SELAMAT HARI KESETIAKAWANAN SOSIAL NASIONAL (HKSN) 2020! KATA, UCAPAN, SEJARAH, LOGO DAN SEMUA INFORMASI YANG PERLU ANDA KETAHUI

Selamat Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2020! tema berfokus pada “Gerakan Kesetiakawanan Sosial dari komponen masyarakat untuk melawan Covid 19. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang hari penting di Indonesia bersama kataucapanselamatcg.blogspot.com

Kata-kata Selamat Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) kataucapanselamatcg.blogspot.com - Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) atau Hari Sosial atau Hari Bakti Sosial diperingati pada tanggal 20 Desember setiap tahun untuk untuk menggerakkan kembali nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang ada di masyarakat nasional kita sendiri maupun dunia. Selamat Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2020! tema berfokus pada “Gerakan Kesetiakawanan Sosial dari komponen masyarakat untuk melawan Covid 19. Karena Pandemi virus corona berdapak luas pada sektor kesehatan dan ekonomi tentu ini menjadi sangat penting menumbuhkan kembali semangat setia kawan dengan nilai dasar yang terwujud dalam bentuk pikiran, sikap, dan tindakan saling peduli dan berbagi yang dilandasi oleh kerelaan, kesetiaan, kebersamaan, toleransi, dan kesetaraan guna meningkatkan harkat, martabat, dan harga diri setiap warga negara Indonesia. Tahun ini dalam situasi pandemi, Hari Kesetiakawanan Sosial didedikasikan untuk semua Masyarakat Indonesia termasuk Organisasi sosial dan Dunia Usaha dalam pelaksanaan rapid test, swab test, khususnya generasi Muda Bangsa.


Sejarah Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional

Perang mempertahankan kemerdekaan yang terjadi dari tahun 1945 hingga tahun 1948 mengakibatkan permasalah sosial semakin bertambah jumlahnya.Kementerian Sosial menyadari bahwa untuk menanggulangi dan mengatasi permasalahan sosial tersebut diperlukan dukungan menyeluruh dari unsur masyarakat. Oleh sebab itu, maka pada bulan Juli 1949 di kota Yogyakarta, Kementerian Sosial mengadakan Penyuluhan Sosial bagi tokoh-tokoh masyarakat dan Kursus Bimbingan Sosial bagi Calon Sosiawan atau Pekerja Sosial, dengan harapan dapat menjadi mitra bagi pemerintah dalam menanggulangi dan mengatasi permasalahan sosial yang sedang terjadi.


Para Sosiawan atau Pekerja Sosial telah bekerja dengan jiwa dan semangat kebersamaan, kegotongroyongan, kekeluargaan serta kerelaan berkorban tanpa pamrih yang tumbuh di dalam masyarakat dapat diperkokoh, sehingga masyarakat dapat menanggulangi dan mengatasi permasalahan sosial yang timbul saat itu dalam rangka mencapai kesejahteraan sosial bagi masyarakat.


Nilai kesetiakawanan sosial yang telah tumbuh didalam masyarakat perlu dilestarikan dan diperkokoh.Begitu juga dengan kinerja dan persatuan para sosiawan atau pekerja sosial perlu ditingkatkan. Untuk hal tersebut,maka Kementerian Sosial berinisiatif membuat Lambang Pekerjaan Sosial dan Kode Etik atau Sikap Sosiawan. Lambang Pekerjaan Sosial dan Kode Etik Sosiawan diciptakan pada tanggal 20 Desember 1949, tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan peristiwa bersejarah bersatunya seluruh lapisan masyarakat untuk mengatasi permasalahan dalam mempertahankan kedaulatan negara, yaitu pada tanggal 20 Desember 1948, sehari setelah tentara kolonial Belanda menyerbu dan menduduki ibukota negara Yogyakarta.Maka tanggal tersebut oleh Kementerian Sosial dijadikan sebagai HARI SOSIAL.


Hari Sosial atau Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) diperingati pada tanggal 20 Desember setiap tahun sebagai rasa syukur dan hormat atas keberhasilan seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam menghadapi ancaman bangsa lain yang ingin menjajah kembali bangsa kita.

