Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia

Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia jatuh pada tanggal 28 April setiap tahunnya. Hari ini diprakarsai untuk mempromosikan dan mendiskusikan pentingnya memiliki lingkungan kerja yang aman dan sehat. Data menunjukkan bahwa kematian yang terjadi akibat kecelakaan kerja adalah 19% secara global. Kebutuhan dan tuntutan untuk memperbaiki masalah manusiawi ini disoroti pada Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia. Kebutuhan akan perubahan dan rencana aksi menyeluruh untuk kesejahteraan setiap pekerja di seluruh dunia sangatlah penting.

Baca juga KATA UCAPAN SELAMAT HARI BURUH TERBARU

Sejarah Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia

Kebutuhan dan tuntutan untuk memperbaiki masalah manusiawi ini disoroti pada Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia. Kebutuhan akan perubahan dan rencana aksi menyeluruh untuk kesejahteraan setiap pekerja di seluruh dunia sangatlah penting.


Pada tahun 2003, Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) memutuskan untuk mendedikasikan dan merayakan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia (World Day for Safety and Health at Work). ILO selalu menjadi ahli dalam berkontribusi pada budaya yang lebih aman di tempat kerja. ILO mengakui kebutuhan setiap pemangku kepentingan — termasuk organisasi, serikat pekerja, pemerintah, pengusaha, dan sektor kesehatan masyarakat sebagai kunci penting untuk menjaga dan mencapai kesehatan dan keselamatan sejati bagi setiap pekerja. Hari ini secara nasional juga internasional yang diperingati setiap tanggal 28 April ini bertujuan untuk mendorong, mendukung, dan menyokong kebutuhan untuk terus menciptakan budaya aman dan sehat, mengurangi cedera, kecelakaan, sakit, dan kematian akibat kerja bagi setiap pekerja dan karyawan.


Sekitar 6.500 orang meninggal setiap hari karena kecelakaan kerja, serta penyakit akibat kerja. Itu adalah 2,3 juta kematian dalam setahun. Di sinilah Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia masuk. Ini adalah kesempatan untuk mempelajari topik partisipasi dan dialog sosial, dan berkolaborasi dengan peserta dan mitra sosial untuk memastikan efektivitas proses Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), kerangka kerja, dan perubahan. Dengan pemahaman dan komitmen yang berhasil, implementasi akan lebih mantap dan tepat untuk jangka panjang.


Solusi berkelanjutan ini akan bermanfaat bagi semua organisasi kerja dan orang-orangnya. Harapan untuk setiap tempat kerja adalah lingkungan yang inklusif, di mana setiap karyawan dan pekerja merasa nyaman menyampaikan keprihatinan, dan saran kepada manajemen bukan sekedar ucapan. Selama Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia, ILO memperingati hari tersebut dengan jadwal rinci acara yang mencakup presentasi dan laporan.


Kata Ucapan Selamat Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia Terbaru

  1. Selamat Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia untuk Anda. Kesehatan dan keselamatan setiap pekerja adalah penting dan tidak boleh diabaikan.
  2. Pekerja di perusahaan adalah tanggung jawab perusahaan dan oleh karena itu, keselamatan dan kesehatan karyawan sangat penting. Selamat Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia.
  3. Perusahaan yang berinvestasi dalam keselamatan dan kesehatan karyawannya selalu menjadi perusahaan terbaik untuk bekerja sama. Selamat Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia.
  4. Peringatan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia mengingatkan kita semua akan pentingnya kesehatan dan keselamatan pekerja untuk lingkungan kerja yang lebih baik.
  5. Jika perusahaan akan menjaga keselamatan dan kesehatan pekerjanya maka para pekerja juga akan menjaga perusahaan. kataucapanselamatcg.blogspot.com mengucapkan Selamat Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia.
  6. Pada kesempatan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia, saya menyampaikan harapan hangat saya kepada Anda. Selalu jaga keselamatan dan kesehatan pekerja Anda sebagai prioritas utama.



5 Fakta Tentang Hari Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Sedunia

1. Hari ini dimulai melalui ILO

ILO terlibat dalam perayaan ini sebagai permintaan dari gerakan serikat pekerja.


2. 28 April juga merupakan sejarah hari ini

Hari Peringatan Internasional untuk Pekerja yang Meninggal dan Terluka, yang dimulai pada tahun 1996 juga diperingati hari ini.


3. Covid-19 mengubah tempat kerja

Langkah-langkah kesehatan dan keselamatan yang lebih baik di tempat kerja diperlukan untuk mencegah penyebaran virus.


4. Hari ini mempertahankan relevansinya

Perayaan ini telah diperingati selama hampir 20 tahun dan masih sangat relevan di tempat kerja.


5. Kemajuan terpadu terbentuk

Perserikatan Bangsa-Bangsa memiliki rencana aksi global yang disebut 'Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030.'
Bagikan:

0 Response to "Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia"

Posting Komentar