HARI GIZI NASIONAL 25 JANUARI 2023 “AKSI BERSAMA CEGAH STUNTING & OBESITAS”

Awas Obesitas, Cegah Stunting



Setiap tanggal 25 Januari, masyarakat Indonesia memperingati Hari Gizi Nasional. Hari Gizi Nasional adalah sebuah momentum untuk membangkitkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya penerapan gizi seimbang guna meningkatkan kualitas kesehatan yang lebih baik.


Pada peringatan Hari Gizi Nasional ke-62 yang jatuh pada 25 Januari 2022 ini, tema yang diangkat adalah “Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas”. Tema tersebut sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam menghadapi tantangan akibat stunting dan obesitas.


Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, stunting adalah adalah gangguan tumbuh kembang anak yang disebabkan kekurangan asupan gizi, terserang infeksi, maupun stimulasi yang tak memadai. Gangguan ini menimbulkan masalah pada pertumbuhan yang menyebabkan tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari rata-rata teman-teman seusianya.


Masalah stunting bisa diatasi dengan melakukan berbagai cara pencegahan, salahsatunya adalah memenuhi ketercukupan gizi pada usia kehamilan. Pada masa menyusui, seorang ibu sangat perlu memberikan asi eksklusif sampai bayi berusia enam bulan.


Selain itu, pemantauan kondisi gizi anak juga harus diperhatikan agar apabila terlihat tanda-tanda ketidaknormalan bisa langsung segera diatasi. Terakhir, kondisi kebersihan lingkungan tempat tinggal tak boleh luput dari perhatian. Lingkungan yang tidak sehat bisa menimbulkan penyakit yang dapat memicu masalah pada ketercukupan gizi anak.


Berbeda dengan stunting, obesitas merupakan kondisi penumpukan lemak yang berlebih akibat ketidakseimbangan asupan energi dengan energi yang digunakan dalam waktu lama. Peningkatan angka obesitas umumnya dikaitkan dengan asupan makanan dengan energi yang melebihi kebutuhan harian.


Obesitas tidak boleh dianggap remeh karena dapat membahayakan kesehatan dan meningkatkan risiko penyakit seperti penyakit jantung, diabetes melitus, hingga tekanan darah tinggi.


Masalah obesitas sebenarnya dapat diatasi dengan melakukan pola hidup sehat. Hal utama untuk memerangi obesitas adalah melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari. Selain itu, upaya-upaya lain guna mengatasi obesitas seperti mengonsumsi makanan sesuai isi piringku (buah dan sayur), mengurangi jenis makanan yang tinggi akan gula, garam, dan lemak, serta mengatur pola istirahat dengan baik.


kataucapanselamatcg.blogspot.com mengajak semua pengunjung blogger, Mari Kita bersama-sama lakukan serangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Gizi Nasional antara lain adanya Penyuluhan melalui slogan maupun pesan berupa kata ucapan selamat terbaru, berisi Edukasi Pentingnya Pencegahan Stunting dan penyerahan Paket Peningkatan Gizi Keluarga.


Mari Kita bersama-sama wujudkan Aksi Cegah Stunting dan Obesitas.
Bagikan:

0 Response to "HARI GIZI NASIONAL 25 JANUARI 2023 “AKSI BERSAMA CEGAH STUNTING & OBESITAS”"

Posting Komentar