TUJUAN HKSN

Peringatan Hari Sosial atau Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tersebut merupakan upaya untuk mengenang, menghayati dan meneladani semangat persatuan, kesatuan, kegotongroyongan dan kekeluargaan rakyat Indonesia yang secara bahu membahu mengatasi permasalahan dalam mempertahankan kedaulatan bangsa atas pendudukan kota Yogyakarta sebagai Ibu Kota Republik Indonesia oleh tentara Belanda pada tahun 1948.

HARI SOSIAL, HARI KEBAKTIAN SOSIAL, DAN HARI KESETIAKAWANAN SOSIAL NASIONAL

Adapun sejarah lahirnya Hari Sosial yang pada akhirnya berubah menjadi Hari Kebhaktian Sosial, dan berganti lagi menjadi Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional adalah sebagai berikut :
  1. HARI SOSIAL ke I atau pertama kali diperingati pada tanggal 20 Desember 1958 dicetuskan oleh Menteri Sosial Bapak H. Moeljadi Djojomartono.
  2. Pada Peringatan yang ke XIX tanggal 20 Desember 1976, oleh Menteri Sosial Bapak HMS. Mintardja, SH. Nama HARI SOSIAL diubah menjadi HARI KEBAKTIAN SOSIAL.
  3. Dan pada Peringatan yang XXVI tanggal 20 Desember 1983, oleh Menteri Sosial Ibu Nani Soedarsono, SH. nama HARI KEBAKTIAN SOSIAL diubah lagi menjadi HARI KESETIAKAWANAN SOSIAL NASIONAL.



Logo Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN)

https://kataucapanselamatcg.blogspot.com/
Gambar Logo tema Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2020, 20 Desember!



Kata-kata Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN)

"Kesetiakawanan sosial masa kini adalah instrumen menuju kesejahteraan masyarakat melalui gerakan peduli dan berbagi oleh, dari dan untuk masyarakat baik sendiri-sendiri maupun secara bersamaan berdasarkan nilai kemanusiaan, kebersamaan, kegotongroyongan dan kekeluargaan yang dilakukan secara terencana, terarah dan dan berkelanjutan menuju terwujudnya Indonesia Sejahtera"


"Mari gelorakan dan tanamkan jiwa kesetiakawanan sosial kepada seluruh masyarakat khusunya diri kita bukan hanya pada hari nasional ini namun setiap hari."


"Kesetiakawanan Sosial adalah nilai dasar yang terwujud dalam bentuk pikiran, sikap, dan tindakan saling peduli dan berbagi yang dilandasi oleh kerelaan, kesetiaan, kebersamaan, toleransi, dan kesetaraan guna meningkatkan harkat, martabat, dan harga diri setiap warga negara Indonesia."


"Kesetiakawanan Nasional Memanusiakan Manusia."


"kataucapanselamatcg menyampaikan selamat memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 20 Desember 2020!. inti kesetiakawanan sosial adalah partisipasi sosial dari masyarakat."


"selamat memperingati HKSN untuk Hari Sosial Nasional!. Ayo ciptakan Budaya Kesetiakawanan Sosial dan Aksi Sosial dimasa Pandemi Covid-19 ini."


"Bulan Bakti Kesetiakawanan Sosial bukan hanya pada bulan Desember. Mari jadikan Bhakti dalam aksi setiap bulan untuk mengimplementasikan kesetiakawanan sosial untuk melawan covid."


Kata-kata Ucapan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Terbaru

"Blogger Kata Ucapan Selamat terbaru mengucapkan selamat Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 20 Desember!. Jadikan momentum Hari bersejarah ini untuk mengenang, menghayati dan meneladani semangat persatuan, kesatuan, kegotongroyongan dan kekeluargaan rakyat Indonesia yang secara bahu membahu mengatasi permasalahan dalam mempertahankan kedaulatan bangsa."


