Hari Wanita TNI Angkatan Udara

Wara


Sejarah Wanita TNI Angkatan Udara (Wara) berawal pada 12 Agustus 1963 saat tiga puluh wanita yang mengikuti pendidikan Wara Angkatan I dilantik sebagai perwira Wanita Angkatan Udara yang pertama kalinya. Sekolah atau Pendidikan ini didirikan berdasarkan kebutuhan organisasi maka pada tahun 1963, AURI mulai membuka pendidikan Wara Angkatan I. Pada era tersebut masing-masing angkatan merencanakan sendiri kebutuhan personil militer baik pria maupun wanita. Melalui pengumuman yang disebarluaskan media massa, tempat pendaftaran di Jakarta mulai dibanjiri oleh para pelamar dari berbagai daerah yang berkeinginan untuk menjadi calon Perwira Wanita Angkatan Udara.


Proses seleksi yang antara lain terdiri dari pemeriksaan kesehatan, psikotes dan kesamaptaan jasmani, tidak menyurutkan hati pelamar yang terdiri dari lulusan Sarjana dan Sarjana Muda. Mereka menjalaninya dengan sungguh-sungguh dan dari sejumlah calon yang memenuhi persyaratan sebanyak 30 orang.


Mereka kemudian dibawa ke Kaliurang untuk mengadakan persiapan-persiapan. Pendidikan dibuka pada tanggal 10 Juni 1963, dengan fasilitas yang masih terbatas. Ruang untuk belajar siswa menggunakan rumah Bapak Rasid, sedangkan tempat penginapan menggunakan Guest House “Griya Taruna”.


Kepala sekolah Wara Angkatan I ini dijabat oleh Letkol Pnb. Sumitro dibantu Perwira Pendidikan Letda Sudarto. Pendidikan Angkatan pertama berlangsung tidak terlalu lama, karena pada waktu itu ABRI baru saja selesai melaksanakan operasi Trikora untuk pembebasan Irian Barat. Justru dalam rangka konsolidasi di bidang pembinaan, operasional dan operasi bhakti, dipandang perlu segera menugaskan hasil pendidikan Perwira Wara ini.


Setelah melalui berbagai tahap pendidikan, maka pada tanggal 12 Agustus 1963 bertempat di Lanuma Adisutjipto ketiga puluh wanita tersebut dilantik sebagai perwira Wanita Angkatan Udara yang pertama kalinya. Kemudian tanggal ini menjadi hari yang bersejarah bagi Wara dan ditetapkan sebagai hari lahirnya Wara.

Baca juga Hari Bhakti TNI Angkatan Udara

Segenap Keluarga Besar kataucapanselamatcg.blogspot.com mengucapkan Selamat memperingati Hari Wanita TNI Angkatan Udara.


Semoga selalu menjadi srikandi kebanggaan Angkatan Udara Republik Indonesia!

#kataucapanselamatcg
#hariwanitatniangkatanudara
#wanitatniangkatanudara
#wanita
#tniangkatanudara
#tniau
Bagikan:

0 Response to "Hari Wanita TNI Angkatan Udara"

Posting Komentar