Sejarah dan Ucapan Hari Lahir Pancasila

Logo Harlah Pancasila 2023. (Foto: Istimewa bpip)


Kataucapanselamatcg, Jakarta: Hari Lahir Pancasila (Harlah Pancasila) 2023 akan jatuh pada hari Kamis (1/6/2023). Latar belakang diperingatinya Lahirnya Pancasila tak lepas dari gagasan Sukarno.


Ia menyampaikan gagasannya terkait dasar negara Indonesia pada hari terakhir sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945.


Dikutip dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, bpip.go.id, Secara garis besar, BPUPKI dibentuk untuk “menyelidiki hal-hal yang penting sekaligus menyusun rencana mengenai persiapan kemerdekaan Indonesia,” demikian seperti yang termaktub dalam Maklumat Gunseikan (Kepala Pemerintahan Militer merangkap Kepala Staf) Nomor 23.


BPUPKI dalam periode kinerjanya, yang hanya beberapa bulan, telah menggelar 2 kali sidang resmi: 29 Mei sampai 1 Juni, dan 10-17 Juli 1945. Ada satu sidang lagi yang dilakukan kendati tidak resmi dan hanya diikuti beberapa anggota pada masa reses, antara 2 Juni hingga 9 Juli 1945.


Pada sidang pertamanya tanggal 29 Mei 1945 yang diadakan di Gedung Chuo Sangi In (sekarang Gedung Pancasila), para anggota membahas mengenai tema dasar negara.


Sidang berjalan sekitar hampir 5 hari, kemudian pada hari terakhir, tanggal 1 Juni 1945, Sukarno menyampaikan gagasannya terkait dasar negara Indonesia, yang dinamai “Pancasila”. Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas.


Hingga sidang usai, belum ada kesepakatan yang dicapai. Ada beda pendapat yang cukup tajam antara kubu nasionalis dan kubu agamis, salah satunya tentang bentuk negara, antara negara kebangsaan atau negara Islam, meskipun hal ini bukanlah persoalan yang baru (Bernhard Dahm, Sukarno dan Perjuangan Kemerdekaan, 1987:232).


Maka dibentuklah Panitia Sembilan untuk menemukan jalan tengah dalam perumusan dasar negara. Panitia ini terdiri dari Sukarno, Mohammad Hatta, Achmad Soebardjo, M. Yamin, Wahid Hasjim, Abdoel Kahar Moezakir, Abikusno Tjokrosoejoso, Haji Agus Salim, dan A.A. Maramis.


Setelah melalui pelbagai perdebatan sengit dalam perundingan alot pada sidang Panitia Sembilan tanggal 22 Juni 1945, lahirlah rumusan dasar negara RI yang dikenal sebagai Piagam Jakarta atau Jakarta Charter yang terdiri dari:
  1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan Syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.



Pada tahun 2016, pemerintah melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus sebagai Hari Libur Nasional. Penetapan tersebut bertujuan agar pemerintah, masyarakat dan seluruh komponen bangsa memperingati Pancasila sebagai ideologi bangsa.


Tahun ini, mari sampaikan Ucapan Hari Lahir Pancasila dengan Semangat Pancasila melalui tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Kumpulan ucapan-ucapan nantinya mesti bisa dimaknai sebagai upaya bangsa Indonesia dalam upaya menumbuhkan semangat nilai-nilai Pancasila dalam bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. Pancasila menjadi energi bagi Bangsa Indonesia sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi untuk kemakmuran rakyat Indonesia dan Dunia. Contoh kata-katanya



Selamat Hari Lahir Pancasila. Yuk, bersama-sama tumbuhkan Semangat Pancasila, semangat juang bangsa indonesia.


Selamat Hari Lahir Pancasila. Gotong royong! ini merupakan sikap yang mencerminkan sila kelima Pancasila yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia! Terdapat beberapa nilai-nilai gotong rotong, seperti tolong-menolong, kebersamaan, persatuan, rela berkorban, sosialisasi, dan persatuan!


Pancasila menjadi energi bagi Bangsa Indonesia sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi untuk kemakmuran rakyat Indonesia dan Dunia. Selamat Harlah Pancasila! Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023.


Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023, Jaga kebinekaan, perkuat persatuan, pererat kerukunan, dan menjunjung tinggi toleransi. Mari tumbuhkan nilai-nilai Pancasila, untuk bersatu!

Semangat Persatuan Indonesia! Mari membumikan ideologi bangsa, Pancasila Membuat Perbedaan menjadi Kekayaan, Pancasila Merajut Keragaman menjadi Keindahan, Pancasila Itu menyatukan. Mari tanamkan ideologi Pancasila untuk saling menginspirasi.


Mari kita tanamkan terus semangat persatuan untuk bangkit dan berperan aktif dalam memajukan bangsa. Selamat Membumikan Pancasila, Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023!


Mari kita abadikan semangat persatuan dan kesatuan. NKRI dengan nilai luhur bangsa kita Pancasila. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023!

Baca juga Sejarah dan Ucapan Hari Kebangkitan Nasional

Pada tahun 2023, mari sampaikan secara Nasional Ucapan yang diusung sesuai tema yakni "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global". Semoga melalui Kumpulan ucapan-ucapan ini bisa jadikan Harkitnas lebih bermakna dan meningkatkan nilai-nilai Pancasila dengan semangat Gotong Royong kita bersama. Bersama Pancasila menjadi energi bagi Bangsa Indonesia sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi untuk kemakmuran rakyat Indonesia dan Dunia.
Bagikan:

0 Response to "Sejarah dan Ucapan Hari Lahir Pancasila"

Posting Komentar