"Ayo gerakkan kembali nilai-nilai kesetiakawanan sosial dengan 3 Prinsip Dasar HKSN.
  1. Prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat, yang berarti bahwa kegiatan Peringatan HKSN memerlukan peran aktif seluruh unsur masyarakat, antara lain TNI dan Polri, organisasi sosial/lembaga swadaya masyarakat, unsur generasi muda, lembaga pendidikan, dunia usaha, media massa, pemuka masyarakat dan agama, relawan sosial dan masyarakat secara umum yang didayagunakan untuk kepentingan masyarakat.
  2. Prinsip Tri Daya, yaitu bahwa penyelenggaraan Peringatan HKSN diharapkan dapat memberdayakan manusia, usaha, dan lingkungan sosial sebagai satu kesatuan.
  3. Prinsip berkelanjutan, yang berarti bahwa kegitan-kegiatan dalam rangka Kesetiakawanan Sosial Nasional hendaknya dilaksanakan secara terus menerus sepanjang tahun (No Day Without Solidarity) dengan berdasarkan pada kedua prinsip tersebut di atas."



"kataucapanselamatcg menyampaikan selamat memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 20 Desember Tahun 2020!. inti kesetiakawanan sosial adalah partisipasi sosial dari masyarakat."


Kata-kata Mutiara Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN)

Peringatan Hari Kesetiakawanan sosial Nasioal saat ini dilaksanakan dalam bentuk Gerakan Indonesia Setiakawan yang dimaksudkan sebagai upaya mengarahkan percepatan gerakan Indonesia Peduli menuju terwujudnya Indonesia baru, dengan tujuan menumbuhkan kesadaran dan tanggungjawab sosial masyarakat untuk mengkristalisasikan kesetiakawanan sosial serta meningkatkan jumlah masyarakat peduli dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.


Peringatan HKSN diharapkan mampu mengatasi berbagai permasalahan sosial yang ada, dengan mengacu pada parameter kesejahteraan :
  1. Terpenuhinya kebutuhan dasar setiap warga negara Indonesia (sandang, pangan, papan, pendidikan dan kesehatan).
  2. Terlindungi hak sipil setiap warga negara (hak memperoleh KTP, Akte Kelahiran, hak berorganisasi, hak mengemukakan pendapat dll).
  3. Terlindunginya setiap warga negara dariberbagai resiko yang bertautan dengan siklus hidup, ketidakpastian ekonomi, resiko kerusakan lingkungan dan resiko sosial maupun politik (kecacatan, konflik, bencana, pengangguran).
  4. Terdapatnya kemudahan memperoleh berbagai akses pelayanan dasar (pendidikan, kesehatan, ekonomi/keuangan, politik dll).
  5. Terpenuhinya jaminan keberlangsungan hidup bagi setiap warga negara (asuransi, jaring pengamanan sosial, bantuan sosial dan lain-lain).



"Nilai kesetiakawanan sosial yang telah tumbuh didalam masyarakat perlu dilestarikan dan diperkokoh. Begitu juga dengan kinerja dan persatuan para sosiawan atau pekerja sosial perlu ditingkatkan. selamat memperingati HKSN untuk Hari Sosial Nasional!. Ayo ciptakan Budaya Kesetiakawanan Sosial dan Aksi Sosial dimasa Pandemi Covid-19 ini."

Kataucapanselamatcg lainnya:


""Ayo gerakkan kembali nilai-nilai kesetiakawanan sosial pada HKSN Tahun 2020 dengan 3 Prinsip Dasar. Selamat Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) atau Hari Sosial atau Hari Bakti Sosial yang diperingati pada tanggal 20 Desember setiap tahun untuk untuk menggerakkan kembali nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang ada di masyarakat!"


Punya ide kata-kata mutiara tema Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional silahkan bagikan ke kataucapanselamatcg.blogspot.com
Bagikan:

0 Response to "SELAMAT HARI KESETIAKAWANAN SOSIAL NASIONAL (HKSN) 2020! KATA, UCAPAN, SEJARAH, LOGO DAN SEMUA INFORMASI YANG PERLU ANDA KETAHUI"

Posting Komentar