KUMPULAN KATA KATA MOTIVASI TENTANG UCAPAN SELAMAT TAHUN BARU 1 MUHARRAM TARIKH ISLAM

Marhaban Ya Muharram. kataucapanselamatcg.blogspot.com - Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam sistem penanggalan kalender Islam. Kata Muharram artinya “dilarang”. Sebelum datangnya ajaran Islam, bulan muharram sudah dikenal sebagai bulan suci dan pada bulan ini dilarang untuk melakukan hal-hal seperti peperangan dan pertumpahan darah. Keutamaan bulan Muharram diabadikan dalam Alqur'an Surah At-taubah ayat 36 yang artinya:
Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah menganiaya diri dalam bulan yang empat itu, dan perangilah musyrikin semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertaqwa  (QS.At-Taubah: 36)


https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/
Gambar kartu ucapan selamat tahun baru 1 muharram 1445 Hijriah tarihk Islam tema kata mutiara terbaru 2023/2024



Bulan Muharam berarti tahun baru dalam tarikh Islam. Berbeda dengan tahun baru Masehi, tahun baru Islam (tahun baru Hijriyah.) tidak se-semarak tahun baru Masehi. Dalam menyongsong kehadiran tahun baru Masehi banyak manusia sibuk mengatur diri, membuat resolusi, mengikat janji dengan teman, kerabat ataupun sanak famili. Bahkan bila tahun baru itu tiba, mereka menyambutnya dengan suka cita. Bertumpah ruah dijantung-jantung kota seakan kedatangan tamu agung yang sebetulnya tidak layak diagungkan. Kedatangan tamu mulia yang sejatinya jauh dari kemuliaan.


Bagi seorang Muslim tentu kedatangan 1 Muharram sangat dinanti terutama pada bulan ini memiliki keutamaan dan kemuliaan untuk melaksanakan amalan-amalan dalam menyambut tahun baru. Selain itu, dalam bulan Muharram di Tahun Baru Hijriyah terdapat peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Islam, adapun peristiwa-peristiwa tersebut diantaranya.
  • 1 Muharram adalah peristiwa / momentum dimana Khalifah Umar bin Khattab mulai membuat penanggalan bulan dalam Hijirah.
  • Rasul menetapkan tanggal 10 Muharram untuk berpuasa sebagai rasa syukur kepada Allah dan untuk menghapuskan tradisi masyarakat jahiliyah. Tadinya puasa sunnah 10 Muharram wajib hukumnya namun akhirnya diubah menjadi puasa sunnah sebagaimana puasa lainnya yang dilakukan di luar bulan ramadhan.
  • 10 Muharram adalah peristiwa / momentum dimana disebut juga hari 'Asyura'. Pada hari itu banyak terjadi peristiwa penting yang mencerminkan kegemilangan dan perjuangan yang gigih dan tabah dalam menegakkan keadilan dan kebenaran.

Bahkan bukan hanya itu saja, menurut pendapat para ahli dalam sejarah Islam, mengatakan bahwa pada 10 Muharram adalah juga telah berlaku:
  1. Nabi Adam bertaubat kepada Allah.
  2. Nabi Idris diangkat oleh Allah ke langit.
  3. Nabi Nuh diselamatkan Allah keluar dari perahunya sesudah bumi ditenggelamkan selama enam bulan.
  4. Nabi Ibrahim diselamatkan Allah dari pembakaran Raja Namrud.
  5. Allah menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa.
  6. Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara.
  7. Penglihatan Nabi Yaakub yang kabur disembuhkan Allah.
  8. Nabi Ayub disembuhkan Allah dari penyakit kulit yang dideritanya.
  9. Nabi Yunus selamat keluar dari perut ikan paus setelah berada di dalamnya selama 40 hari 40 malam.
  10. Laut Merah terbelah dua untuk menyelamatkan Nabi Musadan pengikutnya dari tentara Firaun.
  11. Kesalahan Nabi Daud diampuni Allah.
  12. Nabi Sulaiman dikaruniakan Allah kerajaan yang besar.
  13. Hari pertama Allah menciptakan alam.
  14. Hari Pertama Allah menurunkan rahmat.
  15. Hari pertama Allah menurunkan hujan.
  16. Allah menjadikan 'Arasy.
  17. Allah menjadikan Luh Mahfuz.
  18. Allah menjadikan alam.
  19. Allah menjadikan Malaikat Jibril.
  20. Nabi Isa diangkat ke langit.
  21. Dan serangkaian peristiwa penting lainnya.

