SELAMAT HARI AIR SEDUNIA TAHUN 2023

https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/
Gambar kata mutiara tema ucapan selamat hari pengelolaan air sedunia 2023!

Ayo kita ramaikan Hari Air Sedunia dengan pesan bijak. (ilustrasi pesan: hariair2023)


Tanggal 22 Maret ditetapkan sebagai Hari Air Sedunia (World Water Day), sesuai kesepakatan sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tanggal 22 Desember 1992. Hari Air Sedunia menjadi peringatan untuk menyadarkan masyarakat dunia akan pentingnya air bersih dan pengelolaan sumber air yang berkelanjutan.


Tema Hari Air Sedunia tahun 2023 adalah “Groundwater: Making the Invisible Visible” atau “Air Tanah: Membuat Yang Tak Terlihat Menjadi Terlihat”. Tema ini bertujuan untuk menyoroti betapa pentingnya air tanah bagi lingkungan kita. Berikut adalah beberapa fakta air tanah:
  1. Air tanah menyumbang sekitar setengah dari semua air minum kita.
  2. Air tanah menyediakan 40% air untuk irigasi pertanian.
  3. Masyarakat yang tidak memiliki akses air bersih memandang air tanah sebagai alternatif sumber air minum.



Air merupakan salah satu sumber kehidupan yang dibutuhkan setiap makhluk yang hidup di bumi. Secara umum, jenis-jenis air di bumi dibedakan menjadi dua, yakni air permukaan dan air tanah. Seperti namanya, air permukaan berada di permukaan bumi dan dapat kita lihat dengan jelas. Misalnya air sungai, air laut dan air danau. Sementara itu, air tanah tersimpan jauh di dalam lapisan tanah.


Air tanah sendiri terbagi menjadi beberapa macam. Ada air tanah permukaan, sungai bawah tanah, geiser dan lain sebagainya. Karena letaknya yang berada di dalam tanah, jenis air ini lebih aman dari bakteri pathogen dan bisa langsung dikonsumsi jika sumber air benar- benar berada di lingkungan yang bebas. Sifat-sifat air tanah tersebut sangat menguntungkan dan bermanfaat bagi kehidupan, terutama kehidupan manusia.


Selain dikonsumsi, air tanah yang tak terlihat menjadi terlihat tentunya memiliki manfaat lain yakni menyediakan air bersih secara alami, berperan penting dalam siklus hidrologi, dapat digunakan untuk mengairi lahan pertanian dan berbagai manfaat lainnya. Begitu banyak manfaat air tanah sehingga jenis air ini harus dilestarikan keberadaannya.


Untuk melestarikan dan menjaga agar air tanah tersedia dengan kuantitas dan kualitas yang memadai, perlu dilakukan upaya konservasi air. Konservasi sumber daya air sebagai salah satu upaya pengelolaan sumber daya air dimaksudkan untuk menjaga dan mempertahankan kelangsungan dan keberadaan sumber daya air, termasuk daya dukung, daya tampung, dan fungsinya. Konservasi sumber daya air dapat dilakukan melalui kegiatan perlindungan dan pelestarian sumber daya air, pengawetan air, pengelolaan kualitas air, serta pengendalian pencemaran air, dengan mengacu pada pola pengelolaan sumber daya air pada setiap wilayah sungai, dan dipakai sebagai acuan dalam perencanaan tata ruang.


Konservasi sumber daya air dilaksanakan pada sungai, danau, waduk, rawa, cekungn air tanah, sistem irigasi, daerah tangkapan air, kawasan suaka alam, kawasan pelestarian alam, kawasan hutan dan kawasan pantai.


“Perlindungan dan Pelestarian Sumber Air Membuat Yang Tak Terlihat Menjadi Terlihat”


Perlindungan dan pelestarian sumber daya air dimaksudkan untuk melindungi dan melestarikan sumber air beserta linkungannya terhadap kerusakan dan gangguan yang disebabkan oleh daya alam dan aktifitas manusia, dan dipakai sebagai dasar untuk penatagunan lahan, agar sumber daya air dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan.


Pada dasarnya setiap orang dilarang melakukan kegiatan yang dapat menyebabkan rusaknya sumber air dan prasarananya, menurunnya potensi sumber air, serta mengakibatkan terjadinya pencemaran air dan sumber daya air.


Upaya pelestarian sumber air yang menjadi dasar dalam penatagunaan lahan, secara umum dapat dilakukan melalui :
  1. Pemeliharaan dan mempertahankan fungsi resapan air dan daerah tangkapan air
  2. Pengendalian pemanfaatan sumber air, berupa perizinan yang ketat, atau pelarangan pemanfaatan sumber air
  3. Pengisian air pada sumber air, seperti pemindahan aliran air dari satu daerah aliran sungai ke daerah aliran sungai lainnya, dengan pekerjaan sudetan, interkoneksi, atau suplesi, serta melakukan imbuhan air tanah
  4. Pengaturan sarana dan prasarana sanitasi, seperti pengelolaan air limbah dan persampahan
  5. Perlindungan sumber air, dalam kaitannya dengan kegiatan pembangunan dan pemanfaatan lahan di sekitar sumber air
  6. Pengendalian pemanfaatan lahan di daerah hulu
  7. Pengaturan daerah sempadan sumber air
  8. Rehabilitasi hutan dan lahan pertanian
  9. Pelestarian hutan lindung, kawasan suaka alam dan kawasan pelestarian alam


Baca juga SELAMAT HARI HUTAN SEDUNIA TAHUN 2023

Jadi, sobat kataucapanselamatcg.blogspot.com, Ayo bijak dalam menggunakan air untuk menjaga ketersediaan air bersih.


#WorldWaterDay2023 #WorldWaterDay #hariairsedunia2023
Bagikan:

0 Response to "SELAMAT HARI AIR SEDUNIA TAHUN 2023"

Posting Komentar