HARI SUCI NYEPI TAHUN BARU SAKA 1945

HARI SUCI NYEPI TAHUN BARU SAKA 1945



"Om Swastyastu". Segenap keluarga Kata Ucapan Selamat Terbaru mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 bagi #SobatKataUcapanSelamatcg yang merayakan. Semoga kedamaian dan keselamatan selalu menyertai dimanapun kita berada.


Baca juga INILAH KUMPULAN KATA MUTIARA DAN UCAPAN SELAMAT HARI NYEPI 1945 TAHUN 2023-2024

Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945 jatuh pada Rabu, 22 Maret 2023. Tahun Baru Saka memiliki makna sebagai hari kebangkitan, hari pembaharuan, hari kebersamaan (persatuan dan kesatuan), hari toleransi, hari kedamaian sekaligus hari kerukunan nasional. Setiap tahunnya, umat Hindu merayakan pergantian Tahun Saka yang dilakukan dengan cara Nyepi selama 24 jam. Selama Nyepi, umat Hindu melakukan rangkaian acara yang terdiri dari:
  1. Tawur: Tawur memiliki arti dalam bahasa Jawa sama dengan saur, dalam bahasa Indonesia berarti melunasi utang. Di setiap catus pata (perempatan) desa atau pemukiman mengandung lambang untuk menjaga keseimbangan.
  2. Upacara Melasti: Biasanya dilakukan selambat-lambatnya pada Tilem Sore. Inti dari acara ini adalah menyucikan Bhuana Alit (alam manusia) dan Bhuana Agung (alam semesta). Kegiatan ini dilakukan di sumber air suci kelebutan, campuan, patirtan, dan segara.
  3. Amati Geni: Ada empat berata pantangan yang wajib diikuti pada saat hari raya Nyepi, salah satunya adalah Amati Geni yang berarti berpantang menyalakan api.
  4. Ngembak Geni: Mulai dengan aktivitas baru yang didahului dengan mesima krama di lingkungan keluarga, warga terdekat (tetangga) dan dalam ruang yang lebih luas. Yadnya dilaksanakan karena kita ingin mencapai kebenaran.
  5. Menghaturkan bhakti atau pemujaan: Kegiatan ini dilakukan di balai agung atau pura desa di setiap desa pakraman, setelah kembali dari mekiyis.


HARI SUCI NYEPI TAHUN BARU SAKA 1945
Gambar kata ucapan selamat hari raya nyepi perayaan tahun baru saka 1945

KATA UCAPAN SELAMAT HARI SUCI NYEPI TAHUN BARU SAKA 1945, 22 MARET 2023

1. "Kami keluarga besar keluarga Kata Ucapan Selamat Terbaru mengucapkan selamat hari raya Nyepi 2023 tahun baru Saka 1945 kepada umat Hindu yang menjalankannya pada tanggal 22 Maret 2023. Mari kita rayakan Nyepi dengan kesederhanaan & semoga tercapai keseimbangan buana alit dan buana agung."


2. "Selamat hari raya Nyepi 2023 tahun baru Saka 1945. Kami berharap semoga damai di hati, damai di dunia, dan damai selalu."


3. "Selamat hari suci Nyepi 2023 umat Hindu merayakan pergantian Tahun Saka 1945. Mari lakukan dengan cara Nyepi selama 24 jam agar tercapai persatuan dan kesatuan."


4. "Selamat hari kebangkitan. Dalam melakukan menyucikan Bhuana Alit (alam manusia) dan Bhuana Agung (alam semesta) untuk menjaga keseimbangan, Semoga tetap kukuh dalam melaksanakan Catur Brata Nyepi dan senantiasa menjaga membangkitkan semangat persatuan.


5. "Selamat hari pembaharuan. Semoga umat Hindu merayakan pergantian Tahun Saka 1945 yang dilakukan dengan cara Nyepi dengan kesederhanaan & semoga tercapai keseimbangan buana alit dan buana agung."


6. "Selamat hari kebersamaan. Kesunyian dalam perayaan Nyepi mengingatkan akan makna hidup yang sesungguhnya. Semoga Sang Hyang Widhi Wasa selalu melindungi kita dan selalu memberi kebersamaan (persatuan dan kesatuan) di Indonesia."


7. "Selamat hari toleransi. Toleransi adalah perilaku yang menghargai hasil kebudayaan dari suku lain dan menghormati setiap kelompok ataupun suku yang sedang melaksanakan kebiasaan sosial dan adat istiadatnya, inilah tema inti hari raya Nyepi Tahun 2023."


8. "Selamat hari kedamaian sekaligus rayakan pembaharuan di Tahun baru Saka 1945/2023. Jangan ajak orang berdamai sambil menganiayanya. Rangkullah untuk bekerja sama membangun keadilan, hasilnya adalah kedamaian."


9. "Selamat hari kerukunan nasional. Mari bersama kita jaga Tri kerukunan yang meliputi tiga kerukunan, yaitu: Kerukunan intern umat beragama, Kerukunan antar umat beragama, dan Kerukunan antara umat beragama dan pemerintah."


10. "Di Hari suci Nyepi 1945 tahun 2023 ini, Mari mulai dengan aktivitas baru yang didahului dengan mesima krama di lingkungan keluarga, warga terdekat (tetangga) dan dalam ruang yang lebih luas."


11. "Selamat Hari suci Nyepi tahun 2023, semoga setiap kesunyian ada untuk menyembuhkan bumi, serta keheningan untuk mendamaikan negeri ini."


12. "Semoga perayaan Nyepi yang umat Hindu rayakan meningkatkan kualitas mental dan spiritual dalam menghadapi tantangan hidup di masa depan dan Semoga kedamaian dan keselamatan selalu menyertai dimanapun kita berada. Selamat hari raya Nyepi 2023 tahun baru Saka 1945"


13. "Mari lakukan Nyepi selama 24 jam agar tercapai persatuan dan kesatuan, Selamat hari raya Nyepi untuk perayaan suci tahun baru Saka 1945."


14. "Yadnya dilaksanakan karena kita ingin mencapai kebenaran dan memberikan banyak makna kebersamaan. Kita saling membantu menyelesaikan pekerjaan satu sama yang lain. Solidaritas sosial Kita terlihat juga pada saat berlangsungnya persembahyangan karena ketika memuja Tuhan setiap manusia memiliki kedudukan yang sama di hadapan Tuhan. Selamat melaksanakan Catur Brata Nyepi dan senantiasa menjaga membangkitkan semangat persatuan."


15. "Segenap keluarga Kata Ucapan Selamat Terbaru mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 bagi #SobatKataUcapanSelamatcg yang merayakan. Semoga kedamaian dan keselamatan selalu menyertai dimanapun kita berada, "Om Swastyastu."


#kataucapanselamatcg #nyepi #dayofsilence #dayofsilence2023 #hindu #hinduindonesia #religion
Bagikan:

0 Response to "HARI SUCI NYEPI TAHUN BARU SAKA 1945"

Posting Komentar