Oleh sebab itu sangat penting bagi umat Islam dalam menyambut Tahun Baru Hijrayah melakukan amalan-amalan ibadah selain saling mengucapkan selamat atas datangnya bulan Muharran sebagat pertanda pergantian Tahun dalam kalender Hijriyah. Adapun Amalan-Amalan Sunah pada Bulan Muharram diantaranya:
  • Berpuasa.
  • Memperbanyak amal ibadah seperti shalat sunah, dzikir dan sebagainya.
  • Berdoa akhir tahun pada hari terakhir bulan Dzulhijjah selepas Ashar sebanyak 3 kali.
  • Berdoa awal tahun pada 1 Muharram selepas Maghrib sebanyak 3 kali.


Baca: DOA AKHIR DAN AWAL TAHUN BARU 1 MUHARRAM TARIKH ISLAM 1445 HIJRIYAH 2023 DAN 2024

Adapun doa dalam menyambut awal tahun baru dalam kalender Islam (Hijryah) adalah:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم وَصَلىَّ اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَبَدِيُّ القَدِيْمُ اْلأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ اْلعَظِيْمِ وَجُوْدِكَ اْلُمعَوَّلِ. وَ هَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلْ أَسْأَلُكَ اْلعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَ أَوْلِيَائِهِ وَجُنُوْدِهِ وَ اْلعَوْنَ عَلَى هَذَا النَّفْسِ اْلأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَ اْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِي إِلَيْكَ زُلْفَى يَاذَا اْلجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَ أَصْحَابِهِ وَ سَلَّمَ


BISMILLAAHIRRAMAANIRRAHIIM
WASHALLALLAAHU ‘ALAA SAYYIDINAA WA MAULAANAA MUHAMMADIN WA ‘ALAA AALIHII WA SHAHBIHII WASALLAM
ALLAAHUMMA ANTAL ABADIYYU ALQADIIMU AL AWWALU WA ‘ALAA FADHLIKAL ’AZHIIMI WA JUUDIKAL MU’AWWALI WA HAADZAA ‘AAMUN JADIIDUN QAD AQBALA, NAS`ALUKAL ’ISHMATA FIIHI MINASY SYAITHAANI WA AULIYAA-IHII WA JUNUUDIHII WAL ‘AUNA ‘ALAA HAADZANNAFSIL AMMAARATI BISSUU`I WAL ISYTIGHAALA BIMAA YUQARRIBUNII ILAIKA ZULFAA YAA DZAL JALAALI WAL IKRAAMI YAA ARHAMAR RAAHIMIIN
WASHALLALLAAHU ‘ALAA SAYYIDINAA WA MAULAANAA MUHAMMADIN WA ‘ALAA AALIHII WA ASHHAABIHII WASALLAM


Yang artinya:
"Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga rahmat Allah tercurah kepada junjungan kami dan pemimpin kami Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa aalihii wasallam, keluarganya, dan para sahabat beliau. Wahai Allah, Engkaulah Dzat yang abadi, yang terdahulu,yang mula-mula. Atas AnugerahMu yang besar dan kemurahanMu yang dijadikan pegangan, inilah tahun baru telah datang. Kami mohon kepadaMu pemeliharaan selama tahun ini dari setan, sahabat-sahabat, dan pasukannya. Dan pertolonganmu untuk melawan nafsuku ini yang selalu mengajak kepada kejahatan, serta sibukkanlah (aku) dalam melakukan amal yang dapat mendekatkan diriku kepadaMu sedekat-dekatnya, Wahai Dzat yang memiliki kebesaran dan kemulyaan. Shalawat dan salam, tetapkanlah pada junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga, dan para sahabat beliau."


