amalan sunnah bagi umat Islam (UNSPLASH/Rumman Amin)



Sejarah Hari Isra Miraj

Hari Isra Miraj merupakan Isra Mi'raj merupakan peristiwa bersejarah bagi umat islam, yaitu ketika Nabi Muhammad SAW. melakukan perjalanan di malam hari dari Masjidil Haram ke di Makkah menuju Masjid Al-Aqsa atau Baitul Maqdis di Palestina. Dan naiknya Nabi Muhammad SAW dari Masjid Al-Aqsa menuju Arasy untuk menghadap Allah Swt.


Untuk diketahui Sobat Kataucapanselamatcg! bahwa peristiwa Isra Mi'raj terbagi dalam dua peristiwa yang berbeda. Dalam Isra, Nabi Muhammad SAW "diberangkatkan" oleh Allah SWT dari Masjidil Haram hingga Masjidil Aqsa. Lalu dalam Mi'raj Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi.


Haram di Makkah menuju Masjid Al-Aqsa atau Baitul Maqdis di Palestina. Mi'raj berarti naik ke atas. Menurut istilah Mi'raj adalah naiknya Nabi Muhammad SAW dari Masjid Al-Aqsa menuju Arasy untuk menghadap Allah Swt.


Meskipun dalam tinjauan sejarah waktu terjadinya Isra' Mi'raj masih diperdebatkan oleh para ulama, namun ada beberapa pendapat ulama yang menyebutkan bahwa Hari Isra Miraj terjadi pada 27 Rajab, salah satunya adalah al-Allamah al-Manshurfuri. Menurut al-Allamah al-Manshurfuri, Isra Mikraj terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-10 kenabian, dan inilah yang populer. Namun dilansir kataucapanselamatcg.blogspot.com dari Wikipedia, Shafiyurrahman al-Mubarakfuri menolak pendapat tersebut dengan alasan karena istri pertama Muhammad, Khadijah meninggal pada bulan Ramadan tahun ke-10 kenabian, yaitu 2 bulan setelah bulan Rajab, dan saat itu belum ada kewajiban salat lima waktu. Al-Mubarakfuri menyebutkan 6 pendapat tentang waktu kejadian Isra Mikraj. Tetapi tidak ada satupun yang pasti. Dengan demikian, tidak diketahui secara persis kapan tanggal terjadinya Isra Mikraj.


Meskipun demikian, umumnya Isra Miraj diperingati setiap tahun pada kalender Hijriah tepatnya di bulan Rajab.


Dalam buku "Kisah Isra dan Miraj Nabi Muhammad SAW" oleh Syofyan Hadi menceritakan kisah perjalanan Isra Miraj yang dijelaskan Allah SWT pada surah berbeda di dalam Al-Quran.


Amalan Sunnah Isra Miraj

Umat Islam melaksanakan salat sunnah yang bisa dilakukan salah satunya adalah salat qobliyah ba'diyah, salat dhuha hingga salat tahajud.


Selain itu amalan-amalan sunnah yang umumnya dilakukan umat Islam dalam menyambut Hari Isra Miraj seperti Membaca Al-Quran. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Isra ayat 82:


نُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا


Artinya: Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.


Rekomendasi Ucapan Hari Isra Miraj

Adapun berikut rekomendasi ucapan untuk dikirimkan kepada kerabat dan teman yang memperingati Hari Isra Miraj!


1. Sebagai umat Rasulullah, marilah kita berusaha semaksimal mungkin untuk meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW. semoga syafaat Nabi selalu menyertai kita semua!


2. Semoga keberkahan selalu melimpahi kita semua, Selamat Hari Isra Miraj 2023!


3. Jadikan Kisah Rasul Sebagai Ibrah atau Pelajaran. Amalkan dalam praktik kehidupan sehari-hari agar dapat menguatkan iman yang ada dalam diri juga tingkatkan semangat melaksanakan salat wajib dibarengi sunnahnya. Selamat Hari Isra Miraj 27 Rajab 1444 Hijriah!


4. Semoga kita bisa selalu meneladani akhlak mulia beliau sepanjang hari. Selamat memperingati Hari Isra Miraj berharap agar kita selalu berbuat Baik dalam Kehidupan Sehari-hari!


Tags : #sejarah Isra Miraj #ucapan Isra Miraj #amalan sunnah Isra Miraj #Isra Miraj
Bagikan:

0 Response to "Sejarah dan Ucapan Hari Isra Miraj"

Posting Komentar