Kumpulan Ucapan Hari Raya Kuningan 2023, Termasuk Bahasa Bali

Berikut 15 ucapan selamat hari raya Kuningan dalam bahasa Bali, Indonesia, dan Inggris yang bisa Anda kirimkan pada rekan maupun saudara yang tengah merayakan.
Berikut 15 ucapan selamat hari raya Kuningan dalam bahasa Bali, Indonesia, dan Inggris yang bisa Anda kirimkan pada rekan maupun saudara yang tengah merayakan. (ILUSTRASI FOTO/Badru Alam)


Jakarta, KATAUCAPANSELAMATCG -- Di Indonesia, Hari Raya Kuningan yang diperingati pada 14 Januari 2023 dan 12 Agustus 2023 ini merupakan rangkaian upacara 10 hari setelah Hari Raya Galungan yang diperingati pada 4 Januari 2023 dan 2 Agustus 2023 dan dirayakan setiap tahun 2 kali oleh masyarakat beragama Hindu.


Sehari sebelum merayakan Kuningan, umat Hindu melaksanakan Hari Penampahan Kuningan sebagai bentuk persiapan untuk menyambut Hari Raya Kuningan. Hari Penampahan Kuningan ini dilaksanan setiap Sukra Wage Wuku Kuningan.


Persiapan penyambutan dilakukan dengan menyembelih hewan ternak dan membuat sesajen untuk persiapan sembahyangan pada Hari Raya Kuningan keesokan harinya.

Rangkaian Hari Raya Galungan dan Kuningan dan Maknanya bagi Umat Hindu


Di samping itu, serangkaian ucapan Hari Raya Galungan dan Kuningan juga banyak disampaikan. Berikut 15 ucapan Galungan dan Kuningan berbagai bahasa yang bisa Anda kirimkan pada saudara, kerabat, atau rekan beragama Hindu yang tengah merayakan.


Ucapan Hari Raya Galungan dan Kuningan 2023 Bahasa Indonesia dan Inggris

Hari Raya Galungan dan Kuningan ( Balinese Hindu Holiday)-holy day in Indonesia
Gambar. Kumpulan ucapan Galungan dan Kuningan 2023 dalam bahasa Indonesia dan Inggris (Pura Jagatnatha photo/Pemkot Denpasar foto)



Dirangkum dari banyak sumber, berikut rangkaian ucapan untuk Hari Raya Galungan dan Kuningan menggunakan berbagai bahasa, termasuk bahasa daerah Bali.
  1. "Kataucapanselamatcg, Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga Semoga Dharma selalu bersama kita. Semoga aDharma dijauhkan dari kita. Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan saudara se-Dharma)."
  2. "Hari Galungan lan Kuningan merupakan hari suci. Oleh karena itu sebagai umat Hindu, jadikan hari ini sebagai momen mengukuhkan diri dalam melaksanakan upacara Kuningan dan semoga menyatukan kekuatan rohani supaya mendapat pikiran dan pendirian yang tenang."
  3. "Rahajeng Nyanggra Rahina Kuningan, Semoga dharma selalu dekat dengan kehidupan kita semua, dan senantiasa dijauhkan dari adharma. Selamat Hari raya Galungan 2023, Kuningan 2023."
  4. "Selamat Hari Raya Galungan Kuningan 2023, kelak semua kehidupan yang sedang merayakan diberi kedamaian dan keselamatan."
  5. "kataucapanselamatcg.blogspot.com mengucapkan Selamat Hari raya Galungan 2023, Kuningan 2023 bagi yang merayakan. Semoga Ida Sanghyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa) selalu menjaga kita untuk saling menyayangi satu dengan yang lain, memaafkan segala kesalahan dan kekeliruan. Hidup di dalam kerukunan dan damai."
  6. Happy Galungan and Kuningan Holidays. May the ancestors always give bounties to this universe. (Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga para leluhur selalu memberikan anugerah bagi alam semesta ini).
  7. Happy holy day Galungan and Kuningan. Properly, we should always draw closer to Dharma and stay away from Adharma. (Selamat hari suci galungan dan kuningan. Semestinya, kita senantiasa mendekatkan diri kepada yang Dharma dan menjauhi Adharma).
  8. Happy Galungan and Kuningan Day 2023. Hopefully on this holy day all apologies are able to clean up one’s mistakes. (Selamat Hari Raya Galungan and Kuningan 2023. Semoga di hari suci ini segala permintaan maaf mampu membersihkan kesalahan diri).
  9. Happy holy Kuningan Day 2023. May always fix one’s heart with Dharma in order to avoid harm. (Selamat Hari Suci 2023. Kiranya selalu eratkan hati dengan Dharma agar terhindar diri dari mara bahaya.).
  10. Happy Kuningan Day 2023. I hope this day will be a start to a more peaceful and meaningful life. (Selamat Hari Raya Kuningan 2023. Semoga hari ini menjadi awal menjalani hidup yang damai dan lebih bermakna).



Ucapan Hari Raya Galungan dan Kuningan Bahasa Bali

Umat Hindu se-Jabodetabek melaksanakan Upacara Galungan di Pura Aditya Jaya, Rawamangun, Jakarta 4 Januari 2023. Galungan merupakan upacara menjelang Hari Raya Kuningan 2023 yang jatuh pada 14 Januari 2023.
Gambar. Ucapan Hari Raya Galungan dan Kuningan Bahasa Bali (KATAUCAPANSELAMATCG/ Alamsyah)



1. "Lugrayang tiang nguncarang rahajeng nyanggra Galungan sane mangkin. Lan mangda karya iraga setata memargi becik" yang berarti "Ijinkan saya mengucapkan selamat menyambut Galungan saat ini. Dan semoga upacara kita selalu berjalan dengan baik."


2. "Rahajeng nyanggra rahina Galungan lan Kuningan. Dumogi Ida Sang Hyang Widhi ngicen kerahajengan lan kerahayuan ring iraga sareng sami" yang berarti "Selamat menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan keberkahan dan kerahayuan."


13. "Rahajeng nyanggra rahina Galungan lan Kuningan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa suaeca Asung Kertha Wara Nugraha ring semeton sareng sami" yang berarti "Selamat menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga Tuhan Yang Mahakuasa senantiasa memberikan rahmat nugerah kepada kita semua."


14. "Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa ngicenin kerahayuan lan kerahajengan ring jagat sami" yang berarti "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan alam semesta ini."


15. "Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa ngicenin kerahayuan lan kerahajengan ring sekancan sane maurip" yang berarti "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada semua mahluk hidup".


Itulah kumpulan ucapan Kumpulan Ucapan Hari Raya Kuningan 2023 atau Galungan dan Kuningan yang bisa dibagikan kepada rekan atau saudara yang tengah merayakan. (img/cg)
Bagikan:

0 Response to "Kumpulan Ucapan Hari Raya Kuningan 2023, Termasuk Bahasa Bali"

Posting Komentar