Catatan: Doa awal dan akhir tahun baru bisa di ucapkan dengan kata-kata singkat maupun sederhana tidak harus mengikuti kata-kata doa yang kataucapanselamatcg sebutkan diatas. Karena akan terdapat banyak variasi doa menyambut tahun baru 1 Muharram 1445 Hijriyah.


Tak terasa 1 Muharram 1445 Hijriyah 2023 -2024 sebentar lagi, hanya tinggal hitungan hari, tentunya akan banyak terdapat kegiatan Doa dan zikir akbar di majelis dan beberapa tempat lainnya. Dimana zikir bersama secara umum dilakukan dalam rangka peringatan 1 Muharram.


Seperti tradisi sebelumnya, kegiatan majelis akbar Zikir dan doa bersama menyambut 1 Muharram 1445 H/ 2023 di Indonesia biasanya dilaksanakan di Masjid pusat kota bahkan terdapat tradisi malam menyambut tahun baru Islam seperti pawai obor di beberapa wilayah.


Meskipun banyak sekali terdapat tradisi-tradisi unik dilaksanakan diluar dari keutamaan bulan muharram menurut sunnah itu sendiri, bahkan telah membudaya bagi Masyarakat Muslim di Indonesia maupun dunia dengan saling mengucapkan selamat tahun baru untuk tarikh Islam dalam pengertian bulan muharram 1445 H.


Ucapan-ucapan sebagai doa dan harapan di malam pergantian tahun dengan kata-kata bijaksana sebagai ungkapan maupun ajakan untuk menjadi lebih baik lagi di awal tahun hijriah ini tentunya bukan anjuran dari Islam namun karena telah membudaya di seluruh dunia, asalkan niatnya dilakukan dengan baik tentunya bukan persoalan.


Apalagi di Indonesia Tahun baru Hijriyah ditetapkan sebagai hari libur, maka menjadi kesempatan bagi orangtua dalam mengisi Libur Tahun Baru Islam dengan mengenalkan sejarah dan tradisi dari tahun baru ini. Sebagaimana kita ketahui pada 1 Muharam, terdapat tradisi Malam 1 Sura dan tradisi Suro (Muharram) yang telah menjadi salah satu budaya turun temurun di Indonesia. tentunya yang terpenting adalah mendidik anak maupun diri sendiri untuk belajar Puasa 'Asyura, Tahun Baru Hijriah dan Muhasabah.


Menjadi momentum juga bagi sebagian teman, sanak famili ataupun kerabat muslim yang sedang belajar bahasa arab, untuk mengatakan kullu `aam wa antum bi kheyr" dimana kata ini adalah ucapan selamat tahun baru dalam bahasa Arab. Ucapan dengan kata-kata selamat ini tradisinya sering kita terima atau dengar setiap awal tahun baru, baik tahun baru Islam, tahun baru Masehi dan tahun baru dalam bahasa Arab.


Meskipun ucapan selamat tahun baru Islam Pakai Bahasa Inggris, Bahasa Arab sedikit telah membudaya, akan tetapi akan lebih baik mengucapkannya dengan bahasa Indonesia terutama bagi kerabat sanak famili ataupun teman yang cinta akan bahasa Ibu (INDONESIA)dalam menyongsong kehadiran tahun baru 1 Muharram tarikh Islam dengan rangkaian kata-kata inspirasi yang bijaksana untuk memotivasi diri kita maupun orang tercinta.

https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/


Sebagai contoh, berikut kumpulan kata-kata mutiara, quotes motivasi bijaksana untuk kata ucapan selamat tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah tahun 2023 dan 2024 Masehi.

https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/


kataucapanselamatcg mengucapkan selamat memperingati tahun baru 1 Muharram 1445 Hijriah untuk sahabat muslim yang merayakannya. Jadikan Tahun baru 2023/2024 sebagai awal dari kesadaran memperkuat silaturahmi, karena itu merupakan arti sesungguhnya dari memperingatinya.



kataucapanselamatcg menyampaikan selamat memperingati tahun baru 1 Muharram 1445 Hijriah untuk sahabat muslim yang merayakannya. Sesuatu yang baru belum tentu seindah yang lamaNamun hal terbaru adalah jangan ulang kesalahan lalu.


