INILAH KUMPULAN KATA MUTIARA DAN UCAPAN SELAMAT HARI NYEPI 1945 TAHUN 2023-2024

KATAUCAPANSELAMATCG: Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka Dalam bahasa Inggris: BALI’S DAY OF SILENCE. Nyepi, Sunyi, senyap atau sepi adalah hari suci umat beragama Hindu. Hari Nyepi adalah perayaan sambutan hari tahun baru berdasarkan sejarah kalender caka yang dimulai sejak 78 masehi. Hari raya nyepi yang diperingati setiap tahun saka juga disebut saka warsa.


Di Indonesia, Hari Raya Nyepi, bersamaan dengan Hari Raya Waisak, ditetapkan sebagai hari libur nasional berdasarkan Keppres Nomor 3 tahun 1983 tanggal 19 Januari 1983. Tahun ini Hari Raya Nyepi jatuh pada tanggal 22 Maret 2023.


Sebagai umat Hindu merayakan, menyelenggarakan dan mengagungkan hari suci Nyepi menjadi kewajiban. Karena didalamnya mengandung makna dari sejarah peristiwa penting yang tak dilupakan seluruh umat Hindu di dunia. Adapun peristiwa sejarah tersebut adalah pada tahun 78 Masehi, Raja Kaniska I di India berhasil mendamaikan masyarakat dari sebelumnya terjadi peperangan yang berkelanjutan. Karena masyarakat merasa damai dibawa pimpinan Kaniska, maka tahun baru saka diperingati sebagai tahun kemenangan (kedamaian). Dari sejarah inilah dapat umat Hindu Bali dan India mengambil makna bahwa peringatan Hari raya Nyepi atau Tahun baru saka adalah sebagai bentuk penghargaan terhadap raja Kaniska atas keberhasilannya mendamaikan India. Selain itu, umat Hindu mengambil intisari makna sebenarnya bahwa perdamaian sangat penting diantara sesama sebagai umat yang mempunyai nilai moral yang sangat tinggi.


Singkatnya, Hari Nyepi adalah hari libur nasional di Indonesia untuk merayakan perdamaian lahir bathin dengan jalan saling maaf-memaafkan dan kunjung-mengunjungi atau dipusatkan pelaksanaannya dengan melaksanakan Dharmasanti pada suatu tempat tertentu termasuk termasuk menerapkan Catur Brata Penyepian.


Adapun penerapan pelaksanaan Nyepi memiliki makna-makna penuh arti, seperti:
  • Pelaksanaan Amati Geni. penerapan ini artinya tidak menyalakan api, jika dibawa ke dalam diri setiap manusia bermakna bahwa hendaknya orang yang melaksanakan amati Geni dapat mengendalikan api yang ada di dalam dirinya berupa pengedalian hawa nafsu.
  • Pelaksanaan Amati Karya. penerapan ini artinya tidak melakukan pekerjaan secara jasmani. Maksutnya disini bahwa pada saat melaksanakan brata penyepian hendaknya tidak melaksanakan kegiatan seperti bertani dan lainya. Tetapi manusia dituntut untuk meningkatkan kesucian rohani.
  • Pelaksanaan Amati lelungan. lelungan artinya tidak keluar rumah. Seorang yang melaksanakan brata penyepian diharapkan tidak keluar rumah, tetapi lebih mawas diri atau merenungkan perbuatan-perbuatan yang pernah dilakukan dan diperbaiki pada hari berikutnya. Ini memaknai bahwa Amati Lelanguan artinya tidak menuruti kesenangan duniawi tetapi lebih manusia diharapkan lebih memusatkan pikiran terhadap Tuhan Yang Maha Esa.



Perayaan Nyepi 1945 tahun ini jatuh pada tanggal 22 Maret 2023, dilaksanakan untuk menyucikan Bhuana Alit bermakna alam manusia/ microcosmos dan Bhuana Agung/macrocosmos berarti alam semesta. Perayaan hari raya Nyepi memiliki beberapa rangkaian kegiatan, yaitu Melasti, Tawur (Pecaruan), Pengrupukan, Berata Penyepian, dan Ngembak Geni dengan tujuan untuk mewujudkan keseimbangan, keselamatan, dan kesejahteraan hingga kebahagian lahir bhatin (Jagadhita dan Moksa) demi terbinanya kehidupan yang berlandaskan satyam (kebenaran), Siwam (kesucian) dan sundaram (keharmonisan).


