Sejarah dan Ucapan Hari Kebangkitan Nasional

Logo Harkitnas 2023. (Foto: Istimewa)



Kataucapanselamatcg, Jakarta: Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2023 akan jatuh pada hari Sabtu (20/5/2023). Latar belakang diperingatinya Harkitnas tak lepas dari berdirinya Boedi Oetomo.


Ia merupakan organisasi pemuda yang dicetuskan pada 20 Mei 1908 oleh Soetomo. Juga bersama Soeraji Tirtonegoro, Goenawan Mangoenkoesoemo, Gondo Soewarno, Soelaiman, dan masih banyak lainnya.


Dikutip dari disdik.grobogan.go.id, secara garis besar, faktor pendorong kebangkitan nasional terbagi menjadi dua. Yaitu faktor eksternal dan internal.


Faktor internal terdiri dari:

(1) penderitaan yang berkepanjangan akibat penjajahan;
(2) kenangan kejayaan masa lalu, seperti pada masa Kerajaan Sriwijaya atau Majapahit; dan
(3) munculnya kaum intelektual yang menjadi pemimpin gerakan.


Sedangkan faktor eksternalnya yakni:

(1) timbulnya paham-paham baru di Eropa dan Amerika seperti nasionalisme, liberalisme, dan sosialisme;
(2) munculnya gerakan kebangkitan nasional di Asia seperti Turki Muda, Kongres Nasional India, dan Gandhisme; dan
(3) kemenangan Jepang atas Rusia pada perang Jepang-Rusia yang menyadarkan negara-negara di Asia untuk melawan negara barat.


Pada awal abad ke-20, orang Indonesia yang mengenyam pendidikan tingkat menengah hampir tidak ada. Sejak saat itu, Politik Etis memungkinkan perluasan kesempatan pendidikan menengah bagi penduduk asli Indonesia.


Pada tahun 1925, fokus pemerintah kolonial bergeser ke penyediaan pendidikan kejuruan dasar selama tiga tahun. Pada tahun 1940, lebih dari 2 juta siswa telah bersekolah.


Sehingga tingkat melek huruf meningkat menjadi 6,3 persen yang tercatat dalam sensus tahun 1930. Pendidikan menengah Belanda membuka cakrawala dan peluang baru, dan sangat diminati oleh orang-orang Indonesia.


Tahun ini, mari sampaikan Ucapan Hari Kebangkitan Nasional dengan mengusung tema “Semangat Untuk Bangkit”. Kumpulan ucapan-ucapan nantinya mesti bisa dimaknai sebagai upaya bangsa Indonesia dalam upaya menumbuhkan nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk bangkit menuju masa depan Indonesia lebih baik. Contohnya



Selamat Hari Kebangkitan Nasional. Yuk, bersama-sama bangkit untuk maju dan berkarya demi bangsa ini. Wajah tersenyum dengan mata tersenyum.


Selamat Hari Kebangkitan Nasional. Bangkit untuk maju! Bangkit untuk berkarya! Bangkit untuk berprestasi! Bangkit untuk kemajuan negeri tercinta, Indonesia!


Mari kita terus memperkuat semangat kebangsaan dan memperjuangkan kemajuan Indonesia. Selamat Harkitnas! Selamat Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2023.


Selamat Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2023, Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh! Semangat Persatuan Indonesia. Mari bangkit, untuk bersatu!

Semangat Persatuan Indonesia! Mari bangkit untuk selalu maju dan berprestasi. Mari bangkit untuk saling menginspirasi.


Mari kita tanamkan terus semangat persatuan untuk bangkit dan berperan aktif dalam memajukan bangsa. Selamat Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2023!


Mari kita abadikan semangat persatuan dan kesatuan. NKRI dengan nilai luhur bangsa kita Pancasila. Selamat Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei Tahun 2023!


Pada tahun 2023, mari sampaikan Ucapan yang diusung sesuai tema yakni "Semangat Untuk Bangkit". Semoga melalui Kumpulan ucapan-ucapan ini bisa jadikan Harkitnas lebih bermakna dan meningkatkan nilai-nilai semangat kita bersama.
Bagikan:

0 Response to "Sejarah dan Ucapan Hari Kebangkitan Nasional"

Posting Komentar