Selamat memperingati tahun baru 1 Muharram 1445 Hijriah tahun 2023 dan 2024 Masehi. Walaupun Tahun lama telah berganti dengan tahun yang baru bukan berarti semangat merayakan tahun baru dengan berpesta pora


Islam menjadikan kehidupan lebih indah
Tutur kata memaknai setiap kebersamaan
begitu juga Islam mengajarkan sikap toleransi
Berkah Islam Berkah keselamatan


Selamat memperingati tahun baru 2023 dan 2022 Masehi untuk 1 Muharram 1445 Hijriah Tarikh Islam. Membara cahaya keberkahan dalam kebahagiaan bagi setiap umat Islam yang menebalkan imannya

KUMPULAN KATA KATA MOTIVASI TENTANG UCAPAN SELAMAT TAHUN BARU 1 MUHARRAM TARIKH ISLAM


Hari ini bulan Muharram telah datang
Mari sambut dengan amalan baik seraya mengucapkan Marhaban Ya Muharram
Ingatkan diri terdapat banyak ibadah Muharram menunggu untuk dilaksanakan
Selamat memperingati tahun baru 2024 dan 2023 Masehi untuk 1 Muharram 1445 Hijriah Tarikh Islam


kataucapanselamatcg berpesan selamat memperingati tahun baru Tarikh Islam 1 Muharram 1445 Hijriah di 2023/2024 Masehi. 1 Muharram mengawali tahun ini, Membawa keberkahan yang baru, Mari berlomba-lomba dalam amal kebaikan, Singkirkan iri juga dengki


selamat memperingati tahun baru Tarikh Islam 1 Muharram 1445 Hijriah di 2023-2024 Masehi. Tahun baru membasuh tahun lama;
Setelah dimaafkan jangan biarkan menimbukan luka lagi;
Mulailah tahun baru 2023/2024 dengan tujuan mendapat ridho ilahi
Selamat datang 1 Muharam yang Agung


Tiada tema-tema terindah dalam suatu acara
Kecuali tema kehidupan untuk mengharapkan ridho
Dalam kata2 maaf terukir doa semoga tahun lalu menjadi semangat tahun ini
selamat memperingati tahun baru Tarikh Islam 1 Muharram 1445 Hijriah di 2023/24


Selamat memperingati tahun baru tarikh Islam 1 Muharram 1445 Hijriah di 24/2023. Ketika Muharram datang;
Datang memulai tahun yang baru;
Mengucapkan ulang pada permintaan maaf;
Semoga Tahun ini lebih baik lagi;
tanpa mengulang didosa tahun dulu.


Selamat tahun baru tarikh Islam 1 Muharram 1445 Hijriah di 2023 & 2024. Banyak contoh untuk menjadi sukses, namun tiada contoh yang baik selain sikap dan prilaku yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.



Mengejar mimpi menggapai cita-cita;
Jangan berhenti karena tahun telah berganti;
Walaupun harus menungggu bertahun-tahun untuk meraihnya;
Jadikan itu motivasi dan intropeksi;
Selamat tahun baru tarikh Islam 1 Muharram 1445 Hijriah di 2023 2024


kataucapanselamatcg menyampaikan Selamat tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah Hijriah di kalender 2023. Ucapan maaf di lubuk hati, Tak akan rugi memaafkan sesama insani karena itu hakikat dari mencapai keberkahan.


Selamat tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah di kalender 2024 untuk Sahabat jauh disana. Meskipun jauh, namun selalu dekat dihati kita;
Walau raga tak saling bersama;
Namun ada semangat dalam doa;
Supaya persahabatan tetap terjaga.