Peringatan hari suci Nyepi ini merupakan tonggak sejarah yang tak diabaikan begitu saja, olehkarenanya hari Nyepi secara ritual puja bakti sebagai upacara suci yang setiap tahun dirayakan di tahun saka adalah bagian kegiatan suci yang sakral bagi umat Hindu dalam mengembangkan spiritual yang dinamis.


Nuansa baru di keheningan batin serta intropeksi diri sangat perlu pada malam hari di saat Nyepi menjadikan perayaan ini berbeda dengan perayaan tahun baru pada umumnya. tema tahun baru saka ini mempunyai nilai keramat dalam penyucian batin yang hakiki dan mampu menembus akar kejahatan yang menjadikan manusia sesat, juga tak pernah terpuaskan dengan cara pancuran.


Pencaruan atau Tawur dilakukan sebagai bentuk permohonan kepada Sang Hyang Siwa agar mengendalikan kekuatan jahat (raksasa) agar tidak mengganggu kehidupan manusia pada saat pelaksanaan Nyepi.


Di Indonesia, kekuatan jahat diwujudkan dalam bentuk ogoh-ogoh yaitu bentuk boneka besar yang usung sebagai simbolis dari makhluk-makhluk yang mengganggu hidup manusia. Penggambaran wujud tersebut dalam bahasa sansekerta adalah citra Bhuta-bhuti, yang sebaiknya setelah selesai prosesi upacara pengerupukan atau mabuhu-buhu hendaknya di pralina, dimatikan, supaya kekuatan negatif tersebut dapat dietralisir. Upacara pralina dapat berupa Tirtha Pralina atau penyineb untuk mengembalikan kekuatan tersebut ke asalnya. Untuk menjadikan nilai-nilai bermakna tersebut, bahkan telah menjadi kebudayaan terdapat banyak ucapan-ucapan hari Nyepi tahun baru saka diisi dengan ajakan untuk mengintropeksi diri dengan harapan dan saling mendoakan bukan sekedar logo maupun tema semata.


Buat teman yang mau berkirim harapan kepada orang terdekat namun berada jauh dengan kata-kata mutiara dan ucapan selamat hari nyepi tahun baru saka disertai kutipan bijak sebagai jembatan moral dan sosial bertujuan menghubungkan sesama manusia perayaan suci yang sakral bagi umat Hindu.


Berikut rangkuman kata mutiara terbaik dengan tema ucapan hari suci Nyepi 2023-2024 Tahun Baru Saka 1945 terbaru yang dikutip kataucapanselamatcg.blogspot.com dari berbagai sumber


https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/
Gambar kartu kata mutiara hari nyepi tema ucapan selamat tahun baru saka 2023 1945


Untuk sahabat umat Hindu di Indonesia, kataucapanselamatcg menyampaikan Selamat Merayakan hari suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945 di 2023!. Semoga di hari yang Agung ini kita selalu mendapat perdamaian lahir bathin dengan jalan saling maaf-memaafkan!


Selamat Merayakan hari suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945 di 2023! untuk seluruh umat Hindu di Bali. Semoga Tuhan Yang Maha Esa menerangimu di jalan cinta, kedamaian, dan kebenaran dengan melakukan catur brata penyepian.


Dalam Bahasa Bali:
Rahajeng nyanggra rahina Nyepi caka 1945 2023! dumogi prasida ngalaksanayang Catur Brata Penyepian!

Artinya:
Selamat menyambut hari Nyepi saka 1945 2023, semoga dapat melaksanakan Catur Brata Penyepian!