Di tahun 2023/2024, kataucapanselamatcg berpesan selamat tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah. Muharram telah datang;
Kembali mengingatkan bahwa kalender berganti;
Ini mengakhiri yang lalu mengawali sejarah baru;
Instropeksi buat memotivasi jalan hidup agar lebih bermanfaat.


Ada doa dan harapan sebagai iringan ucapan-ucapan di malam pergantian tahun;
terangkai kata-kata bijaksana sebagai ungkapan maupun ajakan;
Untuk menjadi lebih baik lagi di awal tahun hijriah ini;



Mengharapkan maaf atas kesalahan
Membasuh luka menghilangkan kesedihan
Berharap kita mau saling memaafkan
Itulah keindahan ajaran Islam yang penuh pengampunan
Di tahun 2023/2024, kataucapanselamatcg berpesan selamat tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah.


Selamat tahun baru Islam 1 Muharram 1445 H/2023. Walaupun fajar telah tiba bernafas kehidupan baru;
Menyentuh hati dengan sebuah tanya selalu;
Terkadang bercanda membuat lucu;
Namun hati siapa yang tau;
Tentu ada luka dari situ;
Memohon maaf atas segala kesalahanku.

Baca:



https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/



kataucapanselamatcg menyampaikan selamat tahun baru Hijriyah. Dalam menyambut bulan suci Muharram hati tersadar tahu lalu saat mengucapkan terkadang terpeleset dalam kata-kata, membuat hari tersakiti walau tak disengaja, benar-benar tahun baru tak akan meriah apabila tak ada maaf dari teman tercinta


Selamat Tahun baru Tarikh Islam 1 Muharram tahun Hijriyah. Tak ada kata sedikit untuk khilaf juga dosa, meminta maaf adalah jalannya. Tak ada kendala meskipun keluarga jauh disana, semoga memaafkan jika kataucapanselamatcg membuat luka.


Selamat 1 Muharram tahun baru Hijriyah untuk sahabat Islam di dunia. Ketika senja mulai tiba, gelisah hati sebuah tanya, masih adakah hati terluka, meninggalkan salah dalam kata, mengarap doa memohon maaf semoga keselamatan serta keberkahan menyertai kita dan keluarga disana.


Tarikh Islam telah berakhir bulan Dzulhijjah meninggalkan kita kini saatnya menyambut pergantian malam pada bulan Muharram. Perbanyak amalan-amalan penting bagi umat Islam dalam menyambut Tahun Baru Hijrayah namun sebelum mengawali tahun kataucapanselamatcg menyampaikan marhaban Yaa Muharram.


Selamat Tahun baru 1445 H/2023 -2024 untuk kalender Hijriyah 1 Muharram. Tiada kata-kata baru, masih ada kata-kata yang lama, begitu hadirnya cinta dan luka di alam kehidupan kita, cahaya Islam sebagai awal mutiara kehidupan baru mulai menyinari sambut Muharram dengan Instropeksi diri atas dosa dan salah.


Sebuah perjalanan sejarah pasti akan berakhir;
Begitu juga dengan tahun;
Jika tidak dimaafkan sebaik-baiknya
Hidup manusia akan sia-sia tanpa makna
Mari mulai perbaiki di akhir dan awal dengan ridha Illah supaya mendapat pahala
Marhaban ya Syahru Muharram 1445H/ 2023-2024 Kullu 'aam wa antum bi khair



Semoga Anda menemukan beberapa contoh singkat dengan  kata-kata motivasi penuh arti dalam ucapan selamat memperingati tahun baru yang jatuh pada tanggal 1 Muharram 1445 H/ 2023/2024 dalam Tarikh Islam di tulisan kataucapanselamatcg.blogspot.com kali ini, sempoa bermanfaat!!
Bagikan:

0 Response to "KUMPULAN KATA KATA MOTIVASI TENTANG UCAPAN SELAMAT TAHUN BARU 1 MUHARRAM TARIKH ISLAM"

Posting Komentar