Salam hangat pada hari ini, Selamat hari raya tahun baru saka 1944 di Nyepi 2023!. Semoga dengan melaksanakan catur brata penyepian umat hindu di bali khususnya dan Rakyat Indonesia selalu mendapatkan keselamatan


Selamat hari raya tahun baru saka 1945 di Nyepi 2023!, antara kelahiran dan kematian tidak ada hal lain yang terjadi selain cinta.
Jika kamu kehilangan cinta antara kelahiran dan kematian, kamu telah kehilangan seluruh kesempatan hidup. Kamu mungkin mengumpulkan pengetahuan dan uang serta prestise dan kekuasaan, tetapi jika telah kehilangan cinta maka kamu telah melewatkan pintu yang sebenarnya.



Semoga cinta, kedamaian, dan kebenaran dengan melakukan catur brata penyepian berada di sisimu... Hari Ini dan Selalu!, Selamat hari raya tahun baru saka 1944 di Peringatan hari Nyepi 2023!


Untuk Tahun baru, benar-benar dimulai dengan suatu halaman baru yang putih bersih, Selamat Tahun Baru Saka untuk hari raya nyepi 1945.


https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/

Baca:



Kata-kata bijak, kata-kata mutiara untuk kataucapanselamatcg hari suci Nyepi Perayaan tahun baru saka 1945 2023-2024 dengan bahasa Inggris dengan artinya:

Happy Silent Day 1945! Peace all year round!. Best wishes for the holidays and happiness throughout the caka New Year
Artinya:
Selamat Hari Nyepi 1945! Semoga damai sepanjang tahun!. Ucapan terbaik untuk hari libur dan kebahagiaan sepanjang Tahun Baru.


Selamat merayakan hari suci Nyepi di hari tahun baru 1 saka 1945, Semua cinta, doa harapan dan ucapan terbaik untukmu dan keluargamu. Semoga Tahun Baru lebih baik dari yang lainnya!



kataucapanselamatcg menyampaikan selamat peringatan hari raya Nyepi 2022 dan tahun baru saka 1945!. Andalkan ajarannya, bukan pada orangnya. Mengandalkan makna, bukan pada kata-kata. Andalkan kehidupan nyata, bukan pada mimpi. Andalkan kebijaksanaan, bukan pada batin.


selamat peringatan hari raya Nyepi 2023 dan Selamat tahun baru saka 1945!. Semoga pelaksanaan  Nyepi sambut Tahun Baru menghangatkan hari-hari sepanjang tahun. Sang Hyang Siwa menyertai kita untuk mengendalikan kekuatan jahat (raksasa) agar tidak mengganggu kehidupan manusia pada saat pelaksanaan Nyepi.


Semoga Tahun Baru Saka di hari nyepi menjadi sarana menahan hawa nafsu buatmu untuk perilaku yang benar, motif yang tepat, ucapan benar, usaha yang benar, tekad yang benar, mata pencaharian benar, perhatian yang benar dan meditasi yang benar ... bantu kataucapanselamatcg.blogspot.com memberantas kejahatan dan penderitaan dari dunia ini.


Mari kita berdoa untuk perdamaian dan harmoni untuk semua umat manusia pada hari Pendakian Spiritual untuk mewujudkan vindu atau sunya atau keheningan hati dengan cara melakukan brata ... Selamat Hari Nyepi tahun 2024 kalender saka


kataucapansematcg mengucapkan Selamat Hari Nyepi!. Tak ada kata, tak ada bara. Gemericik air suci mengalir di dalam hati. semoga kita tetap (kukuh) dalam melaksanakan Catur Brata Nyepi dan senantiasa sehat selalu.


Selamat Hari Nyepi!. Semoga perenungan diri yang kukuh dapat mengembalikan jiwa yang bersih dan suci untuk kedamaian hati.


Sebarkan pesannya; Persahabatan dalam kedamaian diri dan kata bijak belas kasihan jauh dan luas semoga kamu damai, Selamat Hari Nyepi 2023 dan 2024 1945 dari sahabat Indonesia di kataucapanselamatcg.blogspot.com
Bagikan:

0 Response to "INILAH KUMPULAN KATA MUTIARA DAN UCAPAN SELAMAT HARI NYEPI 1945 TAHUN 2023-2024"